Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menggunakan Teknik Feynman untuk Cara Belajar Cepat Menguasai Topik Apapun

Menggunakan Teknik Feynman untuk Cara Belajar Cepat Menguasai Topik Apapun

JEJAKPAKMANTAP 
- Orang tua tentunya menginginkan anaknya cerdas serta, tidak mau dibodohi, tidak mau ketinggalan zaman, tidak mau ditipu. Namun sungguh ironis, jika itu semua hanya sebatas ‘impian’. Dapat kita lihat bahwa hanya sebagian kecil siswa dapat mengkonversi 'impian' sukses menjadi kenyataan. Sekarang pertanyaanya, bagaimana cara mengkonversi 'impian' menjadi kenyataan ? Salah satunya adalah dengan cara belajar.

Akhir-akhir ini mulai banyak 'sekolah online' yang berfokus pada peningkatan prestasi siswa. Salah satunya kelas Learning How to Learn dan Machine Learning. Bagian yang menarik bagi saya di Learning How to Learn mengatakan bahwa tingkat kelancaran kita mengajarkan ilmu ke orang lain dapat menjadi parameter kepahaman kita terhadap suatu ilmu. Jika kita lancar menjelaskan suatu hal kepada orang lain, maka itu adalah bukti kepahaman kita terhadap hal tersebut. Metode ini disebut dengan Feynman Technique.

Menggunakan Teknik Feynman untuk Cara Belajar Cepat Menguasai Topik Apapun

Secara sederhana, teknik ini dapat diterapkan dengan cara, cukup tulis catatan yang seolah-olah akan dibaca oleh orang lain dengan penyampaian yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Teknik Feynman merupakan teknik belajar dengan seolah-olah kita mengajarkannya pada orang lain.

Teknik ini pertama kali dijelaskan dalam buku biography “Genius: The Life and Science of Richard Feynman” yang ditulis oleh James Gleick pada tahun 1993. Kemudian dinisbatkan pada fisikawan yang terkenal karena kegokilannya dalam menyampaikan fisika yakni, Richard Philip Feynman. .

Menggunakan Teknik Feynman ini pada pembelajaran matematika akan menuntut siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa harus saling berinteraksi dengan siswa yang lain. Begitulah teknik belajar yang dikembangkan oleh Richard Philip Feynman ini dengan cara menyederhanakan dalam penyampaian materi pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Feynman Technique adalah teknik belajar dengan mengajarkan suatu hal kepada orang lain. Namun tidak harus kepada orang lain secara langsung, akan tetapi dapat pula dengan membuatkan catatan seolah-olah catatan tersebut akan dibaca oleh orang lain. Tentunya dengan cara penyampaian sesederhana mungkin dan mudah dimengerti.
“If you can’t explain it simply, then you don’t understand it well enough.” – Albert Einstein
Disamping kehidupannya sebagai saintis, ternyata beliau juga seorang guru yang hebat. Richard Feynman adalah saintis penerima Nobel di bidang Fisika tentang Elektrodinamika Kuantum pada tahun 1965. Bahkan beliau dijuluki sebagai “The Great Explainer” karena dapat menjelaskan teori atau ide yang sangat kompleks dalam bahasa yang sederhana sehingga orang awam dapat mengerti. Oleh karena itu, teknik ini dinamakan sesuai namanya.

Feynman Technique tidak tertutup pada sains saja akan tetapi dapat diterapkan di berbagai bidang. IT, ekonomi, sejarah, apapun subjeknya, Feynman Technique dapat diterapkan untuk meningkatkan kepahaman kita terhadap pembelajaran ataupun suatu konsep.
“The first principle is you must not fool yourself, and you are the easiest person to fool.” – Richard Feynman
Kesimpulannya, cara untuk dapat memahami suatu konsep materi pembelajaran dengan mendalam adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain, atau paling tidak berpura-pura menjelaskannya dengan sebuah cermin. Berikut langkah-langkah dalam Feynman Technique.
  1. Ambil selembar kertas dan tulis nama konsep dibagian atas kertas.
  2. Jelaskan konsep tersebut dalam bahasa sederhana.
  3. Identifikasi bagian yang bermasalah dan review kembali lewat sumber belajar.
  4. Perhatikan istilah-istilah yang kompleks dan uji kemampuanmu dengan menjelaskannya secara simple.
Dengan melaksanakan 4 langkah sederhana tersebut diatas, semoga anda dapat memahami suatu konsep dengan lebih mendalam dan lebih cepat.

Mari terus belajar dan juga menerapkan teknik ini. Kami harap blog SMKN1SKL ini terus exist. Agar kami dapat terus mem-posting hal-hal mengenai ilmu, teknik belajar dan materi pelajaran, tips belajar, dan hal-hal lain yang relevan dengan dunia belajar.

Post a Comment for "Menggunakan Teknik Feynman untuk Cara Belajar Cepat Menguasai Topik Apapun"