Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sel Surya pada PLTS menyerap energi yang berasal dari

Sel surya pada PLTS menyerap energi yang berasal dari cahaya matahari. Dimana dalam penerapannya PLTS memerlukan peralatan khusus untuk dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Peralatan khusus ini disebut sebagai komponen Solar cell, karena bentuknya disusun dari banyal sel sehingga disebut sebagai solar cell (sel surya).

Belum cukup sampai disana, pada tahap diatas baru saja kita lakukan mengubah energi surya aktif menjadi energi listrik. Tahap selanjutnya adalah menyimpan energi listrik ini kedalam peralatan lainnya yaitu baterai. Setelah baterai terisi muatan listrik dari solar cell tadi, baru dapat kita gunakan untuk peralatan listrik yang menggunakan arus DC (direct current) atau arus searah, contohnya senter, mencharger handphone, dll.

Jika peralatan listrik memerlukan arus searah (AC), perlu peralatan tambahan lainnya yaitu inverter. Alat ini akan mengubah arus dari baterai tadi menjadi arus searah (AC). Baru arus dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan listrik seperti setrika, lampu TL, kulkas, dan lain-lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Sel Surya pada PLTS menyerap energi yang berasal dari kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa ditulisan saya lainnya.

Post a Comment for "Sel Surya pada PLTS menyerap energi yang berasal dari"