Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

JELASKAN PENGERTIAN DAN FUNGSI MEKANISME KATUP

JELASKAN PENGERTIAN DAN FUNGSI MEKANISME KATUP 

Pengertian Mekanisme Katup

Mekanisme Katup adalah Sistem untuk menggerakkan katup baik secara manual maupun hidrolis. dan dalam jangka waktu tertentu mekanisme tersebut harus di standartkan lagi, atau di setel ulang agar tenaga mesin seperti semula, karena mekanisme katup mengatur membukanya katup sesuai waktunya. Walaupun engine berputar dalam kecepatan maksimal, katup tidak akan akan salah membuka maupun menutup. 

ISTILAH KATUP

Sejarahnya KATUP sendiri berasal dari kata buKa dan tutup sehingga di singkat menjadi KATUP, sesuai dengan fungsi komponen tersebut. 


Katup juga ada dua jenis yaitu :


Katup IN (katup untuk intake manifold) 
Katup EX (katup untuk exhaust manifold) 

Ukuran standar celah katup kita ukur menggunakan alat yang bernama feeler gauge, biasanya untuk Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3. 

FUNGSI MEKANISME KATUP

Fungsi Mekanisme katup adalah petamau mengatur pemasukan campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar, dan kedua adalah mengatur pembuangan gas hasil sisa pembakaran ke udara luar. 

Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah

OHV ( Overhead Valve ) 

yaitu katup berada diatas silinder block dan noken as atau camsaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini : 

OHV ( Overhead Valve )
Mekanisme OHV ( Overhead Valve )

OHC ( Overhead Camsaft ) 

pada tipe ini, camsaft langsung menggerakkan rocker arm tanpa push rod maupun valve lifter, gambarnya di bawah ini : 
OHC ( Overhead Camsaft )

DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )

Pada tipe ini sama dengan tipe OHC hanya saja ada 2 camsfat dan tentunya katupnya bertambah. sehingga pada tipe ini satu silinder menggunakan 4 katup sekaligus, 2 katup IN dan 2 katup EX. 

DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )



Post a Comment for "JELASKAN PENGERTIAN DAN FUNGSI MEKANISME KATUP"