Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

APA FUNGSI SHOCK BREAKER ATAU SHOCK ABSORBER


FUNGSI SHOCK BREAKER ATAU SHOCK ABSORBER

Shock breaker atau shock absorber sangat penting untuk sistem suspensi kendaraan. Karena komponen ini akan memberikan kenyamanan berkendara anda, baik saat melewati jalan berbatu, berlubang atau pada jalan tikungan.

Saat anda melewati jalan berlubang atau jalan berbatu, otomatis roda kendaraan akan mengalami guncangan (shock). Guncangan (shock) pada roda ini harus dikurangi agar tidak mengganggu kenyamanan pengemudi. Metoda pengurangan guncangan ini adalah dengan menyerap sebagian getaran. Sehingga getaran yang terjadi tidak sepenuhnya dirasakan pengemudi. 

Jika kita lihat lebih dalam terkait guncangan (shock) ini, kita akan menemukan gelombang naik dan turun. Gelombang naik ini terjadi saat roda melewati jalan berbatu pada bagian tinggi, kemudian gelombang turun terjadi saat roda jatuh dari puncak jalan berbatu. Gelombang naik maupun turun ini harus diredam atau diserap oleh sistem suspensi. 

Secara sederhana fungsi shock breaker atau shock absorber adalah menyerap getaran roda. Baik gelombang naik maupun gelombang turun. Karena itu saya istilahkan getaran, karena ada gelombang naik dan gelombang turun. 

Mudah-mudahan pejelasan saya tentang APA FUNGSI SHOCK BREAKER ATAU SHOCK ABSORBER memberi pengertian jelas kepada anda. Jika ada saran atau saya salah kaprah, silahkan tinggalkan komentar.

Post a Comment for "APA FUNGSI SHOCK BREAKER ATAU SHOCK ABSORBER"