Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi

Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi
Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi

Pernahkan anda mengalami pompa air nyetrum? Ketika pompa air hidup dan tanpa sengaja anda menyentuh body pompa air terasa nyetrum. Seketika itu juga anda akan mengangkat tangan anda menjauh dari body pompa yang nyetrum tadi. Kerusakan body pompa air nyetrum ini merupakan masalah umum terjadi pada mesin pompa air.

Pada daerah tidak memiliki air PAM mesin pompa air untuk rumah tangga sangat sering digunakan untuk mengalirkan air. Namun jika mesin pompa air yang anda gunakan tiba-tiba nyetrum pada body pompa air.

Barang tentunya hal ini akan menggangu anda dalam mengoperasikan pompa air karena mesin pompa air yang nyetrum akan meneruskan aliran arus listrik melalui air sehingga dapat saja anda akan tersengat aliran listrik saat menyentuh air pada kran. Kejadian ini biasanya diistilahkan kesetrum.

Pompa air nyetrum juga kerap terjadi tidak hanya pada satu jenis pompa air saja, akan tetapi dapat saja terjadi pada semua jenis dan merek mesin pompa air. Baik itu pompa air sumur dangkal, pompa pendorong, pompa air kolam renang, maupun pompa air aquarium.

Untuk mengatasi body pompa air nyetrum ini, satu prinsip penting jika pompa air nyetrum ini terjadi pada mesin pompa air anda, anda wajib mencari tahu terlebih dahulu apa yang membuat pompa air tersebut nyetrum. Agar nantinya kita akan lebih mudah dan tepat sasaran saat akan berusaha memperbaikinya.

Keuntungan lainnya adalah anda juga dapat menghemat waktu dan uang, karena seperti saya bilang langkah perbaikannya dapat langsung ke lokasi sasaran titik kerusakan, dan tidak melakukan coba-coba saja.

Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi

Berikut ini saya akan jelaskan beberapa hal yang menjadi penyabab mesin pompa air nyetrum, Poin-poin ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya di lapangan saat menanggani masalah-masalah pada pompa air. Namun tentu saja poin-poin ini tidak menjadi patokan mati, melainkan untuk menganalisis secara urut, dan anda harus melakukan pemeriksaan pada tiap komponen secara langsung. Beberapa hal penyebab pompa air nyetrum yang sering saya jumpai.

1. Kapasitor starting rusak

Kapasitor starting yang bocor dapat menjadi penyebab pompa air anda nyetrum, karena kapasitor starting di dalamnya menyimpan muatan listrik yang digunakan untuk penggerak awal motor pompa air. Kerusakan di bagian kapasitor starting ini bisa kita identifikasi dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Kapasitor bengkak di bagian atas atau bawah
  • Terdapat keretakan atau bahkan seperti mau pecah
  • Ada bau gosong dari kapasitor
  • Kapasitor meleleh
Kapasitor berfungsi sebagai pembantu proses running mesin pompa air saat nyala pertama kali. Masalah lain yang ditimbulkan akibat kapasitor lemah, yaitu pompa air mati total atau tidak mau hidup/berputar meski sudah dicolokan ke power PLN.

Langkah yang dapat dilakukan mengatasi masalah ini adalah cukup mudah. Ketika sudah dapat anda pastikan bahwa kapasitor starting rusak berdasarkan tanda-tanda di atas, anda tinggal menggantinya dengan kapasitor starting yang baru dengan spesifikasi yang sama. Harga kapasitor dipasaran tidak terlalu mahal, yaitu kisaran 65Rb – 275Rb dan tentunya sesuai dari merek dan ukurannya.

2. Mesin pompa air nyetrum akibat pembuatan grounding yang tidak tepat

Pada prinsipnya, pembuatan grounding adalah suatu sistem instalasi listrik yang didesain untuk dapat menghilangkan beda potensial, sebagai pelepasan muatan berlebih pada sebuah instalasi listrik.

Sangat mungkin pembuatan grounding yang tidak tepat pada pompa air dapat mengakibatkan mesin pompa air nyetrum. Sebagai tambahan, masalah grounding juga dapat saja terjadi pada peralatan elektronik lainnya, seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan blender, setrika.

Salah satu pembuatan grounding yang salah pada pompa air adalah yakni kabel colokan power supply yang dipasang terbalik, khususnya yang berkaki tiga sehingga mengakibatkan grounding. Cara paling mudah untuk mengatasinya masalah ini adalah silahkan tukar atau balik kabel colokan kabel power supply tersebut.

Saya menyarankan anda untuk lebih jelasnya, silahkan anda cari dan membaca postingan yang lain mengenai cara mengatasi penyebab grounding pada peralatan elektronik.

3. Terdapat kabel instalasi tekelupas

Penyebab lain body pompa air nyetrum yakni adanya kabel instalasi yang terkelupas dan juga menempel pada bagian body pompa air. Akan sangat berbahaya lagi jika kabel terkelupas ini masuk ke air yang ada di tampungan torren air. Sehingga dapat saja air dikeran yang anda tampung memiliki aliran listrik dan nyetrum saat anda sentuh.

Selain nyetrum, masalah ini juga dapat mengakibatkan trip atau korslet listrik seperti yang saya sampaikan di atas. Email kabel gulungan atau kumparan motor pompa air yang sudah habis dapat juga penyebab body pompa air nyetrum. Pada intinya, masalah pompa air yang nyetrum jangan anda anggap sepele.


4. Motor atau dinamo pompa air terbakar

Dinamo atau motor pompa air yang terbakar paling sering membuat pompa air nyetrum. Motor atau dinamo pompa air terbakar ini merupakan masalah yang sangat sering saya jumpai saat menangani pompa air yang rusak. Motor atau dinamo pompa air terbakar akan mengakibatkan terjadi korsleting dibagian kumparan dinamo, kabel-kabel halus ini menjadi tidak beraturan dan mengakibatkan muatan listrik mengalir tidak beraturan atau mengalir tidak pada jalurnya. Akan sangat membahayakan, jika kabel halus ini menjadi tidak beraturan ini membuat listrik menjadi trip atau turun di bagian MCB.
Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi
Motor atau dinamo pompa air terbakar cukup mudah untuk diidentifikasi. Apakah motor atau dinamo itu terbakar atau tidak, yaitu akan ditandai dengan adanya bau gosong disekitar mesin pompa air tersebut.

Cara lain mengetahui dinamo pompa air terbakar, kita dapat memeriksanya menggunakan sebuah tespen. Langkahnya adalah tempelkan tespen pada bagian body mesin pompa air, tempelkan tespen di mana saja, usahakan bagian yang tidak ada lapisan cat. Ketika tespen kita tempelkan pada body pompa air ini nyal, dapat saya pastikan ada bagian yang korslet atau hubungan singkat pada kumparan atau lilitan pompa air. Dengan kata lain, motor atau dinamo pompa air terbakar.

Penyebab motor atau dinamo pompa air terbakar bisa juga diakibatkan oleh grounding yang tidak baik tadi, oleh karena itu kembali ke point nomor dua, yaitu pastikan bahwa kabel grounding pada colokan terpasang dengat tepat atau sesuai.

Apa yang dapat kita lalukan jika motor atau dinamo pompa air terbakar? Solusinya adalah gunakan jasa gulung dinamo untuk menggulung ulang dinamo pompa air anda. Tentu saja kita harus mengeluarkan biaya yang ekstra untuk layanan gulung dinamo ini agar pompa air anda tidak nyetrum lagi.

Sekedar untuk informasi bagi anda, sebagai layanan jasa panggilan service pompa air, kami juga melayani service gulungan dinamo maupun perbaikan gulung dinamo pompa air terbakar. Namun, area kerja service pompa air kami saat ini hanya melayani di daerah Pulau Bintan saja.

Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang tinggal di sekitaran Tanjung Uban, Seri Kuala lobam, Tanjung permai, jika Anda berminat, silakan hubungi tim kami melalui laman kontak.

Oke, itulah beberapa faktor penyebab mesin air listrik nyetrum sesuai pengalaman kami. semoga ini dapat menjawab semua pertanyaan anda tentang kenapa pompa air anda nyetrum yang selama ini belum anda temukan solusi.

Jika anda menyukai artikel ini, dan anda rasa ini bermanfaat, silakan bagikan tulisan ini ke teman atau sahabat anda yang kemungkinan memiliki masalah body pompa air nyetrum.

Post a Comment for "Penyebab Body Pompa Air Nyetrum Ada Arus dan Solusi"