Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PASANG KIPROK DOBEL PADA MOTOR, CARA PASANG BEGINI!

PASANG KIPROK DOBEL PADA MOTOR, CARA PASANG BEGINI!
Rangkaian Double Kiprok Vega-R

Anda memiliki motor lawas dengan masih sistem kelistrikan konvensional? Kelistrikan motor yang masih konvensional dapat kita ubah atau modifikasi sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari sistem pengapian, lampu-lampu, klakson, dan sistem pengisian. Semua itu bisa kita ubah dengan hasil akhir sesuai dengan selera kita.

PASANG KIPROK DOBEL PADA MOTOR

Saya akan membahas mengubah pengisian motor menjadi double kiprok. Apakah PASANG KIPROK DOBEL PADA MOTOR dapat kita lakukan? Dan ini adalah hal yang paling mendasar, tentu kita bisa melakukan penambahan kiprok pada sistem pengisian motor, sehingga kita sebut pengisian double kiprok.

Goblog mas bei, mencoba membuat double kiprok sistem pengisian motor vega r tahun 2005. Reggae tahun 2005 ini masih memiliki sistem kelistrikan konvensional. Dan mudah untuk kita pahami. Menurut mas bei, pasang double kiprok sistem pengisian dilakukan. Namun perlu pengetahuan elektronika dasar yang mumpuni. Karena double kiprok sistem pengisian memerlukan komponen elektronika dasar.

Komponen yang diperlukan

Komponen yang dibutuhkan dalam membuat double kiprok sistem pengisian yang pertama kapasitor ukuran 40.000uf, dioda 1 ampere sebanyak 3 buah, lalu memerlukan sekring/ fuse. Double kiprok ini dirangkai dengan menggabungkan kaki 1 kedua Kiprok juga kaki 4 Kiprok satu digabung dengan kaki dua kiprok 2.

Sementara kaki 3 kiprok satu digabung dengan kaki 3 kiprok 2 lalu diteruskan ke fuse/ sekring lalu menuju baterai positif. kaki nomor 3 kiprok 2 dibiarkan saja. Lalu positif baterai menuju sistem kelistrikan lainnya (pengapian, klakson, lampu-lampu) diambil dari baterai tidak langsung dari kiprok.

Deskripsi Rangkaian Pasang Kiprok dobel pada motor

Arus positif yang diambil dari baterai ini terlebih dahulu direndam oleh kapasitor 40.000 uf, lalu di searah kan dioda. Menurut mas bei hasil dari eksperimen double kiprok ini adalah terdengar suara yang berbeda saat menghidupkan motor starter.

Selain suara motor starter hei yang lebih mantap double kiprok juga memberi manfaat kepada sistem kelistrikan lainnya terutama pada lampu. Lampu utama motor tidak mengalami naik turun (redup terang). Setelah menggunakan double kiprok lampu utama lihat netral dan stabil.

Selain manfaat di atas double kiprok juga bisa memperpanjang usia pakai aki. Usia akik yang panjang ini dikarenakan arus pengisian yang stabil. Arus pengisian yang stabil ini diperoleh dari kapasitor ukuran besar.

Bagaimana? Anda ingin mencoba double kiprok pada motor anda? Untuk langkah teknis boleh anda searching di blognya mas bei (go-blogmasbei.blogspot.com). 

Ditulis Oleh David Sigalingging, S.Pd

Post a Comment for "PASANG KIPROK DOBEL PADA MOTOR, CARA PASANG BEGINI!"