Cara Memperbaiki Kipas Angin Putarannya Lambat

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat : Kipas angin yang ialah salah satu perlengkapan elektronik rumah tangga yang sangat kerap digunakan pastinya sewaktu- waktu hendak hadapi yang namanya kehancuran, baik itu kehancuran kecil sampai kehancuran yang lebih parah.

Salah satu permasalahan kehancuran pada kipas angin yang kerap terjalin merupakan kipas angin masih sanggup berbalik tetapi putarannya lelet apalagi walaupun telah diset pada tingkat kecepatan tertingginya sekalipun hembusannya masih saja lemah. Bukankah perihal ini sangat mengesalkan, coba saja kamu bayangkan dikala siang hari cuaca lagi panas panasnya, udah letih tubuh gerahnya gak ketulungan tetapi kipas angin kesayangan muternya pelan ataupun loyo.. hih ngeri kan jika di bayangin.

Apa bila anda ingin mengetahui cara menghitung faktor faktor yang mempengaruhi besar kecilnya hambatan , lihat pada link tersebut.

Pastinya perihal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja sebab tidak hanya membuat jengkel, kipas angin yang putarannya lemah ataupun lelet tersebut hendak kilat rusak apabila masih terus menerus digunakan, hingga langkah yang pas merupakan menghentikan konsumsi kipas angin tersebut serta lekas melaksanakan revisi supaya tidak terjalin kehancuran yang lebih parah ialah dinamo ataupun motor kipas angin dibakar.

Butuh kamu tahu bila hingga dinamo kipas angin tersebut senantiasa dipakai serta hingga hadapi dibakar hingga kamu hendak memerlukan bayaran revisi yang lebih banyak, oleh sebab itu berarti buat lekas melaksanakan penangkalan dengan melaksanakan revisi lebih dini supaya kamu tidak menyesal di setelah itu hari.

Kemudian bagaimanakah metode memperbaiki kipas angin yang putarannya lelet tersebut? 

Oke untuk sekarang anda tak perlu cemas lagi karena anda bisa memperbaikinya dengan cara memahami terlebih dulu penyebab kipas angin berputar lambat dan setelahnya itu bisa dilakukan perbaikan.

Beberapa penyebab ini bervariasi ada yang mudah diperbaiki, ada yang harus mengganti beberapa spare partnya dan masih ada penyebab lain yang lebih parah. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah cara perbaikannya langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

1. As Dan Bos Kipas Angin Sudah Aus

Kipas Angin Yang Putarannya Lambat - Cara Memperbaiki
Bos (bearing kipas angin) dan as (rotor)

NB : Pada titik yang ditunjuk tanda panah kuning adalah bagian yang biasanya mengalami aus.

Selepas anda mencoba cara yang diatas dan berhasil itu menandakan bahwa tidak ada kerusakan pada spare part as dan bos. Dalam beberapa kasus terkadang ada juga yang awalnya kipas angin bisa berputar dengan normal atau cepat setelah dibersihkan dengan cara diatas, Akan tetapi setelah berselang dalam beberapa bulan kemudian atau bahkan hanya beberapa minggu dan bahkan ada yang lebih parah lagi sampai sehari saja kipas angin tersebut mendadak berputar pelan atau lambat kembali.

Secara umumnya kasus seperti ini biasa disebabkan oleh aus atau rusaknya bagian as dan bos kipas angin tersebut, sehingga mau tidak mau anda harus mengganti spare part tersebut supaya kipas angin anda bisa normal kembali putarannya.

Maka sebaiknya lakukan penggantian pada kedua spare part tersebut apabila mengalami kerusakan aus atau permukaannya sudah kasar, jika kedua spare part ini rusak anda harus mengganti keduanya, jika anda nekat ganti satu saja padahal kedua spare part ini sudah rusak maka hal ini akan membuat perbaikan anda menjadi bercuma atau sia-sia saja karena bos atau as yang sudah aus ini akan merusak spare part yang lainnya, layaknya seperti tergerus kertas gosok. lain ceritanya jika salah satu spare partnya masih bagus anda hanya perlu mengganti satu spare part saja.

Untuk bagian bos atau semacam bearing pada kipas angin ini bisa anda dapatkan di toko elektronik khusus peralatan listrik rumah tangga, sedangkan untuk spare part rotor atau as anda bisa mencarinya di tempat penjualan barang bekas atau loakan karena umumnya ditoko-toko elektronik tak menjualnya.

2. Kipas Angin Lambat Akibat Gearbox Yang Rusak



Gearbox meleleh akibat panas
Kerap kali kipas angin melambat putarannya akibat gearbox yang rusak, biasanya akan langsung ketahuan kalau gearbox rusak misalnya seperti pecah atau meleleh. Oleh karena kerusakan inilah yang membuat kipas angin menjadi lambat karena terbebani oleh adanya tekanan gearbox pada as atau rotor (bagian yang berputar). Maka dari itu cara mengatasi hal ini adalah dengan mencopot gearbox tersebut dan anda bisa menggantinya apabila masih ingin menggunakan fitur swing (fitur memutar ke kanan-kiri).

3. As Kipas Angin Seret Karena Kotor


As seret akibat debu kotor
Selain itu, ada lainnya yang kerap membuat kipas angin menjadi lambat putarannya biasanya diakibatkan oleh kotoran atau lebih tepatnya debu yang mengumpul pada bagian as dan bos dan bahkan tak jarang juga ada material selain debu yang ikut menghambat laju kipas angin seperti potongan rambut, atau sehelai kain. Masalah ini sangatlah wajar sebenarnya karena debu tersebut akan selalu terkumpul saat kipas angin dipakai terutama pada ruangan atau tempat yang udaranya banyak mengandung debu, maka kipas angin akan mudah sekali berdebu sehingga lama kelamaan akan membuat putaran as dinamo kipas angin menjadi berat atau seret.

Menukaskan kembali, dalam mengatasi problema as kipas angin yang seret maka tentunya kita harus membersihkan kotoran-kotoran yang menempel tersebut dengan cara membongkar rumah dinamo dan membersihkannya secara keseluruhan supaya masalah as yang seret tidak mudah berulang kembali seperti yang biasa dialami akibat tidak membersihkan kotoran namun hanya menggunakan pelicin saja. Makanya, pastikanlah anda membersihkan kotoran debu pada as dan bos (semacam bearing) pada kipas angin anda supaya as lebih tahan dari gangguan kemacetan akibat debu kotoran yang menempel.

Dalam melakukan pembersihannya anda bisa menggunakan bensin atau semacamnya jika diperlukan pada debu yang membandel dan jangan sekali-kali menggosok dengan amplas untuk membersihkan kotoran tersebut. Paling disarankan untuk membersihkan seluruh bodi dinamo terutama as dan bosnya karena ini untuk meminimalisir terjadinya hal serupa yang berulang.

Selepas itu setiap bagiannya dibersihkan baik bagian as maupun bagian bosnya maka selanjutnya anda berikan pelumas pelicin sebelum dan sesudah dipasang kembali bagian-bagiannya. Pemberian pelumas ini bertujuan agar bos dan as tidak kering sekaligus juga sebagai pelicin, dalam melumasinya jangan yang lengket atau pelumas licin yang mudah lengket jika terkena panas, temukanlah pelumas yang benar-benar digunakan untuk pelicin seperti yang selalu saya pakai saat menemui masalah seperti ini misalnya minyak pelicin dari mesin jahit bermerek singer dibawah ini, harganya cuma 5rb-an kalau di tempat saya, mungkin bisa jadi referensi bagi anda.

Melalui pelaksanaan cara-cara diatas, umumnya masalah kipas angin yang putarannya lambat sudah bisa teratasi. Akan tetapi, akan tetapi jika cara ini masih belum berhasil maka masih ada kemungkinan penyebab lainnya, layaknya dikarenakan oleh bos atau as kipas angin yang aus, kapasitor lemah atau rusak dan beberapa penyebab lainnya.

4. Kumparan Dinamo Sudah Tidak Normal


Dinamo kipas angin bermasalah

Cara memperbaiki yang ke-4 ini adalah yang paling parah yakni kumparan yang sudah tidak normal alias lilitan hampir terbakar. Kumparan yang sudah hampir terbakar ini biasanya ditandai dengan suhu dinamo yang cepat panas saat digunakan, kerusakan seperti ini adalah yang sulit diperbaiki dan bahkan menurut saya tidak bisa kita perbaiki dan jalan satu-satunya adalah mengganti dinamonya.

5. Kapasitor Lemah


Letak kapasitor kipas angin

Komponen kapasitor memang paling mempengaruhi kekuatan atau daya putar dinamo, ketika kapasitor sudah lemah maka hal ini akan membuat daya yang masuk pada dinamo menjadi berkurang dan hasilnya membuat putaran kipas angin kita jadi lemah atau loyo. Dalam mengetahui apakah kapasitor telah lemah atau bahkan mati anda dapat mengecek kondisinya menggunakan Multitester atau AVO meter.

Seandainya pasti kapasitor telah lemah atau malahan mati, karena itu anda tinggal menggantinya dengan ukuran yang sama untuk mengatasi masalah kipas angin yang putarannya lambat tersebut. Seyogyanya anda juga dapat membuat putaran kipas menjadi lebih cepat lagi yakni dengan cara mengganti kapasitor dengan nilai yang lebih tinggi, misalnya saja nilai standart pengguna kapasitornya ialah sebesar 1,2 micro maka anda dapat mengganti ke nilai mendekati, misalnya 1,5 micro sehingga putaran motor kipas angin akan lebih cepat, akan tetapi hal ini cukup beresiko karena dinamo anda akan cepat panas dan mudah rusak.

Demikianlah sedikit banyak ulasan tentang cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat. Mudah-mudahan apa yang kami sharingkan disini bisa berguna bagi anda semua, selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil.