Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

KODE ERROR HONDA CB150R DAN CBR250R

KODE ERROR HONDA CB150R DAN CBR250R
LAMPU MIL HONDA CBR250R

Kode error honda CB150R dan CBR250R akan muncul jika terjadi kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar elektronik mengalami kerusakan atau biasa disebut MAL FUNCTION. Kode error honda CB150R dan CBR250R ditunjukkan dengan kedipan lampu MIL pada dashboar motor anda. Kedipan panjang berlangsung selama 1,3 detik equivalen dengan 10 (sepuluh) kedipan pendek, sementara kedipan pendek berlangsung selama 0,5 detik.

Tabel kode error honda CB150R dan CBR250R akan kami ulas sedetail mungkin berikut ini:

1. Kedipan MIL 1

Kedipan MIL 1 pada honda CB150R dan CBR250R menunjukkan kegagalan pada fungsi MAP sensor. Kemungkinan masalah yang terjadi pada MAP sensor ini adalah hubungan konektor yang longgar atau tidak baik, mal-fungsi MAP sensor itu sendiri, atau rangkaiannya.


Kita dapat melakukan pengukuran voltase MAP sensor dengan menggunakan multimeter, jika hasil pembacaan pengukuran tegangan ini adalah kurang dari 0,19 Volt artinya kerusakan MPA sensor dengan volase rendah, sementara jika hasil pengukuran tegangan map sensor ini lebih dari 3,84 Volt, ini menunjukkan tegangan berlebihan MAP sensor.


Pada saat terjadi kerusakan pada sensor ini mesin masih dapat beroperasi normal, karena ECU dari sistem injeksi bahan bakar elektronik melakukuan fungsi fail-safe. Nilai pra-program sensor ini pada ecu adalah 698 mmHg/930 hPa.

2. Kedipan MIL 7

Kedipan MIL 7 pada honda CB150R dan CBR250R menunjukkan kegagalan pada fungsi ECT sensor. Kemungkinan masalah yang terjadi adalah hubungan konektor yang longgar atau tidak baik, mal-fungsi ECT sensor atau rangkaiannya.

Ukur voltase sensor ini menggunakan multimeter, jika hasil pengukuran sensor ECT kurang dari 0,07 Volt menunjukkan tegangan rendah. Sementara jika hasil pengukuran lebih dari 4,92 Volt artinya tegangan tinggi atau berlebihan.

Saat terjadi kerusakan ECT sensor mesin akan sulit dihidupkan, khususnya pada suhu rendah, selain itu cooling fan akan dihidupkan. Nilai pra-program yang disimpan pada ECU adalah 80°C.

3. Kedipan MIL 8

Kedipan MIL 8 pada honda CB150R dan CBR250R menunjukkan kegagaglan pada fungsi TP sensor. Ada dua kemungkinan mul-fungsi yang terjadi, pertama terjadi voltase rendah kurang dari 0,21 V. Kedua terjadi volase tinggi lebih dari 4,92 V. Mal-fungsi ini dapat terjadi karena hubungan konektor yang tidak baik atau longgar, mal-fungsi TP sensor atau rangkaiannya.

Saat mal-fungsi TP sensor terjadi akan ditandai dengan akselerasi mesin tidak baik. Karena fungsi fail-safe diaktifkan dengan nilai pra-program TP sensor pada ECU adalah 0°. Seolah-olah gas tidak digerakkan oleh pengemudi.

4. Kedipan MIL 9

Jika kedipan MIL 9 terjadi ini menunjukkan kegagalan pada fungsi IAT sensor. Kemungkinan masalah yang terjadi pada IAT sensor ini adalah hubungan konektor yang longgar atau tidak baik, mal-fungsi IAT sensor itu sendiri, atau rangkaiannya.

Ukur voltase sensor ini menggunakan multimeter, jika hasil pengukuran sensor IAT kurang dari 0,07 Volt menunjukkan tegangan rendah. Sementara jika hasil pengukuran lebih dari 4,92 Volt artinya tegangan tinggi atau berlebihan. Saat terjadi kerusakan ECT sensor mesin akan beroperasi secara normal. Nilai pra-program yang disimpan pada ECU adalah 35°C.

5. Kedipan MIL 12

Kedipan MIL 12 menunjukkan kegagalan fungsi pada rangkaian injektor, kemungkinan kontak yang tidak baik atau longgar dari konektor injektor, mal-fungsi injektor atau rangkaiannya. Gejala yang terjadi pada saat mal-fungsi injektor adalah mesin tidak bisa hidup, injektor, fuel pump dan ignition coil dimatikan.

6. Kedipan MIL 21

Kedipan MIL 21 menunjukkan kegagalan fungsi pada rangkaian sensor O₂, kemungkinan kontak yang tidak baik atau longgar dari konektor sensor O₂, mal-fungsi sensor O₂ atau rangkaiannya. Gejala yang terjadi pada saat mal-fungsi sensor O₂ adalah mesin dapat beroperasi normal.

7. Kedipan MIL 29

Kedipan MIL 29 menunjukkan kegagalan fungsi pada rangkaian sensor IACV, kemungkinan kontak yang tidak baik atau longgar dari konektor IACV, mal-fungsi IACV atau rangkaiannya. Gejala yang terjadi pada saat mal-fungsi sensor IACV adalah mesin mogok, sulit dihidupkan, putaran stationer kasar.

8. Kedipan MIL 54

Kedipan MIL 54 pada honda CB150R dan CBR250R menunjukkan kegagalan pada fungsi Bank Angle sensor. Kemungkinan masalah yang terjadi pada Bank Angle sensor ini adalah hubungan konektor yang longgar atau tidak baik, mal-fungsi Bank Angle sensor itu sendiri, atau rangkaiannya.

Kita dapat melakukan pengukuran voltase Bank Angle sensor dengan menggunakan multimeter, jika hasil pembacaan pengukuran tegangan ini adalah kurang dari 0,31 Volt artinya kerusakan Bank Angle sensor dengan volase rendah, sementara jika hasil pengukuran tegangan map sensor ini lebih dari 4,53 Volt, ini menunjukkan tegangan berlebihan Bank Angle sensor.

Pada saat terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle mesin tidak bisa hidup, injektor, fuel pump dan ignition coil dimatikan.

Itu saja ulasan lengkap KODE ERROR HONDA CB150R DAN CBR250R, mudah-mudahan memberi informasi yang bermafaat bagi pembaca pak galingging.