Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memprogram LCD 16x2 Tanpa I2C Dengan Arduino

Halo sobat Autominilab yang keren! hehe Apa kabar semua? Mudah mudahan tetap setia meskipun  kami jarang update ya. Ha ha,  Sori ya kesibukan menyelesaikan projek dan banyak aktivitas offline lainnya bikin saya hampir menelantarkan blog tersayang ini.

Cara Memprogram LCD 16x2 Tanpa I2C Dengan Arduino

Ok, tidak..! Sudah cukup, lah curhatnya ya.. pada postingan kali ini saya ingin sharing pengalaman utak atik saya menggunakan LCD tidak ada I2C, Yoi! Sepanjang pengalaman ini setiap projek LCD saya pastikan menggunakan I2C. Alasannya adalah, selain untuk penghematan penggunaan pin pada Arduino, cuma butuh nambah kurang dari sekitar 30 rebu rupiah untuk penggunaan I2C ini, ha ha, murah kan!!!!

Jangan lansung mengerjakan project dulu kali ini, dari kami ada yang penasaran dengan pin out atau datasheet dari LCD 16x2, coba lihat penampakannya dibawah ini:


Kemudian untuk melakukan percobaan cara memprogram LCD 16x2 tanpa I2C dengan Arduino kali ini kita memerlukan bahan-bahan berikut ini:
  • 1x Arduino Uno
  • 1x LCD 16x2
  • 1x Potensiometer ukuran 1K-10K
  • 1x Resistor 220 ohm
  • 1 Set (banyak) kabel jumper male-male
Kemudian buatlah rangkaian dari semua bahan-bahan tersebut diatas seperti gambar dibawah ini:

Yakinkan tidak terdapat sambungan yang salah dengan rangkaiannya ya, Lakukan pengeceka ulang untuk memastikan rangkaianya sudah benar. Nah, apabila sudah yakin benar, kita akan lanjutkan menuju ke pemrograman. Adapun langkah untuk pemrogramannya, kita akan menggunakan library default dari aplikasi arduino IDE itu sendiri.

Cukup salin dan pastekan atau ketik ulang skecth dibawah ini:

#include <LiquidCrystal.h>              //menambahkan library LCD
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);  //pin yang digunakan

void setup() {
  lcd.begin(16, 2);                     //set ukuran lCD 16x2
}

void loop() {
  lcd.setCursor(0,0);                   //baris pertama
  lcd.print(" Test LCD Tanpa I2C");     //menampilkan kata
 
  lcd.setCursor(0, 1);                  //baris kedua
  lcd.print(" KelasRobot.com");         //menampilkan kata
}

Keterangan dari Program Tersebut:
  • #include <LiquidCrystal.h> untuk menambahkan library LCD pada program arduino, dengan library ini pemrograman LCD pada arduino akan lebih sederhana dan mudah dipahami.
  • LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); adalah serangkaian pin yang dipakai pada arduino yang dihubungkan dengan LCD, memang terlihat cukup banyak dibandingkan dengan menambahkan i2c yang hanya pin SCL dan SDA aja.
  • lcd.begin(16, 2); untuk angka 16 dan 2 fungsinya adalah mengatur bahwa lcd yang kita gunakan adalah ukuran 16x2, apabila menggunakan LCD 16x4, tinggal ubah angka 2 nya menjadi angka 4.
  • lcd.setCursor(0,0); Apabila akan menampilkan kata pada baris pertama gunakan kode ini, lantas selanjutnya gunakan lcd. perintaha print untuk menampilkan kata pada baris pertama.
  • lcd.print(" Test LCD Tanpa I2C"); fungsinya untuk menampilkan kata atau kalimat pada lcd, simple banget kan sketchnya 😂
Lihat postingan mengenai LCD lainnya:
  1. Cara Program LCD i2C 16x2 Dengan Arduino
  2. Cara Mengetahui Alamat Pada LCD i2C 
  3. Cara Membuat Jam Digital Dengan Arduino Uno, RTC DS1302, dan LCD i2C!
  4. Cara membuat Alat Pengatur Suhu dan Kelembaban Otomatis Sensor DHT11, LCD, dan Relay!

David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!