Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Skema Rangkaian Rancang bangun robot Line Follower Analog

Skema Rangkaian Rancang bangun robot Line Follower Analog
Rancang bangun robot Robot line follower analog, berhasil dibuat
Rancang bangun robot Line Follower analog beserta skema dan gambar ini sudah pernah diterapkan dan berhasil. Karena alasan inilah kami berbagi ilmu kepada anda pecinta robot line follower analog. Demi kemajuan dan masa depan robot ditanah air ini.

Salah Satu robot sederhana yang ditujukan untuk tingkat pemula adalah Robot follower line analog. Robot-robot ini dibuat oleh siswa dan siswa yang baru saja mengenal robot. Tutorial tentang cara membuat robot ini sederhana, tetapi sirkuit di dalam telah mewakili setiap bagian dan fungsi dasar robot. Selain itu, komponen yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di toko elektronik terdekat.

Sangat langka artikel seperti ini di internet, keberuntungan sedang berpihak kepada anda yang menenukan artikel kami ini. Kesempatan kali ini, kami akan rancang bangun sebuah robot line follower analog. Skema rangkaian robot merupakan koleksi kami, dan dibagikan di blog autominilab.com saat ini.

Berikut penjelasan selengkapnya tentang skema dan Cara kerja robot dapat dilihat pada uraian dibawah ini. Silahkan disimak dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. hehe.. saya bercanda.

Rangkaian Robot Line Follower analog, Skema dan penjelasan prinsip kerja

Skema rangkaian Robot line follower ini sangat sederhana dan mudah diterapkan. Hanya menggunakan 4 buah sensor dan IC LM324 sebagai controller. Selain itu, Relay juga digunakan sebagai driver motor DC nya, relay ini yang akan memutus dan menghubungkan arus "besar" ke motor DC.

Skema rangkaian robot Line Follower Analog

Daftar komponen yang digunakan pada robot ini bersifat general dan relatif mudah didapat di toko komponen elektronika. Beriktu daftar komponen yang kita butuhkan membuat robot, silahkan dilihat pada tabel dibawah berikut:

Tata letak dan desain PCB
Ketika anda input skema rangkaian yang kami berikan diatas, pada software Eagle anda akan memperoleh layout seperti dibawah ini. Gunakan aplikasi ini untuk mempermudah peletakan komponen pada area yang kita inginkan.

Anda bisa melakukan Printed Circuit Board (PCB) dan tata letak dapat dibuat sesuai keinginan dan menggunakan aplikasi pembuat PCB seperti EAGLE, Diptrace, dan Altium. Namun, jika tidak tersedia, dapat dilakukan secara manual.

Bagian Mekanik
Bagian mekanik dapat anda buat dari berbagai bahan yang tersedia ataupun sesuai keinginan. Dengan mencarinya di toko spare part yang ada. Rangkaian dan skema robot line follower ini telah kami terapkan dan buatkan prototipenya. Dengan kata lain, rangkaian ini telah teruji dan dibuat secara massal. Dengan begitu, anda tidak perlu ragu untuk mencoba. Silahkan berkreasi tanpa batas.

Tampak dari atas

Letak komponen
Bagian ini terdapat diatas dari robot yang kita buat. IC 324 sangat jelas terlihat pada bagian tengah. Kemudian lampu LED warna hijau ada 4 buah. Dioda 1 Ampre ada 4 buah, masing-masing dua dibagian kiri dan kanan IC.

Letak sensor
Part ini terdapat pada bagian bawah, ini yang akan mendeteksi line. Hasil deteksi akan dikirim ke controller agar dapat mengarahkan robot tetap pada jalur. Motor DC akan diaktifkan bergantian untuk meluruskan robot tetap pada jalur.

Uraian Skema Rangkaian Rancang bangun robot Line Follower Analog ini kami buat berdasarkan pengalaman kami. Akan banyak rintangan-rintangan kecil yang dihadapi saat membuat robot ini. Saya yakin anda dapat mengatasinya.

Selamat berkreasi tanpa lelah. Jerih payah akan terbayar ketika semua masalah dapat anda atasi saat membuat robot line follwer analog ini. Tetap semangat.

Post a Comment for "Skema Rangkaian Rancang bangun robot Line Follower Analog"