Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara merawat aki mobil Agar Tetap Awet

Cara merawat aki mobil Agar Tetap Awet

Pemilik Mobil wajib tahu cara merawat aki mobil agar tetap awet. Aki merupakan komponen paling vital pada mobil. aki berfungsi sebagai penggerak awal, penyuplai arus kesistem kelistrikan kendaraan, dan fungsi yang paling penting adalah aki berfungsi sebagai penstabil tegangan kelistrikan kendaraan. Berikut penjelasan dari Nissan cara merawat aki mobil agar tetap awet dan prima.

1. Bersihkan Aki

Langkah yang paling sederhana merawat aki mobil agar tetap awet adalah membersihkan aki dari debu dan kotoran yang menempel. Penting untuk diperhatikan saat melakukan merawat aki mobil, selalu menggunakan sarung tangan. Agar air atau uap aki tidak terkena kulit, karena akan menyebabkan gatal jika tidak segera dibersih. Bagian aki yang mendapat perhatian utama adalah terminal aki. Pastikan terminal aki selalu bersih dari debu atau kotoran. Agar aliran tegangan listrik dari aki tidak mengalami hambatan ke sistem kelistrikan mobil. Gunakan sikat baja untuk mebersihkan terminal aki mobil

2. Rutin memanaskan mobil

Rutin memanaskan mobil adalah cara merawat aki mobil terbaik yang dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun kendaraan tidak digunakan, memanaskan mobil setiap hari membantu kondisi aki tetap baik. Jika kendaraan jarang dipanaskan akan berdampak kepada aki cepat tekor atau bahkan soak. Selalulah memanaskan mobil selama 5 menit setiap hari untuk menjaga kondisi aki mobil agar tetap awet.

3. Lepaskan kabel aki negatif

Langkah melepaskan kabel aki negatif dilakukan saat anda berniat tidak menggunakan mobil untuk jangka waktu yang cukup lama, misalnya berpergian. Melepas terminal aki negatif sebagai langkah mencegah aki rusak atau soak, karena terus menerus mengaliri kabel pada sistem kelistrikan kendaraan. Cukup satu kebel negatif saja yang dilepaskan, tidak perlu melepaskan kabel aki positif.

4. Beban aki

Aki akan cepat rusak jika terus menerus menerima beban yang berlebih dari kelistrikan, misalnya penggunaan aksesoris yang menghabiskan watt bessar. Hindari penggunaan aksesoris yang membuat aki terbeban  ini cara merawat aki terbaik juga.

5. Perhatikan ketersediaan tegangan aki

Langkah memperhatikan ketersediaan tegangan aki sangat penting. Jika kendaraan sulit dinyalakan menggunakan starter, pertanda ketersediaan tegangan pada aki berkurang. Jangan memaksakan kondisi seperti ini agar aki mobil tetap awet. Segera lakukan pengisian aki secara manual, menggunakan charger aki.

6. Pilih aki dengan kualitas terbaik

Langkah terakhir cara merawat aki mobil agar tetap awet adalah menggunakan aki dengan kualitas terbaik. Pilihlah model aki yang tepat dan kualitas original demi kenyamanan dan keawetan komponen kelistrikan mobil lainnya. Aki pada mobil sangat berhubungan erat dengan semua komponen kelistrikan lainnya. Jika supplai tegangan aki terganggu, bukan tidak mungkin dapat merusak komponen kelistrikan lainnya.

Demikian beberapa Cara merawat aki mobil Agar Tetap Awet yang wajib diperhatikan pemilik kendaraan. Untuk mengurangi gangguan yang akan terjadi pada aki mobil.

Post a Comment for "6 Cara merawat aki mobil Agar Tetap Awet"