Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Di Bintan ada Wisata Pantai Lagoi, Eksotisme Pantai Hingga Deretan Resort Mewah

BintanNews.com - Pulau Bintan dapat dikatakan memiliki pesona yang luar biasa. Geografis kepulauan yang membuatnya memiliki banyak pantai berpasir. Salah satunya adalah Pantai Lagoi yang merupakan pantai cukup populer yang ada di Bintan. Jika dinilai dari sudut pemandangan pantai ini memiliki nilai yang memukau.

Hal ini membuat destinasi lagoi menjadi tujuan wisatawan dari luar negeri dan dalam negeri. Apa bila anda sudah sampai disini anda akan melihat resort-resort mewah disekitarnya, yang juga turut meramaikan sebagian pantai ini.

Wisata Pantai Lagoi, Eksotisme Pantai Hingga Deretan Resort Mewah di Bintan

Di Bintan ada Wisata Pantai Lagoi, Eksotisme Pantai Hingga Deretan Resort Mewah
Eksotisme Pantai Lagoi Hingga Deretan Resort Mewah

Anda tidak perlu meragukan hal ini lagi, Pulau Bintan menjadi salah satu destinasi liburan yang tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal namun juga pelancong dari berbagai belahan dunia. Pulau ini termasuk pulau terbesar yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau ini.

Daerah ini banyak menawarkan berbagai pesona pantai yang istimewa, adem serta terdapat resort-resort mewah yang berada disekitarnya. Iya, sekali lagi namanya adalah Pantai Lagoi dengan keindahan alam yang memang jadi favorit wisatawan domestik maupun asing. 

Pantai Lagoi di Pulau Bintan Provinsi Kepri namanya sudah lama tersohor di dunia internasional. Pantainya yang berada sejajar di Selat Malaka itu ramai dikunjungi wisatawan asing lewat pintu masuk Singapura.

Akhir pekan lalu, tim BintanNews mengunjungi kawasan wisata Pulau Bintan. Dari Tanjunguban, menggunakan moda transportasi darat dari Pelabuhan domestik Tanjung Uban menuju Lagoi sekitaran sungai kecil.

Pantai Lagoi merupakan objek wisata andalan di Pulau Bintan, yang terkenal memiliki pasir putih nan luas serta terjaga kebersihannya. Tak heran jika pantai ini selalu mampu menarik wisatawan untuk berkunjung setiap tahunnya. Keindahan pantai ini bahkan diakui Internasional, dan sejajar dengan pantai-pantai yang ada di Bali, dan Lombok.

Secara geografis, Pantai Lagoi terletak di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke pantai ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari Tanjung Pinang. Perjalanan tersebut diperkirakan memakan waktu selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

Namun jika pengunjung datang dari Batam, maka bisa menggunakan speed boat atau kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Bintan. Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Uban, perjalanan menuju Pantai Lagoi kurang lebih memakan waktu 40 menit saja. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, baik itu dari Tanjung Pinang maupun Tanjung Uban. Namun tidak ada transportasi umum yang melayani rute tersebut, wisatawan bisa menyewa mobil rental jika tidak membawa kendaraan pribadi.

Daya tarik Pantai Lagoi

Saat tiba di Pantai Lagoi wisatawan akan dimanjakan dengan pantai yang bersih, indah, dengan hamparan pasir putih membentang luas disepanjang mata memandang. Disekitar pantai, dapat dijumpai adanya pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi, menambah nuansa eksotis pantai. Semilir angin yang seolah tiada hentinya berhembus, akan senantiasa menemani wisatawan ketika berada di pantai.

Sebenarnya tidak semua pantai yang terletak dikawasan Lagoi ini dapat dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat beberapa pantai yang dikelola secara eksklusif oleh hotel dan resort, sehingga jika ingin menikmati pantai ini pengunjung terlebih dahulu harus menginap di resort tersebut. Ada hal yang sangat disayangkan, sebagian besar resort di pantai ini dikelola investor asing.

Pantai Lagoi sebenarnya menjadi salah satu destinasi wisata bagi turis mancanegara, dan juga negara tetangga seperti Singapura, dan Malaysia. Jarak dari Singapura ke pantai ini pun cukup dekat, yakni hanya sekitar 45 kilometer saja. Tidak aneh jika warga Singapura banyak yang menghabiskan waktu berlibur di pantai ini. Bahkan menurut kabar yang berhembus, mata uang yang digunakan disekitar Lagoi ini bukan Rupiah melainkan Dollar Singapura.

Meskipun demikian, wisatawan masih tetap bisa menikmati keindahan pantai ini dengan berkunjung ke Lagoi Bay. Lagoi Bay masih merupakan kawasan dari Pantai Lagoi, bedanya tempat ini tak dikelola secara eksklusif sehingga wisatawan bisa dengan bebas berkunjung. Pelancong bisa sepuasnya menikmati hamparan lautan membiru, dengan ombak yang cukup bersahabat.

Di Pantai Lagoi ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, berjemur diterik matahari, bermain ombak, serta menikmati keindahan alam bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Pesona bawah laut yang ditawarkan pun cukup memukau, terdapat aneka terumbu karang yang cantik, serta ikan warna-warni berenang dibalik terumbu karang.

Pada sekitar Pantai Lagoi juga dibangun sebuah taman yang tertata rapi, serta berhiaskan aneka tamanan hijau yang menciptakan nuansa asri dan alami. Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup lengkap, seperti payung warna-warni, serta pondok yang bisa digunakan untuk beristirahat. Di taman ini, wisatawan akan merasakan sensasi berlibur diresort mewah, yang bisa dinikmati secara gratis.

Apa yang bisa anda dapatkan di Pantai Lagoi?

Pantai Lagoi merupakan kawasan wisata elit, yang tertata dengan apik, professional dan didukung dengan berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Meskipun sebagian besar fasilitas ini dimiliki oleh resort-resort mewah, namun ada juga fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Pada pantai ini terdapat fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir yang luas, taman, dan juga masjid untuk beribadah.

Di lokasi pantai terdapat pula Minimarket, toko swalayan, mesin ATM, Plaza Lagoi, dan juga berbagai toko souvenir. Setelah berkunjung menikmati pantai, wisatawan bisa berbelanja mencari pernak-pernik untuk oleh-oleh di berbagai toko dan plaza tersebut. Selain itu, terdapat banyak sekali restoran, café, dan rumah makan yang menawarkan kuliner lezat. Salah satu kuliner khas Bintan yang patut dicoba adalah otak-otak dan sate gonggong.

Tak hanya itu, di Pantai Lagoi wisatawan bisa menemukan persewaan alat pancing, alat snorkeling dan juga alat untuk diving. Wisatawan juga bisa menuju kolam renang terluas di Asia Tenggara yang tak jauh dari pantai, bernama Treasure Bay Bintan. Pada kawasan tersebut juga terdapat danau buatan yang sangat indah.

Bagi wisatawan yang hobi bermain golf, terdapat pula lapangan golf yang menawarkan berbagai fasilitas mewah serta berada tepat dipinggir pantai. Lokasinya pun cukup dekat, tentunya kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa bermain golf di tempat tersebut.

Jika ingin menginap, wisatawan bisa memilih hotel dan resort-resort yang tersebar disekitar Pantai Lagoi. Mulai dari hotel berharga murah, hingga bintang lima bisa menjadi pilihan wisatawan untuk bermalam. Resort-resort mewah pun dilengkapi dengan fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung.

Menghabiskan waktu berlibur di pantai ini, bisa memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di Pantai Lagoi.

Mengagumi Keindahan Pantai

Disaat kamu berkunjung ke Pantai Lagoi ini, akan tersaji sebuah pantai eksotis dengan hamparan pasir putih nan luas. Kamu bisa menikmati pantai ini dengan berenang, bermain air, berkejaran dengan ombak, atau sekedar bersantai ditepi pantai untuk melihat pemandangan yang begitu indah.

Selain itu, bagi kamu yang hobi snorkeling atau diving kamu pun bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang dimiliki Pantai Lagoi. Jika kamu tak membawa alat-alat snorkeling, kamu bisa menyewanya disekitar pantai. Di pantai ini terdapat beberapa spot menarik, yang memiliki aneka biota laut indah seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan hias. Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing.

Jalan-jalan ke Hutan Mangrove

Usai menikmati keindahan Pantai Lagoi, tak lengkap jika kamu belum berkunjung ke hutan mangrove yang ada di Sungai Sebong. Dengan menyewa boat, kamu akan dibawa menyusuri keindahan Sungai Sebong yang memiliki pohon mangrove disamping kiri dan kanannya. Sungai ini sangat eksotis, menawarkan keindahan alam yang masih alami serta jernihnya air.

Kamu akan menyusuri sungai sepanjang 6,8 kilometer. Tak jarang kamu akan menjumpai berbagai fauna liar, seperti monyet yang bergelantungan, ular ataupun kepiting bakau. Tempat ini sangat menarik sebagai destinasi wisata, selain aneka fauna yang akan kamu lihat, kamu juga bisa menikmati udara segar yang masih bebas dari polusi.

Memancing ikan di Sungai Sebong

Bagi kamu yang hobi memancing, Sungai Sebong juga menawarkan aneka jenis ikan yang siap untuk kamu tangkap. Jika nelayan setempat sedang tak berangkat berlayar, maka kamu bisa menyewa perahu mereka untuk memancing di sungai ini. Selain itu, kamu juga bisa memancing dipondok-pondok sederhana yang telah disediakan untuk pengunjung.

Mengunjungi ke Treasure Bay

Selepas puas bermain di Pantai Lagoi, jangan lupakan untuk mampir ke Treasure Bay. Tempatnya pun tidak jauh dari sana, cuma perlu 10 menit perjalanan saja dengan menggunakan mobil. Pada Treasure Bay ini, anda akan menemukan sebuah kolam renang raksasa dengan aneka wahana permainan yang seru dan menantang. Konon kolam renang ini adalah yang terluas di Asia Tenggara.

Pada Treasure Bay ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan seperti bumper boat, jetovator, sea scooter, kayak, aquaglide dan masih banyak lagi. Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas super mewah seperti resort, dan restoran. Selain itu, terdapat juga wahana water sport yang cocok untuk memacu adrenalin.

Berburu Swa Foto

Ketika berada di kawasan wisata ini, rasanya tak lengkap jika tak mengabadikan keindahan alam dengan memotret. Apabila anda memiliki hobi fotografi, di Pantai Lagoi terdapat banyak sekali objek yang bisa kamu bidik dengan kamera. Selain itu, kamu juga bisa memotret di Sungai Sebong, yang menawarkan pesona alami hutan mangrove.

Pada Pantai Lagoi terdapat taman buatan yang juga menawarkan spot-spot hunting foto indah. Disini kamu bisa berselfie ria bersama teman-teman dan keluarga. Taman ini sangat instagramable, menjadi sangat pas bagi kamu yang hobi mengupload foto di sosial media. Pantai Lagoi ini juga adalah pilihan menarik, untuk kamu yang akan melakukan sesi foto prewedding.

Berapa sih Harga Tiket Masuk Pantai Lagoi ?

Untuk berkunjung ke Pantai Lagoi ini, terdapat sisi pantai yang tidak dipungut biaya alias gratis yaitu di Lagoi Bay. Sementara terdapat beberapa bagian pantai yang dikelola oleh resort, sehingga wisatawan harus menginap terlebih dahulu di resort tersebut. Padahal untuk memasuki Treasure Bay, setiap orang harus membayar Rp. 100.000 tidak termasuk biaya untuk bermain wahana air.

Beberapa Tips aman Berwisata di Pantai Lagoi

  • Apabila kamu datang pada siang hari, jangan lupa untuk memakai topi atau kacamata karena cuaca yang cukup panas.
  • Berkunjunglah ke Lagoi Bay, jika kamu ingin menikmati Pantai Lagoi secara cuma-cuma.
  • Apabila ingin snorkeling, atau diving gunakanlah pemandu agar dibawa ke spot-spot terbaik.
  • Bawalah pakaian ganti, jika ingin bermain air dan berenang di Pantai Lagoi.
  • Selalu menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Menjaga kelestarian dan keindahan pantai, dengan tidak merusak fasilitas yang ada di pantai.

Lihat Pantai Lagoi di Google Maps


Rangkuman

Lokasi Pantai Lagoi masih terletak di Pemerintah Kabupaten Bintan. Terdapat Barisan pepohonan kelapa yang berada di sekitar tepi pantai dengan pemandangan alamnya yang indah serta didukung dengan lingkungannya yang masih asri juga bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Pantai Lagoi.

Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di objek wisata ini merupakan, berenang, bermain air, snorkeling, menyelam ataupun hanya berjemur di atas pasir putih Pantai Lagoi.

Bagaimana ? Sudah tahu di Bintan ada Wisata Pantai Lagoi, dimana eksotisme pantai hingga deretan resort mewah ditawarkan destinasi ini.