Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peleburan antara sel telur dan sel sperma akan membentuk Zygot, Begini Prosesnya!

Sel telur dan sel sperma mengalami peleburan ketika proses pembuahan dimulai ketika sel sperma bertemu dengan sel telur di dalam rahim. Hingga kini belum ada orang yang mengetahui secara pasti saat pembuahan terjadi, sehingga pada akhirnya muncul tanda-tanda kehamilan. Kemudian seorang dokter akan menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT).

Peleburan antara sel telur dan sel sperma akan membentuk Zygot, Begini Prosesnya!
Sel telur dan Sel Spermatozoa mengalami peleburan



Peleburan antara sel telur dan sel sperma akan membentuk


Dalam tubuh wanita, sel telur akan matang pada periode tertentu setiap bulannya. Padahal tubuh pria selalu memproduksi jutaan sel sperma. Akan tetapi dari sekitar 350 juta sperma yang diproduksi ketika ejakulasi, setidaknya hanya satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur.

Sel telur ada berapa dan Bagaimana proses fertilisasi pada manusia terjadi?


Sepanjang waktu kandungan, janin mempunyai 6-7 juta sel telur. Oleh karena ketika seorang bayi perempuan dilahirkan, jumlah sel ini akan berkurang sekitar 300-500 sel telur. Terjadinya pengurangan sel telur yang belum matang ini diakibatkan karena adanya proses apoptosis atau kematian sel. Anda tidak perlu khawatir, hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi kok.

Setiap kali mengalami menstruasi, sel telur akan mengalami pengurangan 15-20. Berdasarkan kejadian ini, sel telur akan terus mengalami penurunan seiring bertambahnya usia," kata dr Manda ketika mengobrol dengan Labtech.

Diantara ratusan ribu sel telur wanita, hanya sekitar 500 sel yang akan diproses menuju pematangan setiap bulannya, pada ovarium atau indung telur. Jumlahnya akan semakin berkurang ketika semakin bertambah usia, dan menyebabkan kesuburan wanita juga berkurang.

Secara normal, ukuran sel telur yang siap untuk berovulasi (pecah dan dibuahi) adalah sekitar 18-24 mm. Namun, beberapa orang memiliki ukuran sel telur yang kecil-kecil. Selain itu, ada pula yang meskipun sudah memiliki sel telur berukuran besar, namun tidak kunjung terjadi ovulasi.

Fertilisasi adalah proses penyatuan atau peleburan inti sel telur dengan inti sperma, membentuk mahluk hidup baru yang disebut zygot. Dengan kata lain, peleburan antara sel telur dan sel sperma akan membentuk zygot atau mahluk hidup baru.


Jika pada saat ujian anda mendapati soal ini tentu saja anda sudah bisa menjawabnya dengan mudah. Dimana jawaban dari pertanyaan peleburan antara sel telur dan sel sperma akan membentuk zigot, bukan embrio apalagi ovulasi, dan fertilisasi.