Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Nama Komponen Kendaraan yang aneh

5 Nama Komponen Kendaraan yang aneh

Siapa yang tidak mengenal kendaraan atau mobil, tentunya hampir tidak ada yang tidak mengenal kendaraan. Kendaraan biasanya digunakan untuk alat transportasi dan memindahkan banyak barang. Tentunya kendaraan itu dibentuk dari banyak komponen sehingga menjadi satu unit yang baik dan performa tinggi.
Kali ini akan membahas 5 Nama Komponen Kendaraan yang aneh versi Pak Galingging. Nama-nama aneh ini sudah beredar luas dimasyarakat. Penamaan ini komponen-komponen kendaraan ini juga menggunakan bahasa awam.

Kita tahu, semua komponen kendaraan itu sudah memiliki nama dari engineer perancang kendaraan terdahulu. Namun, masyarakat dengan kreatifnya memberi nama aneh pada komponen kendaraan ini. Apa saja Nama Komponen Kendaraan yang aneh ini. Silahkan simak berikut ini.

1. Platina

Komponen platina ada pada sistem pengapian konvensional, dimana untuk memutus arus ke kumparan primer digunakan breaker point. Nama asli dari platina ini adalah breaker point, platina ini adalah jenis logam yang digunakan pada kontak point ini.

Saat anda pergi ke toko sparepart dan mengatakan breaker point, kebanyakan mereka tidak mengenal komponen ini. Begitu anda mengatakan platina, mereka akan langsung mengenalnya sebagai breaker point. Cukup aneh bukan.

2. Kiprok

Nama komponen kendaraan yang aneh berikutnya adalah kiprok. Kiprok ini memiliki nama asli regulator rectifier (RR), sangat jauh berbeda dari nama aslinya. Komponen ini terdapat pada sistem pengisian aki, berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC.

Asal usul nama kiprok ini berasal dari serapan bahasa belanda "cuprum" yang artinya tembaga. Lama kelamaan masyarakat Indonesia menyebutnya kiprok. Sangat jauh dari aslinya juga ya. Aneh.

3. Kapak-kapak

Kapak-kapak mobil ini memiliki nama asli lengan ayun roda depan (swing arm). Sekilas memang bentuk dan gerakan komponen ini seperti kapak, itu mungkin yang membuatnya menjadi kapak-kapak. Coba anda lihat gambar swing arm diatas, menurut anda komponen ini mirip kapak tidak.

4. Spul

Spul ini berasal dari bahasa Belanda yaitu "spoel" yang berarti gulungan. Nama asli dari komponen ini adalah kumparan atau lilitan. Komponen ini merupakan penghasil listrik pada kendaraan. Aneh bukan.

5. Tak

Kata "tak" adalah untuk menyebutkan langkah atau stroke engine. Saya belum menemukan asal kata "tak" ini dari mana. mesin 4 tak artinya artinya mesin 4 langkah atau 4 stroke, dinama untuk menghasilkan satu kali langkah usaha diperlukan dua putaran poros engkol dan 4 langkah kerja. Aneh ya.

Itulah 5 Nama Komponen Kendaraan yang aneh versi Pak Galingging. Apakah didaerah anda memiliki penyebutan komponen yang aneh. Silahkan komen ya.

Post a Comment for "5 Nama Komponen Kendaraan yang aneh"