Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jawab Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA jelaskan

perubahan-energi-apa-saja-yang-terdapat-dalam-plta-jelaskan-1

PLTA adalah kepanjangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Jika kita lihat urutan perubahan energi dimulai dari air yang ketika diam memiliki energi potensial. Biasanya air akan ditampung atau dibendung dan membuat air mengalir dan bergerak melalui dan melewati  turbin, pergerakan air termasuk energi kinetik.

Turbin yang digerakkan air, dihubungkan pada poros generator juga yang mengubahnya menjadi energi listrik. Sehingga, urutan perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA sebagai berikut, Energi Potensial -> Energi Kinetik -> Energi Listrik.

Energi bersifat kekal merupakan hukum kekekalan energi. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Selama jutaan tahun, energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) hanya berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh manusia, energi diubah bentuknya (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) untuk meringankan pekerjaan sehari-hari.

Contohnya, televisi yang mengubah energi listrik (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) menjadi energi cahaya dan bunyi. Kompor tungku memasak (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang mengubah energi kimia dalam bentuk gas dan minyak goreng yang diubah kompor menjadi energi panas untuk kamu gunakan memasak. Coba kamu sebutkan perubahan energi lainnya? Simak contoh perubahan energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang terjadi di sekeliling kita seperti dilansir dari Energy: A Guidebook (1983).

Bentuk Energi terdiri dari beberapa bentuk yakni berikut:
  1. Energi panas/kalor
  2. Energi cahaya
  3. Energi bunyi
  4. Energi magnet
  5. Energi listrik
  6. Energi kimia
  7. Energi nuklir
  8. Energi gerak/mekanis/kinetis
Contoh berikut adalah perubahan energi Energi kimia menjadi energi gerak. Makanan (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang kita konsumsi membuat kita bernergi sehingga bisa berjalan dan beraktivitas Energi gerak menjadi energi panas: Roda yang saling (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) bergesekan menghasilkan energi panas yang menghidupkan mesin Energi kimia menjadi energi cahaya: lilin yang dibakar (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) Energi cahaya menjadi energi kimia: proses fotosintesis menyerap cahaya matahari menjadi zat yang bernutrisi bagi tumbuhan

Perhatikan Foto Perubahan bentuk (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi (National Energy Education Development Project) Perubahan energi listrik Di era modern, energi yang paling fleksibel untuk diubah menjadi energi lain adalah energi listrik.
perubahan-energi-apa-saja-yang-terdapat-dalam-plta-jelaskan-1

Beberapa bentuk perubahan energi listrik di antaranya:
  1. Energi listrik dapat diubah menjadi energi cahaya: Lampu pijar dan lampu tabung
  2. Energi listrik dapat diubah menjadi energi bunyi: Speaker, bel, radio, dan televisi
  3. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak: Kipas angin, blender, mobil listrik
  4. Energi listrik dapat diubah menjadi energi magnet: Pengangkat besi yang menggunakan elektromagnet
  5. Energi listrik dapat diubah menjadi energi kimia: Charger, pengisian akibat Energi listrik menjadi energi panas: magic jar, setrika, kompor listrik, pemanggang, pemanas air, pencatok rambut
Jika energi tidak dapat diciptakan, lalu muncul pertanyaan dari mana asalnya listrik?
Selama puluhan tahun terakhir, sebagian besar (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) listrik berasal dari pembangkit yang mengolah batu bara dan minyak bumi.

Batu bara dan minyak bumi adalah (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi kimia yang berasal dari fosil makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu.

Namun kedua bentuk (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi itu tidak ramah lingkungan.

Kita seharusnya beralih ke (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) pengolahan energi listrik yang ramah lingkungan. Contohnya energi panas dari matahari (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang mampu berubah menjadi listrik dengan panel surya (solar panel).

Atau energi gerak yang (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) dimiliki angin, memutar turbin yang menghasilkan energi mekanis.

Lalu menggunakan (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) generator, energi mekanis itu diubah menjadi energi listrik. Proses ini berlangsung (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Selain angin, listrik juga (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) dibangkitkan oleh energi gerak yang dimiliki air, ombak, dan pasang surut. Yang paling mutakhir, energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) nuklir yang terkandung dalam uranium, mampu diolah menjadi energi listrik yang sangat besar.

KESIMPULAN
Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA jelaskan?

Perubahan energi yang terdapat dalam PLTA adalah adanya perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Gerakan dari arus air diubah akan menggerakkan turbin.

Turbin yang berputar ini dihubungkan dengan poros generator sehingga merubah energi gerak (energi kinetik) menjadi energi listrik.

Turbin yang digerakkan air, dihubungkan pada poros generator juga yang mengubahnya menjadi energi listrik. Sehingga, urutan perubahan energi apa saja yang terjadi dalam PLTA sebagai berikut, Energi Potensial -> Energi Kinetik -> Energi Listrik.

Post a Comment for "Jawab Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA jelaskan"