Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PEMBAKARAN DIDALAM SILINDER AKAN DIKATAKAN BAIK APABILA


PEMBAKARAN DIDALAM SILINDER AKAN DIKATAKAN BAIK APABILA

Berikut ini kami menemukan pertanyaan menarik yaitu pembakaran didalam silinder akan dikatakan baik apabila? Sungguh pertanyaan ini luas dan mendalam karena menyangkut khalayat hidup orang banyak (red: bumi). Engine melakukan proses pembakaran didalam silinder akan dikatakan baik apabila apabila memiliki ciri yang akan saya uraikan.

Jika kita membahas pembakaran didalam silinder motor bakar tentunya akan langsung mengenai emisi gas buangnya. Setiap satu siklus pada motor bakar mempunyai langkah buang. Dimana pada langkah buang ini hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara terbakar dan menyisakan gas hasil pembakaran.

Menurut astra.co.id, emisi gas buang sisa pembakaran pada kendaraan bermotor memiliki lima (5) jenis kandungan atau unsur kimia dominan diantaranya adalah air (H2O), karbon dioksida (CO2), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO),  nitrogen oksida (NOx). Kelima unsur kimia dominan ini sangat berbahaya bagi manusia dan bumi.

Sehingga setiap negara memiliki peraturan yang prinsipnya untuk mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan ini. PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN BAKU MUTU EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR TIPE BARU KATEGORI L3 membuat batasan kelulusan uji emisi gas buang kedaraan pada hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO),  nitrogen oksida (NOx).
Permen Lingkingan Hidup No. 10 Tahun 2012

Menurut peraturan ini, kendaraan yang lulus uji emisi gas buang adalah kendaraan yang memiliki kadar HC maksimal 0,8 gram/km, kadar CO maksimal 2,0 gram/km, kadar NOx maksimal 0,15 gram/km. Jika kendaraan anda memiliki nilai kadar gas buang diatas ambang batas ini, sudah barang tentu kendaraan anda tidak layak jalan karena tidak lulus uji emisi gas buang.

Kendaraan yang memiliki pembakaran didalam silinder akan dikatakan baik apabila mengadung,
  • Kadar Air (H2O) tinggi
  • Kadar Karbon dioksida (CO2) tinggi
  • Kadar Hidrokarbon (HC) rendah
  • Kadar Nitrogen oksida (NOx) rendah
  • Kadar Karbon monoksida (CO) rendah
Kadar gas karbondioksida berbanding terbalik dengan keempat kadar gas buang lainnya. Jika kadar HC, CO, NOx dan H2O tinggi, mengakibatkan kadar CO2 rendah. Secara prinsip, pembakaran campuran udara dan bahan bakar didalam silinder dapat terbakar dengan sempurna. Jika ini yang terjadi sudah barang tentu emisi gas buangnya berupa karbon diosida (CO2) saja.


Mungkin Itu saja yang dapat saya jelaskan tentang PEMBAKARAN DIDALAM SILINDER AKAN DIKATAKAN BAIK APABILA. Semoga memberi manfaat kepada pembaca blog pakgalingging.blogspot.com. Kritik dan saran sangat kami tunggu di kolom komentar. 

Post a Comment for "PEMBAKARAN DIDALAM SILINDER AKAN DIKATAKAN BAIK APABILA"