Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tahapan Membuat Blog Profesional untuk Pemula

Apakah Anda sedang mencari tutorial membuat blog professional untuk pemula? Membuat blog sangat mudah dan manfaat yang diberikan pun sangat banyak. Melalui blog Anda dapat menghasilkan puluhan atau bahkan jutaan rupiah. Anda juga dapat memasarkan bisnis secara online yang dapat diakses oleh semua orang. Wow keren bukan?

5 Tahapan Membuat Blog Profesional untuk Pemula

Jika Anda tidak memiliki hasrat untuk berbisnis secara online, Anda dapat mengisi blog dengan konten-konten unik dan menarik, seperti kuliner, dan tips-tips yang akan mendapatkan banyak pengunjung. Atau mengikuti beberapa perlombaan untuk blogger yang akan mendapatkan uang jika menang.

Menurutmu apa itu blog?

Web log atau yang sering dikenal dengan Blog merupakan tempat menuangkan ide atau jurnal secara online. Dapat dikatakan blog adalah bagian dari website yang terfokus pada konten berupa artikel. Membuat blog professional untuk pemula membutuhkan dorongan yang kuat dari dalam diri, karena untuk sukses menjadi blogger tentu butuh persiapan.

Mengapa Harus Membuat Blog?

Ada banyak alasan mengapa harus memulai untuk membuat blog, terlebih jika Anda tau bahwa passion yang Anda miliki disini. Beberapa hal yang akan didapatkan dari menulis blog, antara lain:

1. Melatih diri menjadi penulis andal

Kemampuan menulis bukanlah keahlian yang serta-merta didapatkan, semakin sering seseorang menulis, maka kualitas tulisan akan semakin bagus. Berawal dari menulis blog Anda dapat berkontribusi dalam kepenulisan majalah, koran, atau pun buku.

2. Memiliki relasi dengan banyak orang

Dengan blog yang Anda miliki, akan membuatkan memiliki banyak relasi. Baik yang berasal dari sesama blogger atau para pembaca yang selalu aktif menunggu konten Anda. Apalagi jika Anda menggunakannya sebagai bisnis online, tentu akan semakin banyak relasi yang didapatkan.

3. Memori yang tidak akan hilang

Apapun konten yang Anda tulis dalam blog tidak akan hilang, kecuali jika Anda melakukan pelanggaran dengan memposting konten terlarang, maka semua konten akan terhapus.

4. Membangun portofolio

Konten yang Anda tulis dalam blog juga dapat dijadikan portofolio, misalnya Anda memiliki konten tentang bola, resep makanan, kuliner. Maka Anda memiliki portofolio tentang hal tersebut dalam menulis.

5. Sumber penghasilan

Menulis blog akan sangat membantu dalam mengembangkan karir dan bisnis yang Anda miliki. Terlebih dengan jaringan internet yang tersebar luas akan membuat bisnis Anda semakin berkembang, sehingga penghasilan yang tinggi pun akan didapatkan.

5 Langkah Membuat Blog Professional untuk Pemula

Apalagi yang Anda tunggu, mulailah menulis dan raih impianmu! Berikut beberapa langkah yang dapat untuk membuat blog, antara lain:

1. Pilih platform (wordpress atau blogspot)

Langkah pertama adalah memilih plarform, ada dua yang dapat Anda pilih, wordpress atau blogspot. Kedua platform ini tidak berbayar.

Namun saran saya pilihlah wordpress yang berbayar, beberapa alasannya karena Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan sendiri, aman, ada banyak pilihan tema, serta SEO friendly yang lebih akurat.

2. Lakukan provider hosting

Untuk hosting Anda dapat mengunjungi domainesia.com, lalu pilih hosting dan selesaikan prosesnya hingga akhir.

3. Cari nama domain

Hal ini dibutuhkan untuk menentukan alamat dari situs web Anda, buatlah domain yang singkat dan mudah diingat. Pada akhiran domain Anda dapat memilih “.com, .id .org, atau .net,”

4. Password dan username

Masih di domainesia.com, Buatlah username yang simpel dan mudah, kemudian lanjutkan dengan mengisi data diri Anda dan sigh up.

5. Login blog baru

Kunjungi DomainAnda.com/wp-admin, lalu ubah DomainAnda.com dengan domain yang telah Anda tentukan sebelumnya, isi username dan password. Selesai

Membuat blog professional untuk pemula mudah bukan? Silahkan mencobanya!

Post a Comment for "5 Tahapan Membuat Blog Profesional untuk Pemula"