Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Lampu Depan Motor Redup

Mengatasi Lampu Depan Motor Redup

Penyebab Lampu Motor Redup Saat digas

Oke pada kali ini kita akan membahas sebuah masalah pada sepeda motor Mio. Sepeda motor ini kurang terang dalam hal penerangan atau lampu kepala. Lampu kepalanya redup cahaya kekuningan.

Seperti kita ketahui bahwa lampu kepala memiliki peranan yang sangat penting dalam berkendara sepeda motor. Mulai dari sebagai isyarat peraturan lalu lintas sekarang mewajibkan lampu kepala harus hidup. Lalu pada malam hari kita benar-benar membutuhkan lampu kepala untuk menerangi jalan pada saat malam hari. Begitu pentingnya lampu kepala ini sehingga kita wajib merawat, wajib memperhatikan kinerja penerangan dari lampu kepala.

Lampu kepala yang redup dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun yang paling terpenting kita ingat adalah harus dari baterai atau arus listrik.

Dalam hal ini arus listrik yang mengalir ke lampu kepala kemungkinan besar bermasalah karena itu lampu kepala menjadi redup atau warna ke kuning kuningan.

Ini adalah masalah pokok yang menjadi dasar kita untuk menelusuri masalah atau menganalisa masalah lampu kepala yang redup.

Penyebab lampu kepala redup

Pertama tahanan yang besar.
Tahanan yang besar mengurangi aliran arus listrik menuju lampu kepala menyebabkan lampu kepala terlihat kekurangan arus atau kekurangan tenaga untuk bercahaya dengan terang.

Masalah thanan yang besar ini sangat banyak letaknya mulai dari soket soket yang kotor atau sudah mulai menua serta terminal lampu yang menggantung dengan fitting lampu, maksud kami lampu dan fitting tidak melekat kuat.

Tidak banyak yang bisa anda lakukan terkait tahanan arus yang besar yang menyebabkan lampu kepala redup. Solusi yang kami tawarkan disini adalah mengganti fitting lampu kepala dengan yang baru dan original. Anda juga dapat memeriksa konektor store yang berhubungan a dengan lampu kepala. Pastikan konektor konektor tersebut bersih dan terpasang rapi mengikat antara melacak dengan female jack.


Kedua alternator lemah

Alternator adalah komponen yang menghasilkan arus listrik pada sepeda motor. Sehingga harus dari baterai tidak terpakai habis-habisan. Alternator bahkan berfungsi mengisi arus baterai. Hingga baterai tetap dapat anda gunakan untuk melakukan start engine. Alternator sangat besar peranannya dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Jika alternator mengalami kerusakan dikatakan sepeda motor tidak akan dapat hidup. Karena sistem kelistrikan sepeda motor tidak dapat bekerja. Apa yang bisa anda lakukan terkait alternator yang rusak ini? Saya menyarankan solusi adalah ganti dengan yang baru.


Ketiga kiprok atau regulator bermasalah.

Arus dari alternator berbentuk ac atau bolak-balik. Lalu kiprok atau regulator mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah atau dc. Keluaran dari regulator atau kiprok ini arusnya sudah dapat digunakan untuk menghidupkan lampu kepala. Selain lampu kepala arus dari kiprok juga sudah dapat digunakan untuk mengaktifkan sistem kelistrikan lainnya pada sepeda motor. Sebuah kiprok memiliki spesifikasi input dan output arus. Jika output yang dihasilkan oleh kiprok atau regulator kecil dari spesifikasi inilah yang menyebabkan lampu kepala menjadi redup. Apa yang dapat anda lakukan jika ciprok atau regulator bermasalah?
a. Tidak banyak yang dapat anda lakukan anda hanya bisa menggantinya dengan yang baru.b.
b. Mengubah sumber tenaga lampu kepala, awalnya dari kiprok atau regulator menjadi tenaga baterai langsung.
c. Memanipulasi alternator dengan cara memberi tahanan pada kabel keluaran alternator yang menuju kiprok. Sebelum arus dari alternator ini masuk ke kiprok atau regulator terlebih dahulu melewati tahanan. Fungsi tahanan ini adalah agar regulator mendeteksi arus output alternator kecil, lala alternator akan menaikan output arusnya melalui bantuan regulator.

Itulah solusi yang kami tawarkan kepada pembaca blog Pak Galngging. Ingat! Do With Your Own Risk.

Post a Comment for "Mengatasi Lampu Depan Motor Redup"