Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rebook dan Refund Tiket Lion Air

Segera Rebook dan Refund Tiket Lion Air, 20+ Tempat Destinasi Wisata bintan paling Bagus dan Keren sangat mengangumkan untuk dijelajahi. Daerah ini memiliki demografi kepulauan, sehingga pemandangan yang ada sangat indah dan memanjakan mata.

Ini sangat menjengkelkan ketika tiket pesawat telah dibeli ternyata bahwa ketika mendekati hari keberangkatan, penerbangan harus dibatalkan karena Alan tertentu, jika itu seperti ini untuk dibayar pada tiket pesawat yang telah dibeli , Bisakah itu digunakan pada hari itu, dapatkah itu di refund?

... oh my god ... buatlah pusing hehehe, bagi mereka yang sering menggunakan layanan penerbangan Lion Air di setiap perjalanan, ada baiknya membaca ketentuan yang dikeluarkan oleh Lion Air yang terkait dengan Batal, Rebook dan Pengembalian dan Pengembalian.

Proses pembatalan, pembaruan dan pengembalian uang tiket penerbangan Lion Air dapat dilakukan ke tempat agen perjalanan untuk pembelian tiket atau langsung ke Airline Lion Air.

Rebook (mengganti jadwal penerbangan lama dengan jadwal baru) tiket Lion Air

Rebook dan Refund Tiket Lion Air
Adapun ketentuan dari pihak Lion Air untuk Rebook adalah:
  1. Berlaku untuk kelas Ekonomi maupun kelas Bisnis.
  2. Re-booking minimal dikelas yang sama.
  3. Harus dilakukan di Kantor Lion Air.
  4. Penumpang harus membayar selisih harga antara Harga Penumpang dan Harga Agent jika pembelian tiket sebelumnya dilakukan di Travel Agent.
  5. Penumpang harus membayar selisih kelas, jika kelas yang baru lebih tinggi. Selain biaya diatas (point 2 & 3), Penumpang harus membayar Biaya administrasi / Cancellation Fee sbb:
  • Pembatalan yang dilakukan di atas 48 jam, akan dikenakan biaya administrasi
  • Pembatalan yang dilakukan di atas 24 jam tetapi di bawah 48 jam, akan dikenakan cancellation fee sebesar 50 %  dari basic fare publish / penumpang.
  • Pembatalan yang dilakukan dalam 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fare publish / penumpang.
  • Pembatalan kurang dari 2 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses chexk-in, dikenakan cancellation fee sebesar 90%  dari basic fare publish / penumpang.
  • Untuk INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan biaya administrasi maupun cancellation fee.

REFUND (pengembalian uang) tiket Lion Air

Proses Refund akan dikenakan biaya refund berdasarkan waktu pembatalan dilakukan, adapun biaya refund nya berdasarkan pada ketentuan dibawah ini:
  1. Pembatalan yang dilakukan di atas 48 jam akan dikenakan refund fee sebesar 50% dari basic fare publish / penumpang.
  2. Pembatalan yang dilakukan dalam 48 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan refund fee sebesar 80%  dari basic fare publish / penumpang.
  3. Pembatalan yang dilakukan kurang dari 2 jam sebelum jam keberangkatan atau  setelah proses check in (now show gate), dikenakan refund fee sebesar 90%  dari basic fare publish / penumpang.
  4. INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan refund fee.
Ketentuan dari Lion Air ini mulai berlaku pada tanggal 01 Juni 2011 sampai dengan pemberitahuan/kebijakan  selanjutnya. Semoga dapat membantu dan kita sebagai pemakai jasa Lion Air tidak terkejut lagi ketika kita suatu saat nanti melakukan proses Cancel, Rebook ataupun Refund untuk tiket Lion Air yang telah kita beli.

Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air

Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air seringkali menjadi perdebatan antara penumpang dengan travel agent. Penumpang yang tiketnya batal untuk di refund mengira uang refund tersebut bisa langsung diambil. Hal ini dikarenakan dari pihak Lion Air yang tidak menjelaskan berapa lama waktu proses pengembalian uang refund tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya di pekanbaru, setiap kali ada penumpang yang membeli tiket lion air di travel agent tempat saya bekerja dan harus di refund karena tidak jadi terbang, para penumpang ini selalu bersikeras agar uangnya langsung diberikan pada saat mereka mengajukan refund. Saya pernah menanyakan kepada mereka apa yang dikatakan staff Lion Air ketika mereka melakukan pembatalan tiket untuk direfund ke kantor penjualan Lion Air, mereka mengaku hanya disuruh ketravel agent tempat membeli tiket untuk pencairan refund tanpa menerangkan berapa lama proses refund ini sampai uangnya kembali masuk ke deposit agent.

Sebagai gambaran bagi kita semua mengenai refund tiket Lion Air ini, saya akan menerangkan mulai dari proses pembelian tiket, proses pembatalan dan proses refund. Pada saat pembeli/penumpang membeli tiket ditravel agent, maka deposit travel agent di Lion Air akan dipotong sebesar harga tiket yang dibeli dikurangi dengan komisi dan insentif, artinya uang travel agent langsung dipotong pada saat itu. Nah, dikarenakan ada halangan penumpang harus batal terbang dan tiket tersebut ingin di refund, prosesnya adalah dengan terlebih dahulu melakukan pembatalan ke Lion Air kemudian baru pihak travel agent mengurus refund tersebut ke Lion Air. Proses refund ini bisa mencapai 3 - 4 minggu, artinya setelah travel agent mengajukan refund tiket tersebut ke Lion Air, 3 - 4 minggu barulah Lion Air mengembalikan uang refund kepada travel agent, karena itulah mengapa pihak travel agent tidak bisa membayar langsung refund tersebut dikarenakan harus menunggu uang refund cair dari Lion Air.

Kenapa terjadi adanya penumpang yang marah dan heran serta bingung ketika refundnya tidak diberikan langsung oleh travel agent?..Hal ini terjadi karena ketika penumpang melakukan pembatalan di Lion Air, pihak Lion Air tidak menjelaskan berapa lama proses refund ini sampai uang refund bisa diambil, pihak Lion Air hanya menjelaskan bahwa pengambilan uang dilakukan di travel agent. Tentunya pihak travel agent mengharapkan Lion Air bisa sebelumnya memberikan penjelasan kepada penumpang pada saat pembatalan agar penumpang tidak kecewa dan marah kepada travel agent, agar penumpang tidak berprasangka buruk kepada travel agent.

Post a Comment for " Rebook dan Refund Tiket Lion Air"