Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Ragam Pakaian Adat Jawa Barat yang Harus Kamu Tahu

Saya yakin bahwa berbagai pakaian tradisional adat Jawa Barat yang harus Anda ketahui - 2021. Bumi Pasundan tidak hanya terkenal  karena panorama alami yang menakjubkan. Area yang didominasi oleh pegunungan dan bukit juga dikenal memiliki berbagai adat dan budaya. Salah satu budaya Bumi Jawa Barat yang masih sering dipenuhi adalah pakaian tradisional.

Ini Ragam Pakaian Adat Jawa Barat yang Harus Kamu Tahu

Di masa lalu, penggunaan pakaian tradisional Sunda disesuaikan dengan status sosial pengguna. Berikut adalah beberapa variasi pakaian tradisional Jawa Barat berdasarkan status sosial pemakainya yang dapat meningkatkan pengetahuan Anda.

1. Baju adat Jawa Barat untuk bangsawan

Sama dengan kelas menengah, para bangsawan juga menggunakan Bendo sebagai dekorasi kepala. Bos dari pakaian tradisional bangsawan dalam bentuk pejuang velp hitam yang tepi dan ujung lengannya disulam dengan benang emas.

Bagian bawah dalam bentuk celana hitam, motif kain batik dari renggeng parang rusak, sabuk emas (benten), dan sandal hitam. Untuk wanita bangsawan, pakaian tradisional terdiri dari kebaya perut hitam dengan bordir benang emas, kain bahaya motif rengeng, dan manik-manik sledu hitam.

Ini Ragam Pakaian Adat Jawa Barat yang Harus Kamu Tahu
pakaian traditional sunda jawa barat
Untuk pelengkap baju adat bangsawan ini biasanya mereka menggunakan kondis, pin, dan perhiasan dari emas dalam berlian. Aksesoris ini akan membuat tampilan semakin sempurna.

2. Baju adat Jawa Barat untuk kaum menengah

Pakaian tradisional Sunda untuk pria dari medium terdiri dari pakaian mewarnai putih dan dilengkapi dengan arloji rantai emas yang dimasukkan ke dalam saku. White menunjukkan status sosial pengguna yang sebagian besar adalah pedagang dan pedagang.

Ini Ragam Pakaian Adat Jawa Barat yang Harus Kamu Tahu
Pakaian adat bedahan dengan bendo, dan kebaya

Untuk bagian bawah pakaian tradisional ini dilengkapi dengan kain batik, sabuk (beber), dan kayu tanber untuk alas kaki. Kepalanya ada dalam bentuk penutup kepala dari batik (Bendo). Adapun pakaian wanita hampir sama dengan pakaian untuk orang biasa.

Perbedaannya adalah bahwa wanita kelas menengah tidak menggunakan kamisol. Kebaya yang dikenakan bervariasi, dilengkapi dengan syal yang merupakan pola dan warna cocok dengan kain batik bawahan. Sebagai penanda status sosial, wanita Sunda kelas menengah menggunakan perhiasan dari emas atau perak dan alas kaki dalam bentuk sandal.

3. Pakaian adat Jawa Barat untuk rakyat jelata

Pakaian tradisional Jawa Barat untuk orang-orang biasa memang sangat sederhana. Untuk pakaian pria, baju tradisional ini terdiri dari celana lebar dengan panjang yang buruk atau umumnya dikenal sebagai Calana Comrtang, dan bos bernama Salontreng.

pakaian adat sunda rakyat jelata
Pakaian Adat salontreng, logen, dan kebaya

Salontreng adalah blaus yang mudah tanpa kancing. Gaun adat ini biasanya dilengkapi dengan sarung yang tertutup di bahu, ikat kepala dari kain batik yang disebut logen, dan penyumbat kayu sebagai selipar atau kasut.

Untuk pakaian khusus wanita yang terdiri daripada kebaya, kain batik panjang untuk bawahan atau yang biasa dipanggil bundle Sinjang, tali pinggang atau beubeur, dan Wamisol. Sebagai perhiasan, baju adat Jawa wanita Barat dari kalangan orang ramai dilengkapi dengan selendang batik.

Yah, itu beberapa dari berbagai pakaian tradisional Jawa Barat yang harus Anda ketahui untuk meningkatkan pengetahuan tentang budaya Indonesia, terutama tentang pakaian tradisional Jawa Barat. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jika Anda ingin melihat pakaian tradisional dari 34 provinsi di Indonesia, Anda dapat mengunjungi pakaian tradisional Indonesia

Post a Comment for "Ini Ragam Pakaian Adat Jawa Barat yang Harus Kamu Tahu"