Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Menggunakan Rapido: Bagian-bagian dan Fungsinya

Cara Merawat dan Menggunakan Rapido - Penggunaan rapido akan memudahkan pengguna dalam membuat gambar kerja dengan garis yang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Dalam gambar kerja terdapat beberapa macam garis gambar, mulai garis tebal yang menggambarkan sebuah objek utama hingga garis tipis untuk menggambarkan obek pendukung sebagai referensi. Fungsi rapido banyak digunakan dalam berbagai bidang arsitek seperti manufaktur, konstruksi, infrastruktur, arsitektur, permesinan, fabrikasi, galangan dan lain sebagainya.
Cara Merawat dan Menggunakan Rapido: Bagian-bagian dan Fungsinya
Sementara kertas yang digunakan pena rapido merupakan kertas kalkir dengan tekstur seperti plastik yang anti air. Sehingga, satu-satunya alat tulis yang cocok memang rapido dan tidak memungkinkan untuk menggunakan pensil. Dalam pengaturan ketebalan rapido terdapat ujung pena dengan ketebalan berbeda-beda contoh tebal 0,1 mm hingga 2,0 mm yang ujungnya bisa dibongkar pasang.

Cara Membersihkan Rapido

Cara menggunakan rapido dalam membuat garis, sebaiknya ditempelkan saja pada kertas, tidak boleh dilakukan penekanan. Setelah itu, boleh menarik garis dengan kemiringan pensil antara 60º - 80º dari arah kiri menuju ke kanan. Ada hal yang tidak diperbolehkan ketika memakai pena ini, jangan menarik garis dari arah atas ke bawah.

Jika garis yang dibentuk tidak merata, hal ini diakibatkan jalannya tinta kurang lancar. Anda bisa melakukan tips dengan mengangkat rapido kemudian digoyang-goyang arah horisontal. Lalu coba test dipakai kembali, lakukan hal ini beberapa kali jika perlu. Apabila belum juga lancar diulang kembali gerakan semula. Namun, jika tintanya tidak juga mau keluar, mata rapido perlu dicuci atau dibersihkan.

Apabila tintanya terus-menerus keluar ini berarti pengisian tempat tintanya kurang teliti sehingga dalam tabung tinta terdapat udara yang menekan sehingga tinta keluar dari mata rapido. Sebaiknya cara mengisi tinta jangan terlalu penuh. Untuk lebih jelasnya dalam pemeliharaan dan pengisian tinta rapido dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Adapun cara membersihkan rapido yang benar adalah:
  1. Sediakan tissu, taruh ditempat datar.
  2. lalu buka rapido kemudian goyang-goyangkan tempat tinta secara vertical diatas tissu.
  3. Pastikan semua sisa tinta bisa keluar
  4. Cuci rapido jika tinta sudah mulai mengeras
  5. Keringkan kembali dengan mengelap pakai tissu
  6. Pastikan benar-benar kering
  7. Mata rapido siap untuk disimpan atau digunakan kembali
Lakukan langkah ini setiap kali anda selesai menggunakan rapido. Cara ini juga bermanfaat sebagai langkah mencengah kerusakan pena rapido dari tersumbat karena pengeringan tinta pada jalur keluar tinta.

Bagian-Bagian Rapido

Rapido memiliki bentuk yang mirip dengan pensil mekanik, yaitu terbagi atas beberapa bagian. Hal ini memberi keuntungan sekaligus kelemahan. Adapun keuntungan rapido dengan bentuk beberapa bagian ini memudahkan pengguna agar tidak terlalu banyak peralatan menggambar yang digunakan.
Dengan demikian kita cukup menggunakan satu pena saja, dimana tintanya bisa diisi ulang. Selain itu, mata tinta rapido bisa diganti berdasarkan ketebalan yang kita perlukan. Adapun bagian-bagian rapido, antara lain:
  1. Rapido yang merupakan pena yang telah tergabung semua bagiannya dan siap untuk digunakan.
  2. Mahkota/kepala (luar) berfungsi untuk pengaman yang menahan mahkota dalam agar tidak bergerak.
  3. Mahkota/kepala (dalam) berfungsi untuk menjaga mata tinta agar tidak bergesekan dengan penutup.
  4. Penutup berfungsi untuk menjaga agar mata tinta tetap basah dan tidak berbenturan, mengenai baju, tangan, kertas saat tidak digunakan.
  5. Kunci pembuka pena digunakan untuk akses untuk mengeluarkan mata tinta untuk pengisian tinta.
  6. Tabung tinta berfungsi sebagai tempat menampung tinta.
  7. Rumah pena. Berfungsi untuk menghubungkan tabung tinta dan pena.
  8. Pena atau disebut juga mata rapido merupakan bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan tinta. Mata rapido berupa pipa dengan diameter tertentu, bagian yang paling sering dilepas untuk diganti berdasarkan ketebalan tinta..
  9. Tangkai berfungsi untuk pegangan tangan untuk menggunakan rapido dan menjaga tangan dari tabung tinda yang bocor.

Cara Menggunakan Rapido yang Baik dan Benar

Mungkin banyak yang masih bingung cara menarik garis dengan rapido. Karena yang digunakan adalah kertas kalkir, membuat gambar harus sekali tarikan dan tidak boleh berulang. Dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dikarenakan saat menggunakan rapido tidak bisa dihapus ketika terjadi kesalahan.

Salah satu tips bagi drafter pemula adalah membuat sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil kemudian diperjelas menggunakan rapido. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara pemakaian rapido yang baik dan benar.
  1. Jangan ditekan. Mata rapido cukup ditempelkan saja pada kertas dengan kemiringan 60°-80° dari kiri kekanan atau kanan kekiri bagi pengguna tangan kidal.
  2. Gunakan Mata Bagian Dalam. Selalu menggunakan mata tinta bagian dalam untuk membuat garis. Baik itu dari bawah ke atas atau dari kiri ke kanan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas mata tinta rapido dan tidak merusak kedua sisi mata rapido.
  3. Tarikan garis dilakukan dengan perlahan. Tarik garis dengan perlahan dengan kecepatan konstan. Hal ini untuk mendapatkan ketebalan garis yang sama dan tidak terputus karena terlalu cepat saat membuat tarikan garis.
  4. Membuat garis dalam sekali tarikan. Hindari tarikan berulang dari atas-bawah atau kanan-kiri. Dengan adanya garis ulangan akan mengakibatkan penumpukan pada ketebalan garis. Hal ini memperburuk kualitas gambar.
  5. Angkat dan goyang saat tinta tidak lancar. Apabila tinta yang keluar kurang lancar (tidak normal), maka angkatlah rapido lalu goyang goyangkan secara horizontal, kemudian coba dipakai kembali. Jika belum lancar dapat diulang kembali gerakan semula. Biasanya terjadi saat tinta akan habis atau mata tinta rapido ada yang sempat mengering dan tersumbat. Jika masih tidak lancar, maka rapido harus dicuci atau dibersihkan.
  6. Bersihkan secara berkala. Setelah menarik garis, biasanya terdapat sisa-sisa tinta yang menempel pada ujung mata rapido. Untuk menjaga kualitas gambar dan mempertahankan ketebalan garis. Sehingga harus dibersihkan dengan cara mengusap mata rapido menggunakan tisu.
Oke, deh! Itulah pembahasan kita tentang cara menggunakan rapido, merawat, bahkan bagian-bagian dari rapido sudah kami sampaikan. Selamat menggambar, semoga sukses.
David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!