Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Deretan Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari, Awas

Awas, Inilah Deretan Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari. Dalam membuat sebuah blog, tentu ada aturan atau teknis tertentu agar pembuatan serta perkembangan blog dapat menjadi baik. Namun, mengelola sebuah blog tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali didapatkan kesalahan blogger pemula sehingga membuat blognya susah untuk berkembang bahkan stag di situ-situ saja.

4 Deretan Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari, Awas

Deretan Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari

Kesahalan blogger pemula yang sering terjadi tentunya tidak boleh untuk diulangi kembali. Itulah sebabnya dalam artikel ini merangkum apa saja sih kesalahan-kesalahan yang selalu dilakukan oleh blogger pemula sehingga membuat blog atau akun mereka tidak berkembang dan mendatangkan keuntungan. Penasaran seperti apa? Simak terus artikelnya sampai habis.

1. Semata-mata Mengejar Pendapatan

Tak dapat dipungkiri, memang membuat blog dapat mendatangkan uang. Namun, jika seorang blogger pemula bertujuan untuk membuat blog hanya mengejar pendapatan, maka itu akan salah. Sebab, mendatangkan pendapatan dalam menulis blog itu tidaklah mudah. Anda perlu waktu yang lama dan konsisten untuk mendatangkan pendapatan dari aktivitas blog.

Bagi seorang blogger yang hanya mengharapkan pendapatan dalam menulis blog, maka pasti akan berhenti di tengah jalan karena tujuan tersebut sukar untuk dicapai. Menulis di blog haruslah berdasarkan kecintaan dalam dunia kepenulisan. Mendapatkan pendapat dari sebuah blog memang bagus, namun yang paling penting adalah seberapa konsistennya kita dalam menulis itulah yang mempengaruhi keberhasilan.

2. Tidak Memiliki Komunitas

Kesalahan blogger pemula selanjutnya adalah tidak memiliki atau tidak mau bergabung dalam komunitas. Ingatlah, bahwa menjadi seorang blogger membutuhkan dukungan orang-orang yang berkompeten dan berpengalaman. Jika malas untuk mengikuti sebuah komunitas maka dapat dipastikan ilmu blogger hanya seputar itu-itu saja. Dampaknya? Blog akan semakin sulit berkembang di tengah persaingan blog yang pesat.

3. Hanya Sekadar Menulis, Tidak Ingin Lakukan Riset

Menulis memang merupakan aktivitas yang terbilang privasi dan harus sepadan dengan hati kita. Namun, dalam dunia blog itu lain cerita. Jika ingin blog Anda disukai banyak pembaca dan mendatangkan pendapatan, maka Anda harus mengerti kebutuhan pembaca dengan banyak melakukan riset kata kunci. Kata kunci atau keywoard dapat mempermudah Anda untuk membaca apa saja kebutuhan masyarakat yang sedang dicari.

4. Sering Gonta-Ganti Tema

Inilah kesalahan blogger pemula yang paling sering ditemukan. Mempercantik penampilan website atau blog memang sesuatu yang tak boleh dilupakan. Namun, jangan sampai Anda terlena dan sibuk dengan penampilan saja sehingga lupa akan isinya. Fokuslah pada isi atau konten blog daripada penampilan. Jika Anda sering ganti penampilan blog maka bisa jadi konten yang Anda buat tidak sesuai dengan tampilan yang ada. Ini juga akan membuat pembaca menjadi bingung loh.

5. Plagiat

Kesalahan blogger pemula selanjutnya yakni melakukan tindakan plagiarism tulisan dari artikel lain. Perlu diketahui, dalam dunia kreatif, plagiat adalah sebuah tindakan kriminal. Hal ini sangat dilarang dalam membuat karya. Tidak ada gunanya sebuah konten bagus jika dihasilkan dari proses copy dan paste karya orang lain. Bahkan, seorang yang melakukan tindakan plagiaris bisa dituntut hukuman.

Untuk Anda yang terjun ke dunia kepenulisan, maka usahakan untuk membuat konten yang original. Jika memang hendak mencari referensi dari artikel lain, maka wajib untuk melakukan paraphrase dan menuliskan sumber referensi sesuai dengan aturan. Ya, ini memang terbilang sulit, tapi inilah konsekuensi yang wajib diterima.

Demikianlah sederet kesalahan blogger pemula yang paling sering dilakukan. Oleh karena itu, bagi Anda yang mau terjun dalam dunia blog, maka wajib memperhatikan kelima poin di atas.

Post a Comment for "5 Deretan Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari, Awas"