Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berlaku Adil dalam Kehidupan Berkeluarga

Dua pribadi yang disatukan pernikahan diistilahkan dengan berkeluarga. Setiap pribadi memiliki dua posisi yang sama, yaitu sebagai anak dan sebagai menantu. Pria ( suami ) adalah posisi anak pada orangtuanya dan posisi menantu pada mertuanya. Demikian pula wanita (istri) adalah posisi anak pada orangtuanya dan posisi menantu pada mertuanya.
Perjalanan kehidupan berkeluarga memiliki banyak liku-liku, pada prinsipnya adalah susah, senang, bahagia, sedih, dan kasih sayang. Semua liku-liku kehidupan akan berakhir dengan prinsip tadi. Dan jika kita mampu, semua prinsip tadi membentuk liku-liku kehidupan berkeluarga.
Prinsip kasih sayang adalah yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari berkeluarga. Suami kepada istri, istri kepada suami, anak kepada orang tua, menantu kepada mertuanya semua harus saling berkasih sayang.
Sebagai anak yang menyayangi orang tuanya sering kita tunjukkan dengan cara memberi atau membagi sebagian rezeki (gaji) kita kepada orang tua. Cara ini harus dilakukan dengan benar dan adil agar tidak terjadi perbedaan.
Jika kita berbagi Rp 500.000 untuk orang tua, kita harus berbagi Rp 500.000 pula untuk mertua. Walaupun mertua kita adalah pengusaha sukses sementara orang tua kita hanya berkecukupan. Inilah kehebatan dari berlaku adil.
Sebagai anak dan menantu kita tidak boleh mencari-cari perbedaan diantara mereka.

Post a Comment for "Berlaku Adil dalam Kehidupan Berkeluarga"