Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

APA AKIBATNYA JIKA SALAH SATU DIODA ALTERNATOR RUSAK ATAU PUTUS

APA AKIBATNYA JIKA SALAH SATU DIODA ALTERNATOR RUSAK ATAU PUTUS


APA AKIBATNYA JIKA SALAH SATU DIODA ALTERNATOR RUSAK ATAU PUTUS 
Alternator sistem pengisian kendaraan mobil memiliki 6 (enam) dioda. Dioda pada alternator berfungsi untuk mengubah arus AC (alternating current)yang dihasilkan alternator menjadi arus listrik DC (direct Current). Secara singkat fungsi dioda adalah menyearahkan arus. Mungkin terbesit apa akibatnya jika salah satu dioda alternator rusak atau putus dari enam dioda alternator ini. 

Dioda alternator sama halnya dengan dioda yang digunakan pada peralatan elektronik lainnya. Komponen elektronika ini hanya mampu melewatkan arus listrik ke satu arah saja, tidak dapat mengalirkan arus kearah sebaliknya. Prinsip kerja inilah yang menjadikannya disebut penyearah arus listrik. 

Arus listrik yang dilewatkan komponen elektronika dioda ini akan berkutub positif. Kemudian arus positif ini akan mengalir membentuk siklus berulang dari ujung dioda berkutub positif mengalir kebelakang dioda berkutub negatif. Sehingga terbentuklah tegangan listrik atau voltase sehingga apa akibatnya jika salah satu dioda alternator rusak atau putus. 

Sementara itu, pada alternator terdapat tiga kumparan membetuk delta, sehingga kumparan alternator disebut kumparan delta. Dimana tiap satu ujung dari kumparan disatukan dengan kumparan lainnya, ujung lainya dari setiap kumparan diberi dioda masing-masing dua dioda. Peletakan kabel dari ujung kumparan inipun dibuat sedemikian rupa, yaitu ditengah-tengah atau diatara kedua dioda. 

Demikian juga susunan dioda pada dua kumparan lainya, yaitu kabel output kumparan diletakkan diantara kedua dioda. Maksud dari rangkaian seperti ini adalah agar terjadi siklus arus dan terbentuk tegangan. 

Lalu pertanyaan tadi apa akibatnya jika salah satu dioda alternator rusak atau putus baik itu dioda yang didepan ataupun dioda yang dibelakang. Jawabanya adalah tidak terjadi siklus arus pada salah satu kumparan alternator ini. Akibat tidak terjadi siklus ini kemudian membuat kumparan ini tidak menghasilkan tegangan listrik. Lalu secara drastis kemampuan alternator mengisi baterai berkurang. 

Tanda-tanda yang dapat anda amati jika mengalami alternator apa akibatnya jika salah satu dioda alternator rusak atau putus ini adalah terdengar bunyi atau bunyi dengung yang berasal dari daerah alternator. Kemudian baterai selalu tekor atau habis walaupun mesin dihidupkan lama. 

Penjelasan saya tentang APA AKIBATNYA JIKA SALAH SATU DIODA ALTERNATOR RUSAK ATAU PUTUS sudah sangat detail. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca. Kritik dan saran akan selalu kami terima dikolom komentar. 



Post a Comment for "APA AKIBATNYA JIKA SALAH SATU DIODA ALTERNATOR RUSAK ATAU PUTUS"