Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17+ Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu - Kali ini kami membahas tips memilih template sesuai kebutuhan blogspot kamu agar mendapat sesuai keinginan. Kebutuhan template berbeda-berbeda antara  seorang blogger dengan blogger lainnya. Ada yang mengutamakan warna, font, bahkan hanya kecepatan saja. Jika kamu terjun kedua blogger kamu akan memilih template blogspot seperti apa?

Tips memilih template blog kali, kami bagikan sebagai masukan dan menjadi pertimbangan saja bagi kamu yang terjun ke dunia blogger. Tips ini dapat kamu abaikan ataupun kamu prioritas sesuai kebutuhan blogspot kamu. Selera tidak sama, antara kami dan mereka. Hanya saja poin-poin penting yang wajib bagi blog kamu yang menjadi prioritas, tahan dulu selera demi kebaikan blog kamu dimesin pencari. Template blogspot wajib SEO friendly, fast loading dan lulus structured testing.

Kita dapat dengan mudah menemukan template blogspot dari internet. Blogger sendiri sudah menyediakan template bawaan meraka bagi blog kamu, atau jika kurang tertarik dengan template yang diberikan blogger, silahkan cari template blogspot dari situs lain yang terpercaya. Ada versi premium license namun ada juga versi free. Masing-masing versi ini memiliki kelebihan dan kelemahan.

Beragamnya pilihan template blogspot diinternet bisa saja membuatmu bingung untuk memutuskan pilihan. Bahkan ada sebagian blogger yang gonta-ganti template blognya karena kebingungan untuk memprioritaskan tips atau kebutuhan mana yang harus diutamakan untuk blogspotnya.

Agar terhindar dari masalah gonta-ganti template blog, kami akan memberikan 17+ tips memilih template sesuai kebutuhan blogspot kamu. Sekali lagi kami tekankan, keputusan terakhir ada ditangan anda seorang blogger. Tips berikut dapat anda gunakan sebagai pertimbangan untuk membuat keputusan. Dari 17+ tips berikut, kami yakin hanya 2 atau 3 tips yang terkena dihati anda.

Jangan buang-buang waktu untuk gonta-ganti template blogspot, pilih template terbaik dan biarkan mesin pencari memahami blog anda hingga menang dimesin laman page one. Berikut tips memilih template blogspot agar sesuai dengan blog kamu.

1. Template jualan atau blogging

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Contoh template jualan

Terjun kedunia blogging banyak latarbelakang, ada yang ingin jualan, ada yang ingin berbagi ilmu, ada yang ingin membagikan tutorial, ada yang sekedar curhat, ada yang ingin membuat cerita. Saya rasa kamu sudah memilikinya, tidak mungkin anda masuk kedunia blog tanpa tahu apa latarbelakang.

Jika kamu ingin berjualan, silahkan cari template yang mirip-mirip marketplace, yang penting pada judulnya terlihat harga. Karena pengunjung yang akan anda dapatkan adalah calon pembeli. Template untuk jualan pun kalau bisa, setidaknya dapat membuat tombol telepon atau sms hanya dengan sekali klik.

Berbeda jika kamu masuk dunia blogging untuk berbagi ilmu, tutorial, curhat, yang kamu butuhkan adalah template personal hingga template magazine. Jika blog hanya untuk curhat, silahkan pilih template tipe personal, jika niche kamu tutorial silahka pilih template standard saja, Namu jika blog kamu berisikan berita, kamu dapat menggunakan template magazine.

2. Template resposive

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Tipe template blogspot berikutnya adalah responsive. Jika kamu dapat menebak gadget apa gerangan yang digunakan visitor kamu membuka blog, template blog kamu harus memiliki fitur untuk gadget itu. 

Misalnya pengunjung blog kebanyakan menggunakan handphone, tentu saja kamu harus memiliki template yang responsive alias, bentuk artikel tetap rapi meski blog diakses melalui handphone. Kebanyakan template sekarang sudah menyediakan fitur responsive ini. Dimana, berdasarkan data penelitian, hampir 70% orang menggunakan handphone dalam mengakses internet atau blog.

3. Template Fast loading

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Kami berharap, kamu mempriositaskan kebutuhan template blog yang fast loading. Ini sangat penting untuk kemjuan blog. Kamu tentu tidak menginginkan blog kamu lama dimuat atau ditampilkan saat pengunjung mengklik blog kamu.

Sama, demikian juga pengunjung tidak suka dengan blog yang lama atau bahkan sulit dibuka. So, pertimbangkan untuk menggunakan template blog yang memiliki fitur fast-loading.

Pengunjung akan senang membuka blog, dan kamu akan mendapat ramai kunjungan setiap harinya jika menggunakan template yang fast-loading.

4. Template SEO Friendly

Sangat kami sarankan agar memilih blog dengan fitur SEO friendly (in-page). Template juga sangat mendukung untuk optimalisasi agar tampil dihalaman pertama pencarian google. istilah ini disebut serach engine optimized (SEO). Artikel kamu akan muncul dihalaman pencarian google, jika artikel sudah diindex. Ketika artikel sudah diindex, google sudah mendapat tambahan data artikel untuk ditampilkan saat seseorang mengetikkan kata kunci dipencarian. Apa jadinya, jika artikel atau produk yang kamu posting tidak tampil atau bahkan tidak diindex google ? Jadilah blog kamu sebuah blog rahasia, yang tidak dapat ditemukan oleh siapapun, kecuali kamu membagikan link blog artikelmu.

5. Template user friendly

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Tips memilih template berikutnya dengan mempertimbangkan pengoperasian template. Jika kamu seorang awam dengan kode script, pilihlah template yang sudah menyediakan layout yang tingga klik edit untuk menambahkan widget atau iklan. Jika template tidak ramah pengguna, kamu perlu mengetahui berbagia kode script blogspot untuk dapat melakukan pengaturan tampilan blog kamu.

Nah di template user friendly pengaturan template 100% dapat dilakukan pada menu tata letak. Kamu tidak perlu lagi pusing nyari-nyari kode di menu edit HTML.

6. Template lay out

Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Mengetahui lay out
Template lay out ini dapat saya analogikan dengan gambar rancangan rumah. Dari lay out, kita dapat memproyeksikan seperti apa bentuk atau tampilan template kita nantinya. Sekarang ini blogger sudah memiliki dua versi lay out, lay out v2 dan lay out v3. Jangan khawatir, untuk mengenalinya sangat mudah, jika template blogspot pilihan kamu sudah ada fitur responsive, menandakan template sudah memiliki versi lay out terkini v2 atau v3.

7. Template font Type

17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Secara umum, huruf yang digunakan kebanyakan orang adalah timesnew roman. Namun, tidak ada salahnya menggunakan font type lainnya pada blog kamu, apa lagi jika blog personal. Meski terdengar sepele, namun jenis font dan gaya tulisan yang kamu terapkan pada template pun dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan pembaca. Tipografi yang menarik dan sesuai dapat membuat pengunjung merasa tertarik pada blog sehingga Blogspot kamu juga menjadi lebih berkualitas.

8. Template lulus structured data testing

17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini adalag google. Google dapat memahami blog anda, informasi didalam blog anda menggunakan data stuctured data testing. Artikel pada blog akan cepat diindex jika template lulus structured data testing. Jika sudah menerapkan sebuah template pada blog kamu, sebaiknya periksa poin ini dengan mengunjungi developergoogle pada link ini. Pastikan template anda lulus, tidak ada tanda merah.

9. Template memiliki Warna bersih

Template blog yang memiliki warna yang "bersih" akan membuat pembaca nyaman. Merupakan upaya terbaik jika pembaca tidak merasa risih atau terganggu dengan warna-warni yang kontras pada background blog. Pilih template dengan 2 warna dominan saja, jangan membuat mata pembaca sakit apalagi silau ketika membuka blog. Dapat anda bayangkan jika anda membaca blog dengan background biru tosca, dan tulisan warna merah. Belum lima menit mata pembaca sudah berair, menangisi perihnya blog kamu.

10. Template support

Template support sangat penting, apa lagi bagi anda seorang blogger yang tidak paham source code. Dukungan dari depeloper pembuat template sangat anda butuhkan. Memang, bisa saja kamu menyelesaikannya dengan mencari sendiri di internet. Namun, lebih baik jika menghubungi pihak pengembang template. Solusi pasti dari masalah anda akan didapatkan, jika mencari solusi diinternet, kamu masih harus coba-coba dulu.

11. Template Tutorial

Untuk mengatur tampilan template sesuai tempilan blog demo, kamu perlu mengikuti instruksi atau tutorial setting template. Template blogspot terkadang memiliki kode sendiri untuk dapat menapilkan beberapa widget. Sehingga kode-kode khusus, maupun widget yang perlu wajib kamu ikuti dari template toturial atau documentation.

12. Template Fitur komentar

Ketika kamu memiliki blog tutorial, tentu saja akan mendapat komentar pertanyaan dari pembaca. Komentar ini dapat kamu hubungkan dengan facebook atau disqus, keduanya bagus. Hanya saja blog akan mengalami sedikit beban saat memuat komentar banyak. Pilih salah satu saja, apakah template dengan komentar blogger atau facebook atau disqus.

13. Template Adsense ready/support

Template blog dengan fitur ini layak kamu pertimbangkan, apalagi jika artikel kamu benar-benar unik atau original. Kesempatan untuk memonetize dengan google adsense blog sangat lebar. Jika tidak mau ribet pilih blog yang sudah menyediakan slot iklan adsense pada lay outnya.

14. Template ada Nigth mode

Mode gelap-gelapan mulai trending saat ini. Fitur nigth mode memberi kesan tersendiri ketika pembaca membuka blog di tempat kurang cahaya. Fitur ini tidak menjadi prioritas, untuk kemajuan blog anda.

15. Template ada Featured Post

Featured post ini adalah postingan yang kita tampilkan paling atas dari artikel lainnya. Sebagian template blog menyediakan featrued post agar selalu tampil disetiap laman terbuka. Kamu bebas, mau pilih fitur mana.

16. Template Kolom

17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Ada template yang memiliki 3 kolom, kolom kiri sebagai tempat widget iklan, kolom tengah sebagai tempat artikel, dan kolom kanan sebagai tempat widget juga. Namun, template dengan fitur ini pasti terlihat ramai. Jika anda suka melihat tampilan blog yang ramai, silahkan pilih template dengan fitur ini. Namun, sekali lagi, jangan pakai selera anda, gunakan selera pembaca blog anda.

17. Template ada readmore

17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Hampir seluruh template blogspot sudah dilengkapi dengan readmore, fitur ini penting agar ketika pembaca menekan tombol HOME, beberapa judul artikel dengan satu kalimat snippet ditampilkan. Jika template tidak memiliki fitur readmore, pada menu home, artikel akan ditampilkan penuh. Kebayang tidak itu ? Jadi, satu layar komputer hanya ada satu artikel.

18. Template Widget

17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu
Jika anda memiliki banyak artikel sampai ribuan, layak anda pertimbangankan template yang memiliki banyak widget untuk menampikan artikel per kategori. Template semacam ini biasanya template jenis magazine. Untuk blog personal, sebaiknya jangan menggunakan widget lebih dari dua (2). Widget yang banyak pada template personal akan mengganggu pembaca.

Wah! Akhirnya artikel ini selesai juga, saya membuat artikel 17+ Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu ini tanpa jeda lho. Okelah, semoga saja tips yang kami bagikan ini menjadi inspirasi bagi anda dalam memilih template yang sesuai kebutuhan blog kamu.

1 comment for "17+ Tips Memilih Template Blog Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu"

  1. Yang jelas memilih template blog itu memang gampang-gampang susah mas, hubunganya dengan selera hehe

    ReplyDelete