Nama rangkaian didalam coil pengapian adalah

Nama rangkaian didalam coil pengapian adalah

PAK GALINGGING - Sistem pengapian memiliki sebuah komponen yang disebut koil (coil) pengapian. Coil pengapian ini sangat penting peranannya dalam menghasilkan bunga api pada busi. Komponen inilah yang mengubah tegangan baterai 12V menjadi 20KV dan kemudian dikirimkan ke busi.

Nama rangkaian didalam coil pengapian

Didalam koil pengapian disusun komponen-komponen kecil yang menopangnya untuk dapat bekerja maksimal. Komponen ini yang membentuk suatu "sistem" kembali pada sebuah koil pengapian. Apa saja rangkaian yang ada didalam coil pengapian:

1. Kumparan primer

Rangkaian yang pertama ada didalam coil pengapian ini adalah kumparan primer atau lilitan primer. Bagian ini berfungsi untuk menginduksi coil pengapian. Ketika lilitan primer dialiri arus listrik, akan terjadi kemagnetan pada inti besi koil pengapian. Sesaat setelah arus listrik diputuskan oleh platina (pulse generator pada sistem pengapian eletronik) akan terjadi induksi arus listrik pada coil pengapian sebagai akibat hilangnya gaya magnet dari lilitan primer.

2. Kumparan sekunder

Rangkaian kedua pada coil pengapian adalah kumparan sekunder. Komponen ini bekerja apabila lilitan primer telah menginduksi coil pengapian. Saat arus listrik kumparan primer hilang, diikuti dengan kemagnetan hilang, maka terjadi induksi pada lilitan sekunder, tidak hanya pada lilitan sekunder namun juga terjadi induksi pada lilitan primer.

3. Resistor internal (optional)

Rangkaian berikutnya adalah resistor didalam coil pengapian. Rangkaian ini merupakan optional dan tidak semua koil pengapian memiliki internal resistor. Ciri utama koil (coil) pengapian memiliki internal resistor adalah terdapat 4 terminal pada fisik koil pengapian.

Jika ada pertanyaan Nama rangkaian didalam coil pengapian adalah kumparan primer dan sekunder. Atau Anda dapat juga memberi jawaban lain bahwa Nama  didalam coil pengapian terdapat rangkaian kumparan primer, sekunder dan internal resistor.

Semoga tulisan didalam coil pengapian ada beberapa Nama rangkaian ini bermanfaat dan memberi jawaban yang lengkap untuk anda.