Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ideal : Budaya organisasi di sekolah


Sebuah sekolah adalah tempat membentuk karakter anak bangsa. Karakter yang akan menentukan akan kemajuan masa depan bangsa. Semua karakter yang dimiliki oleh setiap anak atau peserta didik memiliki hitungan tersendiri atau memiliki proyeksi tersendiri dimasa depan.

Pada tahap sekarang ini kita sebagai guru harus mampu memproyeksikan setiap perilaku, sikap, dan kemampuan yang dimilik peserta didik. Demi mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi dimasa depan, sepuluh atau dua puluh tahun kedepan.

Sekarang kita harus fokus kepada tujuan utama dari pendidikan nasional. Dari tujuan nasional ini kita uraikan menjadi tujuan sekolah, dari tujuan sekolah ini kita uraikan menjadi tujuan guru, dari tujuan guru ini kita uraikan menjadi tujuan mata pelajaran, dari tujuan mata pelajaran kita uraikan menjadi tujuan kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Setiap kompetensi yang akan dimiliki peserta didik harus minimal sesuai dengan perkembangan zaman. Jika memungkinkan lebih maju selangkan atau dua langkah didepan.

Bukan hal yang mudah untuk mencapai hasil ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari peserta didik itu sendiri sampai kepada stakeholder. 

Post a Comment for "Ideal : Budaya organisasi di sekolah"