Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Situs Untuk Google Adsense Singkat dan Padat

Banyak orang sudah mengetahui tentang dunia blogging. Beberapa orang pun ingin menguasai bidang ini, dan selain itu pasti akan mempermudah juga bagi mereka yang mempunyai hobi dalam menulis. Mempuyai waktu untuk menulis bukanlah hal yang sia-sia jika mereka bisa dimanfaatkan dengan baik. Sering kali, blogger membuat situs untuk google adsense agar mendapatkan penghasilan.

Bagi para penulis khususnya pemula dalam bidang ini, dengan memperhatikan cara mendapatkan keuntungan dari blogging adalah menggunakan iklan-iklan yang dimiliki oleh google yaitu google adsense. Perlu beberapa tahapan untuk para blogger agar berhasil memasang iklan tersebut pada blog mereka, salah satunya dengan membuat situs untuk google adsense. Simak serta cermati tahapan-tahapannya di bawah ini.

Pertama, sebelum membuat situs untuk google adsense, buatlah akun terlebih dahulu. Lalu kunjungi situs google adsense. Pilih tulisan “sign up” untuk mendaftar. Pastikan, bahwa calon blogger sudah membuat email. Silahkan masukkan email pengguna.

Kemudian, masukkan alamat situs pengguna. Pada kolom URL situs web, tulislah dengan alamat blog pengguna dengan tidak menambahi “http://”. Dengan itu, URL membuat situs untuk google adsense sudah didapatkan.

Terdapat 2 pernyataan tentang permintaan saran Adsense dengan tulisan get out more of Adsense. Keterangan tersebut berisi saran-saran untuk pengoptimalan iklan, dengan maksud agar dapat hasil baik dan bagus. Pembertitahuan ini akan dikirim menggunakan email pada akun Adsense pengguna.

Pilih tulisan “ya, kirimkan saya bantuan dan saran kinerja yang disesuaikan” jika setuju, dan pilihan sebaliknya jika tidak setuju. Selanjutnya, pilih negara saat ini untuk melengkapi syarat tersebut. Klik centang pada ketentuan dan pedoman perjanjian yang sudah disediakan oleh Adsense pada kolom. Lalu tekan tombol “create account”.

Setelah melalui itu semua, pengguna akan mendapati beberapa pilihan popup pada halaman selanjutnya. Pilih tulisan “get started”. Kemudian silahkan isi data mengenai pembayaran. Sesuaikan data menggunakan KTP dan jangan sampai terdapat kesalahan. Karena data ini akan berkaitan dengan pencairan dana dari pihak Adsense.

Jika pengguna adalah blogger, silahkan isi tipe akun pada tulisan “individual”. Dan isi “Bussines” apabila situs bisnis memiliki keuntungan yang besar. Tulis nama pengguna, alamat rumah, kota, provinsi, kode pos dan nomor handphone yang bisa dihubungi. Kemudian, klik tulisan “submit”. Lakukan verifikasi nomor handphone. Akan ada 2 pilihan di sana yaitu dikirim melalui sms atau panggilan telepon. Pilih salah satu diantara keduanya, lalu klik “get verification code”.

Tunggu beberapa detik untuk menerima kode verifikasi dari google. Setelah mendapatkannya, masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Pastikan bahwa kode berjumlah 6 digit angka. Lalu tekan tombol “submit”.

Jika tahapan-tahapan yang sudah dilalui berhasil, maka pengguna akan menerima notifikasi berisikan kode. Salin dan tempel kode di halaman situs pengguna dengan meletakkan diantara tag <head> dan </head>. Bagi pelanggan wordpress, silahkan kunjungi file “header.php” di halaman Appearance > editor. File tersebut terletak di sebelah kanan. Selanjutnya, cari tag <head> dan paste kode Adsense di sebelahnya.

Bila sudah ditempel pada header pengguna, silahkan klik centang pada tulisan “Saya telah menempelkan kode ke situs saya” lalu klik tulisan “done”. Tahapan-tahapan pendaftaran telah berakhir. Diperlukan 3 hari atau lebih untuk google memeriksa pendaftaran di halaman situs blog.

Jika semua tahapan-tahapan yang dilakukan pengguna berhasil, pasti akan terdapat iklan Adsense di halaman situs blog. Apabila sebaliknya, maka pengguna akan menerima notifikasi berisikan alasan mengapa pengguna ditolak serta terdapat beberapa poin agar bisa diperbaiki. Membuat situs untuk google adsense akan berhasil bila pihak google sudah menyetujui sesuai dengan persyaratan yang sudah ada.

Tutorial Membuat Situs Untuk Google Adsense

Adapun langkah yang kita butuhkan untuk menjadi seorang blogger situs google adsense adalah:
1. Buat blog yang original
2. Submit artikel ke Webmaster, baik itu google webmaster, yahoo, bing, yandex, duck ataupun yang lainnya.
3. Ajukan situs anda ke google adsense
4. Tunggu pemberitahuan dari google terkait pengajuan anda
5. Jika sudah diterima, lakukan optimasi iklan
6. Tetap membuat konten atau artikel original
7. Jika saldo google adsense anda sudah mencapai Rp 150.000 atau $10 anda akan diminta verifikasi alamat dan rekening bank.
8. Tetap semangat dan jangan malas membuat konten original
9. Jika saldo sudah mencapai batas PO, biasanya Rp 1.300.000, pihat google akan mentransfer saldo ke rekening yang sudah anda verifikasi.

Demikian Tutorial Membuat Situs Untuk Google Adsense. Semoga sukses.