Produksi massal di bidang otomotif pertama kali dilakukan oleh Ford Motor Company


Produksi massal di bidang otomotif pertama kali dilakukan oleh Ford Motor Company 


Kendaraan Model T, kebanyakan pembuatan mobil menghabiskan banyak uang. Hanya orang berduit yang mampu membelinya. 

Ford menetapkan 1908 sebagai tahun yang bersejarah pada mereka. Kendaraan Ford Model T dianggap sebagai mobil pertama yang harganya terjangkau bagi masyarakat umum. 

Produksi massal mungkin dilakukan setelah sistem perakitan modern diperkenalkan, yang tidak menggunakan perakitan yang dikerjakan secara manual. 

Model T pertama kali diproduksi massal pada 12 Agustus 1908 di Pabrik Piquette di Detroit, Michigan dan mulai dijual pada tanggal 27 September 1908. 

Pada 26 Mei 1927, Henry Ford, pendiri Ford Motor Company menyaksikan langsung kendaraan Model T sebanyak 15 juta unit yang diproduksi di pabriknya. 

Model T adalah mobil pertama yang diproduksi massal menggunakan perakitan modern dengan pangsa pasar dan sasarannya adalah masyarakat kelas menengah Amerika. 

Ford membuat Model T mudah dikemudikan karena orang orang sangat tidak terbiasa mengemudikan apapun selain kuda. 

Model T ini tidak seperti mobil baru sekarang ini, sekalipun ada 3 pedal di lantai seperti mobil sekarang. Model T memiliki setir yang cara kerjanya sama seperti mobil masa kini, akan tetapi hampir tiap bagian lainnya sangat berbeda. 

Sebelum Ford Model T diciptakan, Henry Ford telah menciptakan beberapa prototipe kendaraannya tapi tidak pernah diproduksi massal. Total prototipe kendaraan Ford berjumlah 19 dan diberi nama sesuai huruf abjad A hingga T. 

Model yang dibuat sebelum Model T adalah Model S yang merupakan pengembangan dari Model N. Uniknya, setelah versi Model T diberi nama Model A bukan Model U.