Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Deteksi Signal Output ECU Sederhana Menggunakan Lampu LED

Alat Deteksi Signal Output ECU Sederhana Menggunakan Lampu LED

Alat Deteksi Signal Output ECU Sederhana Menggunakan Lampu LED - Kendaraan sekarang yang terbaru semuanya telah menggunakan sistem yang teritegrasi dengan elektronika. Penggabungan sistem pengapian, sistem pengisian, sistem starter, sistem bahan bakar disatukan dalam satu sistem disebut engine management sistem.

Sistem ini sudah menggunakan software yang dimasukkan dalam satu alat atau komputer mini. Biasanya orang menyebut alat ini ECU (engine control unit). ECU berfungsi mengendalikan cara kerja semua sistem yang ada pada engine. Pengendalian dilakukan agar diperoleh performa engine yang semakin baik dan terutama emisi gas buang ramah lingkungan.

Seiring hal ini, tentu akan berbanding terbalik dengan keberadaan kendaraan dengan menggunakan sistem konvensional. Para pemilik usaha jasa perbaikan kendaraan harus mampu mengikuti kemajuan teknologi yang terjadi dibidang otomotif.

Sekarang ini bengkel sudah harus mampu mengani kendaraan dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik ini. Sarana dan prasarana yang memadai harus mulai diwujudkan, pengadaan engine scanner, osiloskop, alat peralatan digital lainnya sudah harus mendapat prioritas.

Namun tidak semua pemilik bengkel mampu membeli peralatan mutahir ini. Memutar otak untuk menemukan solusi dalam mengukur signal output dari ECU harus dilakukan. Osiloskop merupakan alat yang paling tepat dalam melakukan pengukuran signal output ECU. Pertanyaan adalah selain osiloskop, apa alat sederhana mengukur signal output ECU yang bisa kita buat?

Saya akan menyampaikan satu ide untuk menggantikan osiloskop untuk mengukur signal output ECU. Menggunakan sebuah LED lamp dan sebuah resistor 1K. Pembuatannya alat ini tergolong mudah, resistor dipasang dikaki posistif dari LED lamp, tambahkan kabel secukupnya, biasanya satu jengkal cukup untuk anda tambahkan disetiap kaki LED lamp.

Penggunaan alat sederhana pengukur tegangan output ECU ini terbilang mudah. Hubungkan kaki positif dengan terminal sensor positif, lalu kaki LED negatif dihubungkan ke kabel negatif sensor dari ECU. Lampu LED akan menyala sesuai keberadaan tegangan yang diberikan ECU.

Mungkin itu saja tentang Alat Deteksi Signal Output ECU Sederhana Menggunakan Lampu LED ini. Semoga dapat membantu anda.

Post a Comment for "Alat Deteksi Signal Output ECU Sederhana Menggunakan Lampu LED"