Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUNYI GUBRAK BAN BELAKANG SAAT MELEWATI POLISI TIDUR



BUNYI GUBRAK BAN BELAKANG

Bunyi gubrak!! Pada roda belakang ini terjadi saat motor melewati polisi tidur atau bunyi gubrak juga terjadi saat motor melewati jalan berlubang. Bunyi gubrak ban belakang ini sangat menggangu kita saat mengendarai motor, rasanya motor seperti hancur atau terhantam benda keras.

Bunyi kuat pada ban belakang motor saat melewati jalan berlubang atau polisi tidur membuat kita berpikir bahwa motor kita sudah combat (kombet). Istilah kombet sama artinya dengan butut. Hanya istilahnya lebih keren aja, kombet. 

Mungkin anda bertanya, bisakah bunyi kuat (gubrak) ini dihilangkan? Jawaban saya sangat mungkin. Bunyi gubrak pada roda belakang terjadi dikarenakan penahan laju jatuhnya roda saat melewati atau turun jalan berlubang. Artinya roda belakang jatuh bebas saat melewati jalan berlubang. 


Cara mengatasi bunyi gubrak roda belakang 

Seperti saya uraiakan diatas, bunyi ini dihasilkan karena roda belakang jatuh bebas saat jatuh kebawah pada jalan berlubang. Tidak ada yang menahan laju jatuhnya roda ini, karena itu langsung membentur bagian penahan roda dan mengakibatkan benturan, maka timbullah bunyi dengan suara kuat ini. 

Mengatasi masalah ini sangat mudah, anda cukup mengganti shockabsorber belakang sepeda motor anda. Bunyi ini akan langsung hilang, demikian juga jika terjadi pada roda depan, kita dapat melakukan cara yang sama. 

Kenapa harus mengganti shock absorber (shock breaker)? Saya akan jelaskan fungsi shock breaker atau shock absorber ini adalah meredam getaran roda, dimana getaran ini terjadi saat roda berbenturan dengan jalan tidak rata. Tidak hanya meredam getaran, fungsi fungsi shock breaker atau shock absorber juga memperlambat roda jatuhnya roda saat melewati jalan berlubang. 

Semoga artikel BUNYI GUBRAK BAN BELAKANG SAAT MELEWATI POLISI TIDUR dapat memberi informasi kepada anda. Jika ada masukan atau saran terkait artikel ini, silahkan tinggalkan komentar.

Post a Comment for "BUNYI GUBRAK BAN BELAKANG SAAT MELEWATI POLISI TIDUR"