Cara Menggunakan Tang Crimping (Skun): Hand Tools


Cara Menggunakan Tang Crimping (Skun)

Sebagai mekanik yang berjiwa otomotif kamu harus tahu cara menggunakan tang crimping dengan baik. Tang Crimping sangat di perlukan dalam bekerja di bengkel otomotif. Khusunya saat bekerja pada bagian kelistrikan. Kelistrikan pada otomotif tidak jauh dengan kelistrikan pada umumnya. Dimana kelistrikan otomotif pasti berkaitan dengan kabel dan kawan-kawannya.

Menggunakan Tang Crimping

Menggunakan tang crimping tidak lah sulit. Bentuknya yang mirip dengan tang ataupun gunting membuat anda dapat dengan cepat mengetahui cara menggunakan tang crimping ini. Anda cukup melihat bagian-bagian yang diberi kode atau tanda pada alat tang crimping ini. Lalu anda dapat dengan mudah menyesuaian penggunaan tang crimping ini sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Wire Cutter

Pada gambar tang crimping diatas kita bagian no. 1 jelas dituliskan wire cutter artinya pemotong kabel. Pada bagian no 1 ini dapat kita gunakan untuk memotong kabel dengan diameter sesuai dengan kemampuan tang crimping ini. Anda cukup memasukkan kabel pada mulut tang sebatas yang anda butuhkan. Lalu mulai menekan handle tang agar kabel dijepit dan terpotong.

2. Press skun

Pada bagian no.2 ini jika anda ingin membuat baut pengikat pada ujung kabel agar kabel dapat diikat dengan sekrup atau mur gunakan bagian ini. Tentunya terlebih dahulu kupas kabel yang akan di pasang skun. Lalu masukkan kabel kedalam lubang skun. Masukkan kedua komponen ini ke bagian nomor dua atau empat. Itu langkah tepat cara menggunakan tang crimping (skun)

3. Memotong Baut ukuran M3 s.d M5

Selanjutnya adalah cara menggunakan tang crimping (skun) untuk memotong baut. Anda butuh alat tangan untuk memotong sekrup atau baut kecil berdiameter 3 mm sampai dengan diameter 5 mm, gunakan tang crimping ini. Selain untuk kabel tang crimping juga dapat digunakan untuk memotong baut ukuran M3, M4, dan M5. Pola kerja alat ini memotong sekrup atau baut kecil sama dengan menggunakan tang. Anda harus memasukkan baut kecil kedalam mulut alat lalu tekan handlenya hingga baut kecil putus.


4. Press skun ukuran 5.5 mm 

Pada bagian ini ama seperti langkah kerja nomor dua, hanya saja ukuran skun yang dapat ditekuk lebih besar. Kabel yang anda kupas tadi terlebih dahulu masukkan kedalam lubang skun. Karena tang crimping ini kita gunakan hanya untuk mengeraskan ikatan kabel dan skun, sehingga kabel memiliki terminal untuk diikatkan ke terminal baterai.

5. Mengupas Kulit Kabel

Fungsi terakhir dari tang skun ini adalah untuk mengupas kabel. Fungsi ini dapat dikerjakan tang crimping dengan baik, karena memang alat ini didesain untuk dapat mengupas kulit kabel. Anda dapat menggunakan bagian ini untuk mengupas kabel berukuran 2 mm sampai dengan 5 mm sesuai ukuran yang disyaratkan oleh pabrikan pembuat alat ini.

Demikian Cara Menggunakan Tang Crimping Hand Tools kali ini. Saya rasa artikel ini sangat jauh dari sempurna. Jika anda ingin memberi saran, silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih.