Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Fakta Unik Psikologi Manusia versi Pakgalingging

Mendengar kata psikologi, saya tertanya apa sih arti psikologi? Dari beberapa artikel yang saya baca, pengertian psikologi itu adalah ilmu atau bidang ilmu atau displin ilmu yang mempelajari perilaku manusia bahkan hewan juga, baik perilaku yang terlihat maupun perilaku yang tidak terlihat. Manusia atau pun hewan memiliki respon yang beragam terhadap lingkungannya. Respon yang terlihat seperti senyum, tertawa, berlari, menghindar, dan lain-lain. Semua respon itu terjadi karena ada stimulus dari lingkungan ia berada.

Psikologi memiliki cakupan bidang, yaitu kesehatan mental, kondisi emosi, cara pikiran mengelola informasi, dan perlaku sosial manusia. Kempat bidang ini yang menjadi fokus para ahli psikologi atau psikolog. Jika anda meminta saya untuk menjelaskan keempat bidang itu, maafkan saya orang yang bukan psikolog ini. Saya tidak mampu.

Fakta unik psikologi manusia

Sungguh ilmu yang tidak ada habisnya. Perilaku manusia sangat dinamis, dengan kelajuan yang luar biasa. Sekarang bisa saja anda sedang senyum atau bahagia, lima (5) detik kedepan mungkin saja akan marah atau bahkan menangis. Saya tidak tahu, apakah ada alat ukur yang mampu mengukur kelajuan perubahan emosi didalam jiwa manusia.

Fakta unik psikologi manusia ini saya sampaikan karena berkaitan langsung dengan emosi manusia. Emosi marah, sedih, cinta, bahagia, dan lainnya. Fakta unik psikologi manusia yang saya maksud adalah:


1. Menulis

Menulis merupakan sebuah sarana tuk mengekspresikan diri. Dan tentunya dengan menulis segala beban yang ada dalam pikiran dapat segera tersampaikan. Baik itu yang positif maupun negatif, tinggal bagaimana cara anda menuangkanya sesuai dengan gaya anda pastinya. Karena setiap tulisan adalah perwakilan tingkat emosional seorang manusia.

Menulis juga dapat membantu seseorang dalam hal psikologi. Jika sedang kesal, gelisah, sedih atau penasaran dengan sesuatu yang sering bergelayut dibenak anda. Cobalah sampaikan dalam tulisan, niscaya cepat atau lambat anda akan menemukan sesuatu yang sangat luarbiasa dari sebelumnya. 

Tentunya tulisan anda memang benar-benar jujur dari dalam diri anda. 

Setiap kata yang mengalir dari pikiran anda yang kemudian anda ubah menjadi huruf, kata dan rangkaian kalimat. Membuat anda menjadi relax dan tenang. Kejernihan berpikir akan anda temukan saat menulis. Apalagi anda mempublikasikanya di dunia maya, anda akan mendapatkan sesuatu yang sangat berbeda, yang pasti keadaan psikologi anda.

Karena setiap tulisan adalah perwakilan tingkat emosional seorang manusia. Emosi adalah sebuah perasaan yang tersampaikan. Baik itu secara lisan, gerak tubuh maupun tulisan. Emosi bukanlah suatu amarah atau rasa geram dalam melampiaskan marah kepada suatu objek.
- menangis
- tertawa
- teriak
- bernyanyi
- penasaran

2. Fokus
Pada saat berada dalam kondisi fokus maka kita mampu menyingkirkan segala pengaruh yang mengganggu perhatian kita pada suatu subyek tertentu. Dengan fokus kita juga dapat menghilangkan pengaruh yang mengganggu sehingga perhatian kita benar-benar hanya tertuju kepada suatu hal yang sedang kita pikirkan atau kita kerjakan.

Jika anda memiliki bayi yang sedang merengek bahkan sedang menangis, tetapi anda sedang fokus dengan kegiatan lain misalkan saja anda sedang mengoperasikan handphone. Tangisan bayi yang sedang merengek untuk anda peluk atau anda ajak bermain tidak akan terdengar sama sekali. Sesaat kemudian fokus anda mulai berkurang dengan handphone, tangisan bayi anda akan punya jalan masuk kedalam pikiran melalui telinga anda. Sungguh unik bukan!!?

3. Berkhayal
Berkhayal membuat anda mampu melihat sesuatu yang hanya ada dalam angan-angan. Sesuatu ini bergerak sangat cepat sekali didalam pikiran anda. Jika dibandingkan dengan kecepatan cahaya, masih jauh tertinggal oleh khayalan anda. Sesuatu yang anda lihat itu melintas begitu saja dengan cepat dan lengkap. Bahkan tidak akan mungkin semua dapat diungkapkan dalam kata-kata. Berkhayal dapat membuat anda : 

a. Membuatmu kreatif
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychiatry di tahun 2013 mengatakan bahwa berkhayal bisa meningkatkan kreativitas, terutama saat kamu bekerja. 

b. Meningkatkan produktivitas
Penelitian juga menemukan bahwa mereka yang suka berkhayal ternyata memiliki tingkat produktivitas yang positif. Sebab mereka jadi memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. 

d. Mempertajam memori
Kamu pelupa? Hindari gangguan ini dengan berkhayal. 

e. Memperbaiki suasana hati
Berkhayal ternyata bisa menjadi obat yang mujarab untuk memperbaiki suasana hati yang sedang memburuk. Sebab, semua orang pasti senang membicarakan hal favorit mereka bukan? Membantu dalam menangani kesepian Saat kamu sedang kesepian dan berkhayal tentang orang-orang yang kamu sayangi, ternyata kamu jadi memiliki kedekatan emosional yang berguna untuk membantumu dalam menangani kesepian.

f. Menyelesaikan masalah
Terakhir ini adalah sebagai buah dari kelima manfaat diatas, Kamu kreatif, akan menciptakan pikiran yang produktif, dan memperluas pertimbangan kamu dalam sekejap serta ketenangan jiwa membawa keputusan yang baik.

4. Beraktivitas untuk bahagia
Fakta unik psikologi manusia yang terakhir adalah berktivitas untuk bahagia. Bukan aktivitas yang luar biasa yang dimaksudkan disini, tetapi menyanyi, mengepel lantai, berolah raga, bahkan tidur juga dapat membuat anda bahagia. Kapanpun kamu merasa kesal, marah, sedih, cobalah melakukan aktivitas kecil. Aktivitas kecil ini akan memindahkan kamu dari keadaan emosi mu saat ini.

Itu fakta unik psikologi manusia.

Post a Comment for "4 Fakta Unik Psikologi Manusia versi Pakgalingging"