Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Air Locker dan Kompresor ARB: Sang Peniup Udara Untuk Air Locker Di Mobil Off Road

AIR LOCKER merupakan produk khusus Jip yang dibuat oleh ARB, yaitu perusahaan aksesoris bidang off road. Air locker berfungsi untuk mengunci diferential gardan 100 persen sehingga roda kiri-kanan tidak terjadi slip. Misalnya, saat satu roda belakang menggantung, tanpa air locker, tenaga mesin akan terbuang ke roda yang menggantung. Mobil pun tidak bergerak. Dengan air locker, roda yang menjejak ikut 100 persen, sama cepat dengan roda yang menggantung.
Air Locker dan Kompresor  ARB, Sang Peniup Udara Untuk Air Locker Di Mobil Off-Road
Peranti ini dioperasikan dengan angin (pneumatik). Kerjanya dikontrol pengemudi melalui tombol dan memiliki kompresor untuk mendorong itu kunci ke differential gardan. Oleh karena itu, peranti ini juga disebut pengunci angin.

Apa sih ARB Air Locker itu?

ARB Air Locker kerapkali kita temui terpasang mengisi sudut ruang kap mesin. Iya, karena air locker menyediakn banyak kelebihan khususnya ketika di trek offroad, karena inilah kebanyakan penggiat offroad adventure sampai yang ekstrim sangat menaruh kepercayaan pada aksesoris ini. ARB air locker menyediakan faedah pada open differential dan spul di flip switch.

Air Locker dan Kompresor  ARB, Sang Peniup Udara Untuk Air Locker Di Mobil Off-Road
Air Compressor untuk Differential Locker - Tipe satu Tabung
Kompressor Air Locker
1. CKMA
2. CKMT
3. Single Tube
4. Twin Tube

Aksesoris off-road berikut adalah locking differential pneumatik yang kendalikan dengan cara sakelar listrik tambahan yang biasanya dipasangkan di dashboard untuk mengaktifkan diafragma vakum melakukan sesuatu dengan sistem pengunci. Perangkat ini hanya memerlukan sedikit muatan udara dari air compressor yang dipasang dimana berfungsi untuk mengaktifkan air locker.

Ketika diaktifkan kedua poros gardan akan terkunci secara bersamaan menjadi setara dengan spul yang menghasilkan traksi 100 % sama besarnya pada kedua gardan tidak dengan perbedaan kecepatan. Kebalikannya saat air locker tidak diaktifkan, differential gardan mempunyai sifat unlocked atau disebut open differential, dimana menyebabkan karakteristik handling yang halus ketika berkendara harian. Berdasarkan hal inilah, ARB Air Locker terkenal sebagai aksesoris off-road yang user friendly, sesuai permintaan, multiguna locker yang praktis untuk penggunaan harian maupun untuk offroad.

Unit ARB Air Locker cuma diaktifkan ketika dibutuhkan begitupun dapat diaplikasikan pada keduanya, gardan depan dan belakang. Pastinya tiap locker gardan depan-belakang dikendalikan dengan menggunakan sakelar terpisah, hal ini bertujuan memberi lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam berbagai situasi offroad.

Tidak melupakan perangkat ini bekerja sama dengan sebuah air compressor, ARB juga menawarkan dua jenis air compressor berkekuatan 12 volt dan 24 volt. Tidak cuma berfungsi memasok udara ke air locker, namun juga dapat anda gunakan untuk menambah tekanan angin ban sesudah anda keluar dari treck offroad. Air compressor bagian dari ARB ini sifatnya hanya sebagai kompresor alternatif, tidak dijual sepaket dengan air locker. Maknanya, anda bisa menggunakan kompresor on-board lainnya dengan syarat mampu memasok tekanan udara sebesar 95-115 lbs.

Saat anda membeli set ARB Air Locker (Differential dan pompa), seluruh komponen kit yang dibutuhkan ada didalamnya termasuk kabel, fitting pneumatic, sakelar dan lain-lainya. Set ARB Air Locker aktif dalam waktu tidak lebih dari 1 detik serta bisa dimanfaatkan pada kecepatan kendaraan berapa pun selama poros gardan berputar pada kecepatan yang sama. Sekarang ini set ARB Locker menyuplai lebih dari 100 bentuk sesuai dengan berbagai aplikasi gardan 4×4 antara lain Dana, AMC, Nissan, Chrysler, Ford, Hummer, Land Rover, Isuzu, General Motor, Mitsubishi, Toyota dan Suzuki.

Apa Saja Komponen Diffrential Gardan Air Locker?

Ada beberapa tipe penggerak mobil salah satunya terdapat penggerak roda belakang . Tipe penggerak roda belakang ini sangat tergantung pada sistem yang salah satunya merupakan gardan ataupun differensial. Gardan secara universal mempunyai 3 guna utama yang salah satunya adalah mengubah putaran jadi arah putaran roda kanan serta kiri merupakan salah satunya.
Seal Housing (Pipa Udara)

Katika melaksanakan tugas tersebut, gardan tidak terlepas dari komponen utama gardan mobil. Walaupun demikian pasti saja tidak mengesampingkan komponen- komponen pembantu semacam seal contohnya. Bahkah dalam melaksanakan prinsip kerja gardan, keberadaan oli gardan juga akan sangat berarti buat bisa bekerja secara maksimal serta melindungi komponen- komponen gardan tidak gampang aus serta rusak. 
Tombol Air Locker pada Dashboard

Ragam bentuk keseluruhan komponen utama gardan mobil akan kami sebutkan dibawah ini. Serta dari komponen-komponen ini, kami beranggapan bahwa komponen utama gardan mobil ada 8 golongan. Berikut adalah komponen-komponen Gardan dengan Air Locker. Namun, Anda perlu memahami bahwa setiap mobil memiliki karakteristik tersendiri dalam susunan komponen gardan. Jadi, mungkin akan Anda temui komponen yang sikit berbeda dari yang pernah Anda jumpai sebelumnya.
  • Saklar / Tombol Aktivasi
  • Air Kompressor (Terpisah saat pemeblian)
  • Selang
  • Kabel Wiring
  • Solenoid
  • Seal Housing
  • Fitting pneumatic
  • Ring gear.
  • Unit Air Locker, antara lain:
    • Drive Pinion Shaft dan Gear.
    • Differential Carrier.
    • Spider Gear and Shaft.
    • Side Gear.
  • Axle Shaft Bearing.
  • Bearing Cap.
  • Adjuster Screw.

Bagaimana sih cara kerja ARB Air Locker itu?

Berpadanan dengan namanya saja, Unit Air Locker merupakan penguncian differential yang digerakan oleh udara. Dari dalam kabin kendaraan, sakelar listrik yang terpasang di dashboard memicu solenoid udara untuk mengirim udara melalui saluran pneumatik ke rumah gardan dan differential ARB Air Locker.

Hawa yang bergerak menuju differential melalui seal housing yang dirancang khusus. Tekanan udara memasuki ruang piston lalu menggerakkan piston dan clutch gear untuk memindahkan gigi ke posisi terkunci. Kemudian roda gigi samping (side gear) terkunci dengan differential housing sehingga menggugurkan segala aksi differential dan menghasilkan traksi 100 % diantara kedua poros roda belakang/depan.

Apa saja fitur yang terdapat pada ARB Air Locker:

  • Mendatangkan traksi 100 % selaras dengan kebutuhan tanpa mempengaruhi penggunaan ketika berkendara dijalan aspal.
  • Tarikan mampu meningkat pesat tanpa harus berhubungan erat pada momentum ketika melewati obstacle dan mengurangi terjadinya kemungkinan kerusakan kendaraan.
  • Proses penggunaan yang praktis dan user friendly menolong pengemudi tetap fokus melibas medan offroad tanpa meninggalkan kenyamanan serta keselamatan seisi kendaraan.
  • Telak dapat dibuktikan awet dan sangat kuat karena menggunakan material konstruksi berkualitas tinggi
  • Rancangan sederhana namun efektif terdiri dari komponen penggerak minimalis
  • Pola model teruji dan terbukti kuat, telah dipercaya dan digunakan di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.
  • Unit Air Locker depan-belakang ada hampir di sebagian besar model dan merk kendaraan ternama
  • Pemasangan dan maintenance yang mudah

Adakah Fungsi Lain dari Unit Kompressor?

Kepada mobil spesifikasi off-road, instalasi pengunci gigi differensial di gardan bisa dibilang harus hukumnya agar tidak mudah kehilangan traksi saat berada trek off-road.

Bersama-sama locker atau pengunci gigi differential ini, tanda-tanda slip dapat diatasi sehingga traksi di setiap roda (dalam satu sumbu) dapat terbagi rata. Set ARB air locker merupakan salah satu yang populer dikalangan offroader.

Aksesoris tambahan ARB locker dapat di on-off kan sesuai kebutuhan, juga kinerja dari ARB Locker sangat tergantung pada tekanan udara yang dikeluarkan oleh pompa elektrik. Udara ini akan disalurkan melalui selang, yang kemudian menekan pengunci gigi differensial. Karena hal itulah, ARB Compressor, sangat diperlukan.

Lazimnya setiap pembelian satu paket ARB Locker belum disertai dengan kompresor berikut slang-slangnya. Anda harus merogoh kocek lagi untuk memiliki kopressornya. Menariknya lagi, kompresor ARB ini bisa pula dimanfaatkan juga sebagai pompa ban. Lazimnya pecinta mobil offroad jip pasti mengempiskan ban begitu memasuki trek off-road. Serta saat kembali ke jalur beraspal, Lazimnya mereka kesulitan mencari tukang pompa ban.

ARB Compressor dapat diaktifkan hanya dengan menyupali listrik 12 volt atau 24 volt, tergantung tipe kompressornya. Anda tidak perlu khawatir tabung udara meledak karena kepenuhan, ARB sudah dilengkapi pressure switch control yang akan bekerja otomatis menghentikan proses pengisian ketika tabung penuh udara, tekanan kerja pressure switch tercapai.

Keunggulan lain yang dimilikinya yakni mudah dibersihkan, bearing dari air kompressor ini tahan banting, katup inlet dan exhaust didesain heavy duty, juga dilengkapi heat sink untuk mengurangi panas. Lain dari itu juga sudah bekali pelindung terhadap perlindungan debu dan lumpur.

Supaya tak berisik, ARB Compressor selalu demikian halnya dilengkapi anti-getar dan peredam suara. Satu berulang seperti semula yang menarik, kompressor ini sudah dilengkapi slang dan klemnya. Slang dengan model gulung ini sangat efektif, dan menambah kepraktisan.

Untuk lebih jelas mengenai Air Locker ini, lihat video berikut ini.

Dan juga video yang berikut ini:

Ataupun video ini, masih terdapat ilmu pengetahuan:

Post a Comment for "Air Locker dan Kompresor ARB: Sang Peniup Udara Untuk Air Locker Di Mobil Off Road"