Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

CARA MEMBUAT MIC CONDENSOR DARI HEADSET

 Membuat mic condensor dari headset bekas sungguh mungkin untuk dilakukan. Headset bekas ini harus masih dalam kondisi bagus, atau lebih baik jika headset baru dan original kita ubah menjadi mic kondensor. Banyak kelebihan yang didapat jika menggunakan headset yang original bawaan smartphone anda. Baik itu headset samsung, xiaomi, asus, realme, oppo. Kalau diluar merek yang saya sebutkan ini saya kurang paham.

Cukup mudah dalam membuat mic condensor dari headset bekas dan dapat digunakan pada smartphone maupun laptop kesayangan anda. Langkah-langkah membuatnya pun sangat sederhana. Hanya saja kemudahan ini tergantung pada ketersediaan bahan-bahan untuk membuat mic kondensor dari headset bekas harus sudah tersedia.

Bahan dan peralatan yang butuhkan dalam membuat mic kondensor dari headset bekas sangat mudah diperoleh, bahan-bahan ini meliputi:

1. Mikropon bekas sebagai cangkang

2. Headset bekas yang mic nya sebagai mic condensor

3. Kain katun yang lebut dan tipis sebagai pelapis mic

4. Lem plastik untuk memastikan mikropon bekas terpasang kembali dengan rapat

5. Isolasi listrik

Langkah membuat Mic Condensor dari Headset Bekas

Saya berharap pembaca tidak salah kaprah dengan kata "bekas", karena saya memang tidak menggunakan headset bekas, tetapi saya gunakan headset baru dan original. Langkah yang saya buat yaitu:
  1. Membongkar semua komponen mikropon bekas dan mengeluarkannya, saya tidak membutuhkan isi dari mikropon bekas ini. Saya hanya butuh casingnya saja.
  2. Bungkus mic headset bekas dengan kain katun tipis, agar tiupan napas saat berbicara dapat dikurangi. Kain ini berfungsi sebagai penetral tiupan napas yang sampai ke mic headset.
  3. Lalu saya mulai memasukkan headset kedalam casing mikropon bekas ini. Dalam memasukkan atau memasang headset bekas ini kedalam casing mikropon, perlu melakukan penyesuain-penyesuain. Intinya adalah mic dari headset dapat duduk dengan kokoh dan tidak goyang.
CARA MEMBUAT MIC CONDENSOR DARI HEADSET


Saya rasa saya sudah menyapaikan point-point inti dari membuat mic kondensor dari headset bekas. Anda tinggal menyesuaikan langkah-langkah pembuatannya. Langkah utamanya adalah melapis mic headset dengan kain katun tipis, lalu anda coba merekam suara anda dengan mic yang dibalut kain ini. Pastikan tidak ada bunyi hisss atau tiupan napas yang terekam. Jika masih ada bunyi hisss atau tiupan napas silahkan tambahkan ketebalan lapisan kain katun tadi, lalu coba rekam lagi.

Mungkin ini yang dapat saya informasikan tentang CARA MEMBUAT MIC CONDENSOR DARI HEADSET. Semoga bermanfaat dan sesuai dengan informasi yang anda cari. Silahkan tinggalkan komentar untuk saran anda.