Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A CT Serta Simetris Sederhana

Pak Galingging - Listrik Elektronika Otomotif

Rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A - Sulit sekali menemukan artikel yang satu ini, itu yang membuat pembaca blog labtech mapir ke sini. Kami senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A CT Serta Simetris Sederhana, kami dan tim lain menulis artikel ini dengan baik untuk anda baca dan praktekkan.

Seberapa lengkap tulisan kami ini jabarkan kepada anda, semoga saja tidak terdapat kekeliruan. Tim kami sudah mengumpulkan informasi Rangkaian Power Supply Regulator dari berbagai sumber terpercaya.

Namun begitu, jika menurut anda masih kurang lengkap, boleh mencarinya di artikel lainnya. Mari kita bahas, dan selamat menambah berkreasi tanpa batas.

Regulator Power Supply atau Pencatu daya 12V adalah rangkaian yang berfungsi menyuplai tegangan pada piranti elektronik dengan output 12V DC menggunakan IC 7812.

Pada Artikel ini akan dijelaskan Rangkaian Power Supply dengan output 12V 3A, menurut kami, kapasitas arus ini sudah lebih dari cukup untuk pekerjaan teknisi sehari-hari.

Perangkat elektronik secara umum memiliki spesifikasi yang berbeda satu dengan lainya dengan catatan masih serupa, tergantung pada fungsi dan penerapannya.

Dengan output arus kurang dari 3 Ampere sebenarnya sudah memadai untuk menjalankan Rangkaian Motor DC daya kecil, lampu Light Emitting Diode atau LED, dan juga beberapa channel relay. Akan tetapi kebutuhan mengharuskan arus yang lebih besar pada beberapa rangkaian.

Untuk mengatasi ini adalah dengan cara menambahkan Transistor dengan konfigurasi Emittor Follower. Konfigurasi ini memiliki nama lain juga pengikut emitor. Transistor yang digunakan pada rangkaian tersebut adalah tipe TIP41 yang mempunyai Maximum current collector lebih dari 3A.

Transistor jenis TIP41 merupakan NPN yang biasanya disebut transistor driver. TIP41 memiliki Komplemen atau dapat disubstitusi dengan transistor yaitu TIP42 jenis PNP. Sekilas secara fisik kedua transistor ini terlihat mirip dengan IC 7812.

Kedua transistor TIP ini akan banyak ditemui pada rangkaian Driver motor maupun rangkaian Amplifier OCL pada Sound system.

Berikut ini kami kami buatkan tiga jenis skema rangkaian power supply regulator dengan output stabil 12V dan arus maksimal 3 A sederhana. Ketiga jenis rangkaian ini memiliki kelebihan masing-masing yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.


1. Rangkaian Power Supply 12V 3A Simetris

Rangkaian Power Supply 12V 3A Simetris sangat kami sarankan anda gunakan sebagai catu daya kegiatan reparasi anda. Rangkaian ini memiliki kelebihan yang signifikan dibanding dua rangkaian berikutnya.


2. Rangkaian Power Supply 12V 3A Trafo Biasa/Engkel

Rangkaian ini memiliki kelebihan pada kemurnian arus yang dikelolanya. Kita mulai dari AC INPUT sebagai arus masukan ke trafo biasa. Kemudian arus dan tegangan diturunkan oleh trafo sebesar spesifikasinya. Lalu arus dan tegangan ini disearahkan oleh dioda dengan gelombang penuh.


3. Rangkaian Power Supply 12V 3A Trafo CT

Perbedaan Rangkaian Power Supply 12V 3A Trafo CT dengan Power Supply 12V 3A Trafo Biasa/Engkel hanya pada jenis trafo yang digunakan. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar 2 dan 3 khusunya pada bagian AC INPUT.

Sebagai akibatnya, letak dioda penyearah menjadi berbeda pada kedua rangkaian. Dimana pada rangkaian biasa terdapat 4 buah dioda, sementara pada rangkaian CT hanya 2 buah dioda. Dari sini dapat lihat bahwa rangkaian biasa memerlukan lebih banyak komponen.

Cara Kerja Rangkaian

Sekarang kita bahas, bagaimana cara kerja rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A CT Serta Simetris Sederhana ini. Dengan begitu, anda akan lebih dapat mengerti fungsi dari setiap komponen yang dirangkian pada catu daya ini.

No Cara Kerja
1 Tegangan Input AC 220V akan diturunkan menggunakan Transformator menjadi sekitar 15V AC. Output yang dihasilkan masih AC sinusoidal.
2 Tegangan Output 15V AC sinusoidal kemudian disearahkan kembali menggunakan dioda. Hasil output adalah gelombang DC dengan Riak (Ripple) yang besar.
3 Keluaran gelombang ripple ini akan dihaluskan oleh Kapasitor Elco 3300uF dan 100nF sehingga outputnya adalah Tegangan DC murni namun tidak stabil.
4 Tegangan DC ini harus di stabilkan, karena itu IC 7812 yang diparallel dengan sebuah kapasitor 100uF. Output kaki 3 IC terhubung pada Kaki Basis Transistor berperan disini.
5 Dioda pada kaki 2 IC berperan sebagai penambah tegangan output sebesar 0,6 V sehingga tegangan output adalah 12,6 V.
6 Ketika Transistor jenuh, akan terjadi kondisi tegangan output pada emitor akan sama dengan kaki basis namun berkurang 0,6V sehingga output kembali menjadi 12V DC dan arus maksimum 3A.

Penutup

Sekian uraian artikel Rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A CT Serta Simetris Sederhana kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog Labtech. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus.

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan power supply Regulator 12V 3A CT sederhana ini, kami menunggu komentar dan saran pembaca sekalian.

Editor : Labtech | Sumber : Andalanelektro

Post a Comment for "Skema Rangkaian Power Supply Regulator 12V 3A CT Serta Simetris Sederhana"