Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3

Pak Galingging - Ketika anda ingin melakukan pengotrolan proyek arduino menggunakan bluetooth anda memerlukan modul bluetooth HC-05 sebagai komponen. Agar anda bisa berkomunikasi dengan microcontroller arduino tanpa kabel (wireless).
Menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3
Modul bluetooth dan Arduino Uno R3 merupakan dua buah komponen yang independen dan bisa tidak saling memerlukan. Arduino dengan program built-in akan tetap berjalan meski tidak memiliki modul bluetooth. Push button, saklar, atau penghubung lainnya dapat berperan sebagai pengganti HC-05.

Arduino Uno R3

Bagian ini memiliki banyak sekali terminal untuk kita gunakan sebagai INPUT, OUTPUT maupun INTERRUPT. Anda bisa menggunakan semua ini dengan leluasa. Ada hal menarik yang saya temukan pada pembelajaran ini, yaitu: bagian-bagian pada arduino.

Ada beberapa bagian pada arduino yang dapat kita identifikasi, mulai dari POWER, Digital PWM, Analog In, RX TX, SCL SDA, dan lain-lain. Setiap bagian ini memiliki fitur masing-masing yang dapat kita eksplor lebih jauh.

Bluetooth HC 05

Terminal pada Bluetooth HC-05 dapat kita identifikasi dengan mudah. Anda cukup melihat fisik dari modul ini, disana ada dituliskan nama dari tiap terminal. Adapun terminal yang tersedia pada Bluetooth HC 05 adalah:
  1. State
  2. RXD
  3. TXD
  4. GND
  5. VCC
  6. EN
Biasanya kita hanya menggunakan terminal RXD, TXD, GND, dan VCC dalam menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3. Sementara terminal state dan EN tidak kita pakai kali ini.

Bagaimana Menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3? Silahkan kenali dulu terminal GND, 5V, TXD, RXD pada arduino, jika anda sudah menemukan ke-4 terminal ini lanjut menghubungkannya.
Hubungkan terminal RX pada modul bluetooth dengan TX pada Uno R3, terminal RX pada HC-05 dengan TX pada Uno R3, GND arduino ke GND bluetooth, 5V arduino ke VCC bluetooth HC 05. Beres, dah!

CATATAN:
Jika anda berencana upload sketch kedalam arduino, pastikan melepas terminal TX dan RX. Tujuannya, agar proses upload berjalan lancar. Jika tidak, upload akan gagal.

Itulah urutan Menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3. Silahkan ikuti dengan benar, maka antar modul akan terhubung dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Post a Comment for "Menghubungkan Modul Bluetooth HC 05 dengan Arduino Uno R3"