Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenalan dengan Hacktoberfest, Event Open Source Tahunan

 RBL - Website individual yang membahas dasar pengetahuan blogging, informasi tehnologi , narasi islami dan beberapa informasi menarik sekitar usaha online.

Kenalan dengan Hacktoberfest, Event Open Source Tahunan

Website Orang IT - Pada tahun 2020, penulis dikenalkan oleh rekanan mengenai moment Hacktoberfest. Di saat itu penulis belum juga ingin ikut-ikutan. Ingat penulis masih baru di dunia programming. Tetapi, sebetulnya itu tidak jadi permasalahan, karena siapa saja dapat ikuti aktivitas ini tanpa mempunyai basic programming sekalinya.

Ya, siapa saja dapat ikuti aktivitas open source ini, asal tujuannya baik dan ikutinya secara suka-rela.

Pada artikel ini, penulis akan mengulas mengenai Hacktoberfest, diawali dari apakah itu Hacktoberfest.

Hacktoberfest ialah sebuah pergerakan untuk berperan pada beberapa proyek open source. Pergerakan ini berjalan sepanjang bulan Oktober lewat basis Github dan Gitlab.

Acara ini berjalan lewat cara online di penjuru dunia . Maka, di mana saja kamu ada, kamu dapat ikuti Hacktoberfest.

Sesudah ikuti Hacktoberfest, kita akan memperoleh hadiah atau penghargaan berbentuk kaos dan sticker dari sponsor dan mitra acara ini.

Tenang saja, penghargaan ini akan dikirimkan ke rumah masing-masing lewat pengantar. Akan lama sampai, karena mereka mengirimi ke penjuru dunia. Ditambah, stok barang yang dikirimkan bukan hanya satu atau beberapa, tapi banyak!

Hacktoberfest mempunyai tujuan untuk mengundang orang untuk berperan pada project open source. Dengar kata open source, kemungkinan yang terpikirkan dalam pikiran kamu ialah Linux.

Apa itu memiliki arti kita harus berperan pada Linux? Pasti tidak, open source tidak cuma mengenai Linux.

Open Source ialah langkah meningkatkan piranti lunak yang terbuka untuk umum.

Open Source sudah mengganti ekosistem piranti lunak akhir-akhir ini. Microsoft yang dahulu "anti open source" sekarang benar-benar memberikan dukungan pergerakan open source. Bahkan juga, melaunching banyak produk open source dan mengakuisisi Github.

Lewat acara Hacktoberfest ini, kita dibawa untuk turut serta dalam peningkatan piranti lunak atau software yang berbasiskan open source.

Karena karena pergerakan open source, software berkembang dengan cepat sekali. Jadi tidak bingung bila kita menyaksikan kadang-kadang frame-work baru datang, kadang-kadang tehnologi baru ada.

Saya Tidak Memahami Programming, Apa Dapat Turut Hacktoberfest?

Yup! sudah pasti dapat. Sebetulnya yang kamu perlukan untuk dapat turut Hacktoberfest ialah kekuatan untuk memakai Git dan Github.

Kemampuan coding memang diperlukan , tetapi tidak berarti kita harus berperan berbentuk code.

Bila kamu dapat bahasa Inggris dan Indonesia, kamu dapat tolong mengartikan beberapa project open source ke bahasa Indonesia.

Misalnya project Electorn, mereka memerlukan terjemahan untuk web dokumentasinya.

Terima kaos dan beragam stiker limited edition itu benar-benar kece, namun ada argumen yang lebih bernilai untuk berperan serta dalam Hacktoberfest. Apa kamu seorang pengurus atau peserta, kamu pasti belajar dan mendapatkan banyak faedah dari Hacktoberfest.

Sebagai pengurus repositori, Hacktoberfest memungkinkannya kamu untuk meningkatkan komune. Dengan berperan serta dalam Hacktoberfest, repositorimu akan terima semakin banyak jalan raya dari pengembang yang ingin berperan serta.

Maka bahkan juga saat Hacktoberfest usai, bila pengembang ini menyenangi pengalaman berperan pada repositorimu, mereka akan balik untuk menolong dengan semakin banyak permasalahan.

Mengurus project sumber terbuka bisa saja susah, khususnya karena kamu kemungkinan kekurangan waktu untuk tingkatkan dan meluaskan project sebagai pengurus . Maka, Hacktoberfest ialah saat yang pas untuk terima kontribusi mengenai permasalahan yang sudah terlambat untuk beberapa waktu atau kenaikan yang bisa dilaksanakan untuk tingkatkan proyekmu.

Lepas dari apa kamu seorang pemula atau mungkin tidak, ada selalu ruangan untuk belajar dan meluaskan pengetahuanmu. Salah satunya langkah terbaik untuk melakukan dengan berperan pada project sumber terbuka.

Project sumber terbuka umumnya sediakan alat, perpustakaan, atau tipe service sumber daya yang lain untuk komune dengan gratis. Berperan ke mereka dan menolong mereka untuk selalu jalan benar-benar menolong untuk komune, dan pada akhirannya untuk diri kamu sendiri.

Karena tiap project berlainan, masing-masing kemungkinan tergantung pada bahasa pemrograman, rangka kerja, alat, atau tipe sumber daya yang lain mereka pakai atau siapkan. Dengan berperan ke mereka, kamu akan menyempatkan diri untuk mengecek langkah kerjanya, apa yang mereka pakai, dan lain-lain. Kamu menyempatkan diri untuk pecahkan permasalahan atau permasalahan dalam project atau bawa kenaikan baru ke meja.

Maka saat kamu berperan, kmau hadapi rintangan baru untuk diperpecahkan, yang disebut langkah yang baik untuk pelajari dan latih ketrampilanmu.

Bila kamu seorang pemula, dengan berperan serta dalam Hacktoberfest, kamu pada akhirnya bisa menangani perasaan takut yang kemungkinan menghadangimu untuk berperan pada project sumber terbuka. Lewat Hacktoberfest, penulis pada akhirnya mengawali perjalanan penulis dalam berperan pada beberapa proyek open source.

Langkah Berperan serta dalam Hacktoberfest Sebagai Maintainer (Pengurus)

Sebagai pengurus, kamu perlu lakukan hal ini untuk pastikan repositorimu berperan serta dalam Hacktoberfest:

1. Tambah cap Hacktoberfest ke repositori.

2. Tambah cap Hacktoberfest ke permasalahan hingga peserta bisa ketahui permasalahan yang mana bisa mereka bereskan. Ini bermanfaat bila kamu ingin menarik peserta ke permasalahan yang lebih simpel yang bisa mereka mulai.

3. Tambah tutorial kontributor ke repositorimu di contributing.md. Ini dibutuhkan untuk pastikan jika peserta tahu bagaimana berperan pada source kode punyamu. Ini mengirit waktumu dan mereka dan pastikan kisah commit dan source kode masih tetap bersih dan berdasar pakta proyekmu.

Simak juga: Mengenali jalur tehnik informatika

Tahun ini, Hacktoberfest bukan hanya akan memberi penghargaan ke peserta yang sudah mengirim minimal 4 pull request, tapi juga maintainer atau pengurus!

Berperan serta dalam Hacktoberfest itu gampang. Berikut beberapa langkah yang perlu diambil untuk memulai berperan serta:

1. Dapatkan repositori yang sudah "pilih" untuk Hacktoberfest. Ini memiliki arti repositori yang mempunyai cap "hacktoberfest".

2. Di repositori ini, saksikan tab Permasalahan mereka. Kamu harus berusaha untuk secara eksklusif mendapati permasalahan dengan cap hacktoberfest, karena pengurus akan pastikan untuk memakai cap itu dengan permasalahan apa saja yang menurutnya terbaik untuk peserta Hacktoberfest. Tetapi, kamu masih bisa pilih permasalahan apa saja yang menurutmu pas dan bisa disembahkan.

3. Saat sebelum kerjakan permasalahan apa saja, yakinkan untuk mengomentarinya dan kamu ditugaskan untuk permasalahan itu. Ini mengirit waktumu dan pengurus dan menghindar salah paham yang kemungkinan terjadi.

4. Sesudah kamu dikasih permasalahan, yakinkan untuk membaca dasar kontributor yang diketemukan di repositori mana saja di contributing.md. Tutorial ini umumnya meliputi detil mengenai pangkalan code, langkah berperan ke beragam sisi project, apa yang perlu atau mungkin tidak bisa kamu kerjakan, dan banyak.

5. Bila sesudah tutorial kontributormu masih bimbang mengenai detil tertentu, kamu tak perlu sangsi untuk ajukan pertanyaan ke pengurus repositori. Kamu bisa melakukan dengan memberi komentar permasalahan atau memakai ‘tab diskusi' yang semestinya jadi sisi dari repositori.

6. Sesudah semua terang, teruskan dengan fork repository, buat new branch (cabang baru), kerjakan pekerjaan yang sudah diberi kepadmu, dan saat kamu pada akhirnya usai, kirimkan pull request dengan semua detil yang dibutuhkan berdasar repositori yang kamu sumbangkan.

7. Bila waktunya nyaris habis, maknanya pull request kamu sudah dikirim di akhir Oktober dan pengurus tidak bisa menyatukannya dalam kurun waktu dekat, meminta pengurus supaya mereka menambah cap yang diterima hacktoberfest ke pull request kamu. Dengan demikian, itu tetap diakui dalam keterlibatan kamu.

Ada banyak project open source yang cari support dan kontributor kamu, apa kamu berminat untuk turut pergerakan ini pada bulan Oktober mendatang? Bila kamu punyai pengalaman atau masalah saat ikuti moment ini, silakan komentar di bawah ya!

Dibolehkan mengopi artikel yang ada diblog ini dengan persyaratan mengikutkan sumber. Website anda tidak dihapus , deindex , adsense tidak terima keluh kesah hak cipta dari saya.

Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Kenalan dengan Hacktoberfest, Event Open Source Tahunan"

close