Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nama komponen mesin kapal dan fungsinya

 



A. Engine block
Engine block merupakan bagian pokok dari mesin /engine kapal. Disinilah semua komponen-komponen pendukung dipasang. Karena itu engine block harus kuat dan kokoh menahan semua komponen tambahan lainnya yang juga penting untuk mendukung engine dapat bekerja dengan baik sempurna.
Bukan hanya komponen diatas, tetapi juga masih banyak bagian lain yang ada didalan engine block, yaitu: piston, batang piston, poros engkol, water jacket, water pump. Dimana semua komponen ini juga sangat penting agar engine dapat bekerja dengan sempurna.

B. Cylinder Liner (inside)
Cylinder liner berfungsi sebagai tempat piston bergerak bolak-balik. Piston yang bergerak bolak-balik ini mengahasilkan gesekan yang luar biasa. Karena itu cylinder liner harus memiliki kemampuan tidak tergores.

C. Air breather
Air breather berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan pada ruang engkol. Saat piston bergerak naik turun menghasilkan kevakuman dan tekanan di ruang engkol. Karena itu air breather ini memasukkan dan mengeluarkan udara dari ruang engkol.

D. Exhaust funnel
Exhaust funnel berfungsi untuk meneruskan gas buang ke saluran knalpot atau Exhaust funnel akhir. Proses yang terjadi adalah perluasan volume saluran dari manifold. Hal ini dilakukan agar panas cepat terbuang.

E. Exhaust manifold
Exhaust manifold berfungsi sebagai penampungan gas buang dari engine yang selanjutnya disalurkan ke exhaust funnel. Bagian exhaust ini harus dapat menahan panas dan tidak meleleh.

F. Lub oli cooler
Lube oil cooler ini berfungsi untuk mendinginkan pelumas yang sudah bersirkulasi untuk mendinginkan engine juga melumasi cylinder liner dan piston. Komponen ini berbentuk tabung dan berisi sea water (air laut).

G. Lub oli in
Lub oil in berfungsi sebagi port (lubang) oil (pelumas) masuk kedalam lube oil cooler. Disini temperatur oil masih tinggi.

H. Lub oil out
Lub oil out berfungsi sebagai saluran oil keluar dari lube oil cooler untuk bersirkulasi kembali mendinginkan dan mengurangi gesekan pada engine. Disini suhu (temperatur) oil sudah menurun dari sebelumnya.

I. Lub oil line
Lube oil line (pipa) berfungsi sebagai saluran oil (pelumas) untuk bersirkulasi.

J. Fresh water cooling out
Fresh water cooling out berfungsi sebagai saluran fresh water (air tawar) keluar setelah membantu mendinginkan exhaust manifold. Disini suhu air sangat tinggi.

K. Fresh water cooling
Fresh water cooling berfungsi mendinginkan engine dibagian dalam engine block. Kenapa tidak sea water yang dibunakan? Karena bagian dalam engine block harus dicegah dari karat.

L. Fresh water pump
Fresh water pump berfungsi untuk mensirkulasikan fresh water dalam mendinginkan engine yang sudah bekerja dan menghasilkan panas yang luar biasa.

M. Fresh water cooling in valve
Fresh water cooling in valve berfungsi sebagai pengontrol manual fresh water masuk bersirkulasi.

N. Sea water cooling out valve
Seawater cooling in valve berfungsi sebagai pengontrol manual sea water keluar aliran sistem pendingin menggunakan air laut.

O. Sea water cooling in valve
Sea water cooling in valve berfungsi sebagai pengontrol manual sea water masuk bersirkulasi.

Post a Comment for "Nama komponen mesin kapal dan fungsinya"