Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat dan Memasang Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog

Cara Membuat dan Memasang Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog

Membuat Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog - Artikel akan lebih menarik ketika kita memasang gambar sendiri pada postingan blog. Gambar ini akan membuat orang menjadi betah membaca artikel. Memang, ukuran betah ini tidak begitu terasa, dan mungkin tidak terlintas di pikiran pembaca, ketika ia menemukan artikel yang sudah dilengkapi gambar sendiri.
Namun, ketika pembaca menemukan artikel tanpa gambar pemanis disisipkan. Ha..! Baru kita mengerti dan merasa ada yang kurang pada artikel tersebut. Gimana, ya rasanya.. kaya masin-masin gitu kali. Pendapat ini terpulang kepada pembaca. Ada yang segera menutup tab browser, iya.. tidak sedikit yang tetap membaca.

Pembaca yang betah dengan artikel tanpa memasang gambar di tengah-tengan atau atas postingan, hanya beberapa saja, mereka memiliki prinsip, apalah arti gambar, yang penting adalah ilmunya. Jarang-jarang ada orang yang memiliki prinsip seperti ini.

Pada teknik menulis SEO, banyak point-poin yang perlu kita ikuti agar artikel menjadi ramah mesin pencari. salah satunya adalah wajib membuat gambar feature disetiap artikel yang kita buat. Saya tidak tahu, kenapa gambar ini menjadi syarat wajib dalam menulis sebuah artikel.
Coba anda perhatikan gambar diatas, itu adalah gambar feature dari artikel blog. Kita dapat membedakan gambar yang hanya didownload dari internet saja, langsung diposting dengan membuat sendiri.

Cara Membuat Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog menggunakan Powerpoint

Alat pertama yang mau saya perkenalkan adalah membuat gambar artikel blog menggunakan aplikasi powerpoint miliknya Ms. Office. Aplikasi ini sudah dibekali fitur eksport to picture [png atau jpg]. Anda tinggal susun rangkaian kata, gambar dan hiasan pada lembar kerja powerpoin. Berikut langkah lengkapnya:
1. buka aplikasi power poin, pada langkah ini, sama seperti langkah kita akan melakukan presentasi menggunakannya. Double klik pada icon, lalu tunggu hingga aplikasi terbuka penuh.

2. Pilih halaman baru polos, atau warna putih. Karena pilihan yang ada hanya warni ini yang lembar polos. Kita tidak memerlukan lembar yang sudah ada template menyisipkan video atau gambar.

3. Klik tab bar "Design", pada langkah ini kita akan mengubah format ukuran kertas kerja powerpoin, dan mengganti warnanya.

4. Pilih slide size, kita akan mengubah ukuran gambar menjadi 4;3. Ukuran lembar kerja akan menjadi lebih kecil.

5. Pilih "format background", untuk mengubah warna sesuai selera kita, pada kali ini saya memilih warna kuning agak orange.

6. Cari gambar yang terkait tema artikel yang kita buat, boleh dari internet atau pun koleksi pribadi. Lalu copy paste di halaman kerja powerpoin ini.

7. Untuk menambahkan gambar ke halaman kerja, klik insert - pictures - pilih gambar - OKE.

8. Setelah gambar ditambahkan, kita sudah punya bentuk seperti gambar dibawah ini. 

9. Menghilangkan warna putih (background) gambar yang baru saja di tambahkan. Klik tab Format - Color - Set Transparansi Color. Maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

10. Menambahkan kata atau judul tulisan pada gambar. Silahka klik - Insert - Teks box - tambahkah teks anda.

11. Eksport menjadi gambar, klik save as - browse folder - pilih save as type - PNG lalu oke.

Sekarang membuat gambar sediri untuk artikel blog sudah jadi. Saat nya anda memasang gambar sendiri ini kedalam artikel yang anda buat.

Cara Membuat Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog menggunakan FastStone Capture

Cara Membuat dan Memasang Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog


Cara berikutnya adalah Membuat dan Memasang Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog menggunakan fastStone Capture. Aplikasi ini adalah penangkap layar dan mengubahnya menjadi gambar. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dalam membuat gambar sendiri.

1. Buka aplikasi fastStone capture, dengan cara klik iconnya.

2. klik ikon "Open file in editor "

3. Pilih new atau gunakan shortcut Ctrl + N

4. Pilih unit : pixel

5. Atur width x Height ; 640 x 360

6. Pilih color untuk memilih warna sesuai selera

7. Klik oke

8. Lebar kerja membuat gambar sudah terbuka

9. Untuk menyimpan gambar yang sudah kita edit atau buat, klik save atau gunakan shortcut Ctrl + S

10. Buat atau ganti nama gambar

11. Pilih jenis gambar, PNG atau JPG

Sekarang gambar sendiri untuk artikel blog anda sudah jadi.

Post a Comment for "Cara Membuat dan Memasang Gambar Sendiri Untuk Artikel Blog"