Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Beginilah 4 Cara Menulis Blog yang Menarik Bagi Pemula

Beginilah Cara Menulis Blog yang Menarik Bagi Pemula. Bagi Anda yang suka atau memiliki hobi dalam menulis, tentu saja tidak asing dengan kata Blog. Ya, Blog saat ini menjadi salah satu media populer dalam menuangkan tulisan.

Tak banyak orang yang sukses menjalani kariernya sebagai penulis yang berawal dari Blog, misalnya Raditya Dika. Oleh karenanya, tak jarang orang yang mencari bagaimana cara menulis blog yang menarik terkhusus bagi pemula.

4 Cara Menulis Blog yang Menarik Bagi Pemula

Beginilah 4 Cara Menulis Blog yang Menarik Bagi Pemula

Cara menulis blog yang menarik bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya, bila Anda memang mencintai aktivitas menulis dan ingin terjun di dalamnya. Namun, susahnya adalah dalam penulisan blog tidak hanya sekedar menulis. Tentu memiliki trik-trik khusus agar blog mendapatkan banyak pengunjung. Bahkan, jika blog yang Anda buat menarik, bisa jadi ladang penghasilan, loh!

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara menulis blog yang menarik, silakan untuk menyimak artikel ini sampai habis.

1. Tentukan Konsep Dasar atau Tema Blog

Cara menulis blog yang menarik pertama adalah Anda harus menyusun baik-baik tujuan dari blog Anda dibuat. Anda harus menyusun tema yang tetap pada blog Anda. Sebenarnya hal ini tidak wajib, akan tetapi demi mendapatkan pengunjung yang pasti, Anda harus membidik target pembaca seperti apa. Hampir mirip dengan bisnis. Hal ini agar pembaca lebih mengenali apa sebenarnya jenis blog yang Anda buat.

2. Susun Perencanaan Tulisan

Biasanya, bagi seorang pemula akan antusias menulis blog jika pertama kali memulai. Namun beberapa waktu kedepan, semangat akan luntur dengan berbagai alasan. Alasan yang paling sering muncul adalah karena penulis bingung ingin menulis apa lagi di blog mereka. Oleh karena itu, demi menghindari alasan seperti itu dan membuat Anda berhenti, maka lebih baik untuk menyusun perencanaan tulisan.

Perencanaan tulisan terkait dengan mengatur jadwal postingan Anda dalam blog. Hal ini akan membuat Anda lebih disiplin untuk menulis blog. Selain itu, susunlah sebuah konsep tulisan. Misalnya, pada hari senin, saya mau menulis artikel tentang makanan di pulau Sulawesi, hari rabu makanan di Kalimantan, hari kamis di jawa, dan seterusnya.

Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak terlalu sibuk memikirkan ingin menulis apa ketika berhadapan dengan laptop. Bawalah catatan kecil agar ide yang datang dadakan bisa Anda catat terlebih dahulu.

3. Perhatikan Bentuk Penulisan

Seorang yang menganggap dirinya sebagai seorang penulis belum tentu adalah seorang penulis yang baik. Oleh karena itu, penting kiranya agar Anda sebisa mungkin untuk memperbaiki teknik penulisan Anda. Ingat! Salah peletakan tanda baca seperti koma akan dapat merubah arti sebuah kalimat. Pelajari secara mendalan teknis dasar tentang kepenulisan. Ingatlah bahwa yang akan membaca tulisan Anda bukan diri sendiri, melainkan banyak orang.

4. Tambahkan Gambar

Meskipun Anda berkecimpung dalam dunia tulis menulis, bukan tidak perlu untuk mementingkan sebuah ilustrasi atau gambar. Percayalah, orang Indonesia akan tertarik untuk membaca tulisan Anda jika disertai dengan gambar atau ilustrasi. Otak manusia diproses untuk lebih tertarik terhadap warna dibandingkan huruf tulisan yang monoton.

Anda bisa memakai gambar hasil potretan sendiri atau memanfaatkan situs yang menyediakan ilustrasi gambar, seperti Pixabay, dll. Perlu diingat, jika Anda mengambil gambar dari situs lain, maka penting kiranya untuk memasukkan di mana sumber gambar yang Anda ambil agar terhindar dari tuntutan plagiarism.

Seperti itulah tips tentang bagaimana cara menulis blog yang menarik. Semoga dengan adanya artikel ini Anda lebih paham dan siap dalam menulis konten di blog serta banyak memikat hati para pembaca. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Beginilah 4 Cara Menulis Blog yang Menarik Bagi Pemula"