Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah!

Cara membuat bunyi klakson putus putus akan kami uraikan pada pembahasan kali ini. Bunyi klakson yang satu ini sedang banyak diminati oleh pemilik sepeda motor. Para pemilik motor menginginkan suara putus putus dari klaksonnya.

Apa saja alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat bunyi klakson putus putus ? Bunyi klakson pada sepeda motor sudah menjadi bagian wajib dari keamanan ketika berkendara. Suara yang dihasilkan dari kelistrikan ini akan menjadi isyarat hati-hati kepada pengguna jalan lainnya, baik pejalan kaki maupun pengendara.

Cara Membuat Klakson Bunyi Putus Putus

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan membuat suara klakson putus-putus. Dimana setiap cara ini memiliki keunikan masing-masing. Interval putus dari suara klakson yang dihasilkan berasal dari komponen kelistrikan seperti flasher, relay 5 kaki dan relay interupter. 

#1 Membuat suara Klakson Putus Putus pakai Relay 5 Kaki

Kami akan coba berbagi ilmu cara membuat bunyi klakson putus - putus tentunya dapat anda pasang pada semua varian klakson yang terdapat pada sepeda motor. Cara berikut bukan hal yang sulit untuk anda pahami, dengan menggunakan komponen yang familiar semua langkahnya akan mudah di mengerti.

Skema Klakson putus putus pakai relay hanya memanfaatkan kapasitor untuk mengisi dan membuang energi listrik. Momen ini sangat berpengaruh pada relay, dimana arus yang seharusnya mengalir ke relay, ditarik oleh kapasitor ini. Dengan demikian, relay menjadi putus atau kehilangan tegangan aktifasi.

Cara Membuat Bunyi Suara Klakson Putus Putus
Skema Membuat bunyi Klakson putus putus pakai relay 5 kaki
Apabila pembaca sekalian berniat segera lengkapi alat serta bahan - bahanya, lalu ikuti langkah - langkah yang saya utarakan berikutnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bunyi klakson putus-putus, antara lain :

  • Sebuah Solder
  • Secukupnya Timah
  • Seckupnya kabel
  • Sebuah Relay 12volt 5 kaki
  • Sebuah dioda 1 Amp
  • Sebuah Kapasitor (elco) 50volt 220uf
  • Secukupnya isolasi listrik

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah dan Murah!
Terminal pada Relay 5 kaki

Berikut langkah membuat bunyi klakson putus putus dengan relay 5 kaki

1. Kaki katoda ke terminal tengah relay

Pertama-tama silahkan solder ujung dioda yang terdapat garis putih tepat pada kaki relay yang terletak ditengah.

2. Kaki anoda ke terminal 86 relay

Lalu ujung lainnya ke terminal 86 seperti gambar skema rangkaian diatas.

3. Kaki kapasitor garis putih ke negatif baterai

Selanjutnya solderkan juga kaki kapasitor (elco) yang terdapat garis putih, garis kapasitor ini menandakan bahwa garis putih menuju arus negatif 

4. Kaki polos  elco ke positif baterai

Kemudian kaki elco yang tidak terdapat garis putih alias polos seperti warna kapasitor (elco) menandakan kaki arus positif. 

5. Tambah kabel secukupnya

Lalu tambahkan kabel secukupnya pada masing-masing kaki relay, mirip seperti ditunjukkan pada skema rangkaian dibawah ini.

6. Kabel input merah dan hitam ke terminal klakson

Berikutnya kabel warna merah pendek dan hitam pendek itu langsung di hubungkan pada soket klakson lama, jangan sampai terbalik untuk kabel warna merah, menuju arus positif(+) sementara warna hitam itu arus negatif(-).

7. Kabel out merah dan hitam ke klakson

Kemudian untuk kabel merah panjang dan hitam panjang itu langsung menuju ke unit klaksonnya.
Periksa kembali rangkaian tersebut jika sudah sama dengan gambar yang ada di atas saatnya posisikan kunci kontak ke ON dan selanjutnya tekan tombol klakson motor anda.

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah dan Murah!
Hasil Kerja keras modif klakson

8. Test dan berhasil

Apabila berhasil maka bunyi klakson pada sepeda motor anda akan terlihat berbeda dari sebelumnya, Dimana sebelumnya tombol klakson di tahan klakson akan terus manteng berbunyi. Namun sesudah pembaca memasang relay tersebut, saat anda menahan tombol klaksonnya maka akan berbunyi putus-putus.

#2 Cara pasang Relay Interupter Klakson Putus Putus

Ada cara lain cara membuat bunyi klakson putus putus yaitu dengan memanfaatkan relay interupter yang dijual dipasaran. Selain dengan menggunakan relay 4 kaki anda juga bisa mencoba dengan menggunakan relay yang satu ini, interupter relay Bosch.

Skema klakson putus putus dengan relay interupter sangat sederhana karena hanya terdapat 4 terminal. Keempat terminal ini sudah jelas letaknya, dua pada sisi kanan dan 2 lagi pada sisi kiri. Masing-masing sisi ini berperan sebagai sisi IN dan sisi OUT.

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah dan Murah!
Relay Intrupter

Cara pasang relay interupter membuat bunyi klakson putus putus dapat anda perhatikan dibawah ini. Sebagai mana terlihat pada gambar, terdapat dua komponen kelistrikan disana, yaitu

1. Klakson
2. Relay Intrrupter

i. Kabel merah dan hitam hubungkan baterai

Cara menghubungkan kabel merah dan hitam relay interupter adalah dengan menyambungkan kabel merah ke kutup positif baterai, sementara kabel hitam interupter sambung ke negatif baterai.

ii. Kabel Kuning hitam ke klakson

Tinggal selangkah lagi agar dapat membuat bunyi klakson putus putus, anda harus memasang klakson pada sisi kiri yang memiliki kabel warna hitam dan kuning. Sementara pada bagian kabel warna merah dan hitam merupakan sisi Input arus dari baterai setelah melewati tombol klakson.

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah dan Murah!
Skema Relay Interupter untuk klakson putus putus

iii. Ujicoba bunyi klakson

Pada saat anda mengikuti langkah berikut ini anda akan menemui kesulitan tersendiri. Sama halnya dengan yang saya alami, ketika menempatkan relay pada unit motor, bingung untuk menempatkannya dimana.

Relay intrupter, klakson, baterai merupakan bagian utama dari rangkaian klakson putus-putus dibawah ini. Relay ini sudah didesain oleh pihak produsen untuk bekerja putus-putus. Sehingga anda hanya memanfaakan cara kerja ini pada klakson kesayangan anda.

Rangkaian klakson modif sudah jadi

iv. Belum bisa setting interval putus putus

Mungkin interval putus-putus standar yang dihasilkan oleh relay interupter ini kurang menarik bagi anda. Jangan khawatir, intervalnya bisa anda setel. Namun, cara ini tidak diajurkan oleh pihak produsen. Kenapa? Karena resistor settingannya di segel didalam unit.

Untuk dapat melakukan settingan kedipan atau putus putus kita perlu tindakan ekstrim, yaitu membelah bagian belakang dari relay interupter ini. Pembaca sekalian dapat menggunakan obeng minus atau cutter untuk membuka belakangnya.

Baut setel kecepatan kedip

#3 Membuat bunyi klakson putus putus pakai flaser

Cara membuat bunyi klakson putus putus berikutnya adalah memanfaatkan flasher. Komponen dari lampu sein ini juga bisa kita manfaatkan untuk membuat suara putus putus pada klakson. Seperti kita ketahui, flasher untuk sein ini berperan memutus dan menghubungkan arus menuju lampu sein.
Terminal pada flasher standart

Ketika terminal pada flasher terhubung, lampu atau klakson akan menyala. Sebaliknya, saat terminalnya terputus, aliran arus listrik menuju lampu atau klakson hilang. Hal ini menyebabkan klakson berhenti berbunyi sesuai jeda waktu yang kita setting pada flasher.

a. Sambung B flaser ke Tombol klakson

terminal B pada flasher standart
Pada flasher terdapat dua terminal, yaitu terminal B dan L. Dimana biasanya, terminal B dihubungkan ke baterai melalui saklar sein kiri/kanan. Sementara terminal L dihubungkan ke lampu sein kiri/kanan. Dengan kondisi seperti ini, lampu tanda belok anda akan menyala berkedip.

b. Sambung L flasher ke terminal klakson

Pola ini yang dicoba manfaatkan pada klakson. Kedipan lampu pada sein akan menjadi suara terputus-putus pada klakson. Karena prinsip tadi, memutus dan menghubungkan arus listrik dengan jeda tertentu.

Cara memasang flasher pada klason agar bunyi putus-putus sangat mudah. Pembaca sekalian hanya perlu melepas salah satu kabel klakson. Adapun langkah membuat rangkaiannya akan saya jelaskan dibawah ini.
Skema klakson modifikasi
Skema Rangkaian Flasher dan Klakson Putus-putus

c. Kabel saklar masing-masing ke klakson dan baterai

Berikutnya adalah dengan menghubungkan terminal klakson yang belum tersambung dipasangkan ke tombol klakson, dan terminal tombol lainnya disambung ke baterai.

Apabila anda benar dalam mengikuti instruksinya, anda akan memperoleh rangkaian seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Sekilas akan terlihat flasher berada ditengah-tengah kabel dan terminal klakson yang dilepas tadi.

Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah dan Murah!
Flasher terpasang pada rangkaian klason

d. Tekan tombol klakson untuk memastikan bekerja

Sampai pada tahap ini, rangkaian sudah selesai, dan seharunya sudah menghasilkan suara klakson putus-putus. Untuk memastikannya, pembaca dapat menekan tombol klakson dan mendengarkan hasilnya. Jika sistem berbunyi seperti yang diharapkan, pekerjaan kita sudah tuntas. Namun bila belum berbunyi seperti yang diharapkan, setel kecepatan putus putus.

> Penyetelan Interval Klakson Putus Putus pakai Flasher

Waktunya untuk melakukan settingan suara atau interval klakson putus putus pakai flasher. Caranya cukup mudah, pembaca sekalian bisa menggunakan obeng negatif untuk memutar tombol setelan yang sudah disediakan dibawah flasher.

Apabila anda menginginkan suara klakson dengan putus-putus lambat, lakukan pemutaran setelan serah jarum jam.

Jika pembaca mengharapkan klakson dengan suara putus putus yang lebih cepat, silahkan putar setelan berlawanan arah jarum jam.

Skema Modul Cara pasang Relay Bunyi Klakson Putus Putus 12v
Tombol setelah pada flasher

Kesimpulan Cara pasang Relay Membuat Bunyi Klakson Putus putus

Setelah melalui percobaan yang panjang dan melelahkan penulis. Ada baiknya memanfaatkan relay pada percobaan nomor 3. Membuat suara Klakson Putus Putus Dengan Menggunakan Flasher. Alasannya adalah, kontak point yang dihasilkan flasher kurang akurat (putus nyambung), seakan terasa lengket atau agak sulit putus.
Skema Modul Cara pasang Relay Bunyi Klakson Putus Putus 12v
Dengan bantuan dari relay, pada percobaan flasher akan membuat bunyi klakson putus putus lebih pasti. Dalam arti kata, suara yang dihasilkan bahkan lebih nyaring dan jelas intervalnya. Kami sudah merasakan bedanya antara menggunakan relay dan tidak pada rangkaian klakson flasher.

Demikian penelitian ini kami lakukan, dengan menelan dana yang cukup untuk PPKM selama satu bulan, semoga saja memberi manfaat kepada jagad otomotif.

Post a Comment for "Cara Membuat Bunyi Klakson Putus Putus, Mudah!"