Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hina Palestina di TikTok Petugas Kebersihan Jadi Tersangka

Hina Palestina di TikTok, Petugas Kebersihan Jadi Tersangka
HL Dari video TikTok

Bintan, Autominilab -- Saat ini Polisi melakukan penahanan seorang petugas kebersihan berinisial HL (23), dimana ia mengunggah konten bernuansa penghinaan terhadap Palestina di media sosial TikTok.

Dalam keadaan ini, HL mengunggah sebuah konten sosmed di aplikasi TikTok dengan musik latar pengiring yang dinilainya mengandung ujaran tak pantas. Hal ini kemudian meresahkan masyarakat.

Begini kata kepolisian, "Betul sudah jadi tersangka, kasus ujaran kebencian. Kasus tersebut telah dilimpahkan ke Ditkrimsus Polda NTB. Kemarin pihaknya telah melakukan penahanan," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto saat dihubungi CNNIndonesia, Senin (17/5).

Delik hukum yang akan dikenakan terhadap HL adalah pelanggaran Pasal 28 ayat 2 jo 45a (2) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) mengenai ujaran kebencian terkait SARA. "Ancaman 6 tahun [penjara]," tutupnya.

Kombes Artanto menerangkan bahwa HL pun telah ditahan oleh penyidik untuk masa 20 hari pertama di Mapolda NTB.

Sementara HL sendiri sebelumnya telah ditangkap oleh Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Gerung pada Sabtu (15/5) lalu. kemudian, dia dibawa ke Polres Lombok Barat untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Selama keterangan terpisah, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S Wibowo mengatakan bahwa konten sosmed tersebut dibuat HL pada Sabtu (15/5) sekitar pukul 07.00 WITA.

Dikonfirmasi, "Konten tersebut dibuat oleh pelaku dan di unggah melalui HP Pribadinya, menurut pengakuan Pelaku motif dibuat konten tersebut untuk iseng mengisi waktu luang," ucap Bagus.

Karena itu, Bagus pun meminta agar warga masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar. Kata dia, kasus tersebut sudah ditangani sehingga situasi di Lombok Barat menjadi kondusif.

Adanya konten yang dinilai bermasalah itu ialah saat HL mengunggah video berdurasi sekitar 13 detik di TikTok. Pada video tersebut, Dia pun kemudian memaki Palestina dengan sejumlah kata kotor.

Beberapa kata-kata itu diantaranya, bahkan menghasut agar dilakukan pembantaian terhadap Palestina.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210517132052-12-643272/hina-palestina-di-tiktok-petugas-kebersihan-jadi-tersangka