Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563

Cara menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563 kali ini saya jelaskan sedetail mungkin. Berbagai sudut pandang fitur dan spesifikasi juga saya akan coba sampaikan. Tujuan dari artikel ini tidak lain adalah membuat penerangan menggunakan tachometer laser besutan Krisbow.

Spesifikasi Tachometer Laser Krisbow KW06-533

Sama seperti gadget lainnya tachometer ini juga memiliki spesifikasi yang lumayan bagus. Dengan demikian, pihak produsen mengharapkan agar produk ini dapat diterima masyarakat. Dan harapan penjualan yang laris manis dapat tercapai.
Cara Menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563
Secara singkat tachometer ini memiliki spesifikasi sangat lengkap untuk sebuah alat ukur putaran. Berbagai satuan putaran dapat anda pilih, mulai dari RPM, M/M, HZ, I/M, F/M, dan Y/M. Meski kalian lihat satuan itu memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun tujuannya sama juga, untuk menunjukan putaran

Product NameDIGITAL CONTACT/ NON CONTACT TACHOMETER
Dimension Unit18 X 11.5 X 5.5 CM
BenefitMEASURE RPM WITH CONTACT OR NON CONTACT METHOD IN 1 METER
Features
  • Wide measurement range and high resolution
  • 40 readings memories,
  • Built-in laser pointer,
  • 5 digits LCD display
  • Specification
  • KW0600563,
  • Contact / Non Contact Digital Tachometer,
  • Contact Test Range (rpm) 2 to 20,000,
  • Non-contact Test Range (rpm) 2 to 99999,
  • Tot Test Range (rpm) 1 to 99999,
  • Accuracy +/-(0.05 % + 1 digit),
  • Resolution (rpm) 0.1 (2 to 9999.9),
  • 1 (over 10000 ),
  • Sampling Time 0.5 sec. (over 120 rpm),
  • Detecting D istan ce (mm) 50 to 500,
  • Time Base Quartz crystal,
  • Power Consumpt i on (mA) Approx. 45,
  • Battery (V) 9,
  • Size (HxWxD) (mm) 160 x 6 0 x 42,
  • Weight (g) 160
  • Working Distance50 TO 500 MM
    Contact Non-Contact
  • CONTACT TEST RANGE (RPM) 2 TO 20,000,
  • NON-CONTACT TEST RANGE (RPM) 2 TO 99,999
  • TOTAL TEST RA
  • Display5 DIGITS
    Accuracy+/-(0.05% + 1 digit)

    Fitur Tachometer Laser Krisbow KW06-533

    Pihak produsen mengklaim bahwa alat ini memiliki banyak fitur yang disematkan. Alat ini dapat menampilkan ukuran hingga angka 99.999 pada layarnya. Saat anda mengukur putaran mesin bubut, gerinda, atau engine masih dapat menggunakan alat ini. Namun untuk mengukur putaran turbin gas dari pesawat, kemungkinan tidak dapat menggunakan alat ini.

    Pada tachometer laser Krisbow KW06-533 dilengkapi memori yang dapat menyimpan data pengukuran hingga 40 data. Jadi, jangan khawatir anda tidak akan kehilangan data pengukuran. Ketika hasil pengukuran sudah tampil, jangan lupa untuk save hasilnya.

    Fitur built-in laser pointer juga dapat anda temukan pada alat ini. Pointer ini berbentuk sinar laser yang dapat anda gunakan untuk mengukur tanpa kontak. Hal baiknya dari fitur yang satu ini membantu anda jauh dari bahaya putaran saat mengukur. Saya lebih cenderung menggunakan fitur ini dalam pekerjaan saya.

    Peringatan Penggunaan Tachometer Laser Krisbow KW06-533

    Peralatan elektronik yang satu ini wajib kita perhatikan peringatan penggunaannya, terutama pada bagian sinar lasernya. Sinar ini sangat tidak disarankan untuk dilihat. Bahaya yang akan ditimbulkan dari efek sinar laser sangat tidak baik pada mata.
    Jauhkan peralatan Tachometer Laser Krisbow ini dari air. Jika tidak air akan merusak rangkaian eletronik dari alat otomotif yang satu ini. Layar tahcometer laser Krisbow KW06-533 ini juga sangat sensitif terhadap air. Saat air masuk kedalam display, layar akan hitam dan tidak dapat menampilkan angka ukuran.

    Cara Menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-533

    Cara menggunakan tachometer Laser Krisbow KW06-533 sangat simpel. Pada gadget ini hanya dilengkapi tiga (3) buah tombol. Dimana, ketiga tombol ini yang kita gunakan untuk mengoperasikan alat ini.

    Setiap produk eletronik akan dilengkapi instruksi penggunaanya pada kotak pembelian. Kertas instruksi ini harus disimpan, siapa tahu setelah lama tidak mengoperasikan alat otomotif ini, anda lupa caranya. Anda tinggal melihat kembali kertas ini untuk mengikuti prosedur penggunaan alat yang benar dan sesuai instruksi produsen.

    1. Menghidupkan

    Dalam menghidupkan alat otomotif yang satu ini cukup gampang. Sebelum menghidupkan alat, pastikan baterai atau sumber tenaga sudah terpasang pada tacometer laser krisbow ini. Pada bodi depan alat sudah disediakan tombol "MEAS" untuk anda tekan. Tekan tombol ini, alat akan aktif terlihat dari layar yang hidup dan menampilkan MENU awal. Tidak ada tombol ON atau OFF akan anda temukan pada alat ini.

    Setelah alat hidup, tentu akan kita gunakan. Namun, bagaimana mematikan alat ini jika sudah tidak kita gunakan lagi. Caranya cukup mudah, anda tidak perlu melakukan tindakan apa-apa. Cukup diamkan alat beberapa detik, sistem akan mematikan alat dengan otomatis. Waktu yang diperlukan alat untuk padam biasanya 3 sampai 5 detik. Tanda alat tidak aktif atau mati adalah layar penampil padam.

    2. Fungsi Menu (Tombol)

    Agar lebih jelas mengenai tachometer laser krisbow ini, saya akan jelaskan kembali fungsi dari tombol-tombol yang tersedia. Pemikiran saya ketika melihat barang atau alat baru yang belum saya kenal adalah mengidentifikasi apa saja yang ada pada body alat, mulai dari tulisan (keteranga), tombol yang kelihatan, tombol yang tersembunyi hingga lubang yang ada. Dari semua ini kita akan dapat membuat sebuah spekulasi, baik itu cara menggunakan alat, fungsi alat, ataupun peringatan bahaya alat.

    a. Tombol "MEAS"

    Tachometer Krisbow KW06-563 ini memiliki 3 buah tombol, salah satunya ada tombol MEAS. Tombol ini memiliki dua (2) fungsi, yang pertama adalah untuk mengaktifkan alat. Dengan kata lain, tombol ini berperan sebagai tombol ON. Kemudian fungsi yang kedua adalah mengukur (meas). Ketika pengukuran putaran anda lakukan, anda harus menekan tombol "MEAS" agar operasi terjadi.

    b. Tombol "MEM"

    Tombol lainya yang ada pada alat ini adalah "MEM". Tombol ini memiliki fungsi satu aja, yaitu SELECT. Tombol yang satu ini dapat kita lihat responnya ketika alat sudah hidup (aktif). Saat anda menekan tombol MEM ini, anda akan dibawa ke MENU RPM. Lalu jika ditekan lagi, menu MAX, MIN, AVG akan bergantian muncul. Silahkan select menu AVG saja untuk mengukur.

    c. Tombol "MODE"

    Lalu ada satu lagi tombol pada alat ini, yaitu tombol MODE. Tombol yang satu ini tidak banyak fungsi. Jika anda tekan tombol ini, pilihan RPM, M/M, HZ, I/M, F/M, dan Y/M akan muncul pada bagian atas layar alat. Biasanya saya cukup menggunakan fitur RPM saja. Arti dari menu RPM adalah mengukur putaran dengan satuan randemen per minute.

    3. Mengukur RPM

    Oke, sekarang kita sudah sampai pada bagian instruksi menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563. Pada kesempatan ini saya menyampaikan mengukur putaran dengan non contact. Sehingga pada test non-contact ini, anda tidak perlu merakit kit alat diberikan. Simpan saja kit alat ini dulu, nanti kita akan perlukan.
    Cara Menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563

    a. Tekan tombol MEAS untuk mengaktifkan layar display alat. Anda akan melihat angka 0.0 setelah menekan tombol ini.

    b. Jika anda akan mengukur putaran dengan satuan RPM, silahkan tekan tombol MEM beberapa kali hingga menu AVG pada bagian bawah layar muncul. Namun, kalau anda akan mengukur putaran menggunakan satuan lainnya, silahkan tekan tombol MODE beberapa kali hingga menu M/M, HZ, I/M, F/M, dan Y/M yang anda inginkan muncul.

    c. Setelah itu alat sudah siap untuk anda gunakan mengukur putaran. Silahkan tekan tombol MEAS sinar pointer akan muncul.

    d. Arahkan sinar pointer ini kebagian tanda yang diukur. Kertas penanda ada dilengkapi pada saat membeli alat.

    e. Tunggu beberapa saat, layar akan membaca jumlah putaran dan menampilkanya pada layar. Jumlah putaran yang ditampilkan ini adalah rata-rata, ini terjadi pada benda yang berputar tidak stabil.

    Pembahasan cara menggunakan tachometer laser krisbow KW06-563 sudah kita lakukan. Kami tidak menjamin kesamaan yang persisi antara alat yang anda miliki dengan milik saya pada artikel ini. Beberapa perbedaan letak menu atau tampilan bisa saja ada.

    Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan ini, cukup perhatikan saja tulisan menu yang ada pada layar alat anda dan sesuaikan dengan instruksi yang ada pada artikel ini. Pada prinsipnya, tachometer laser memiliki fitur yang mirip bahkan sama. Kemungkinan yang berbeda adalah tempat menu-menu ini fitur alat masing-masing.

    Demikian pembahasan kita mengenai cara mengoperasikan tachometer laser Krisbow KW06-563 kali ini. Lebih dan kurang pada tulisan saya ini, saya mohon kritik dan saran dari pembaca blog autominilab.com, agar perbaikan yang lebih relevan dapat kami lakukan. Dan jangan lupa BERLANGGANAN VIA EMAIL juga, iya. Agar anda menjadi yang pertama menerima artikel dari kami. Terimakasih.

    Post a Comment for "Cara Menggunakan Tachometer Laser Krisbow KW06-563"