Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMKN1SKL; SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM

SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM

Berikut jurusan yang tersedia SMK1 SERI KUALA LOBAM (SMKN1SKL), antara lain:
  1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  2. Teknik Pemesinan Kapal (TPK)
  3. Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)
  4. Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)
  5. Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL)

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Adapun Teknik Kendaraan Ringan merupakan ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Adapun tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :
  1. Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  2. Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
  3. Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.
  4. Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki
Kemudian diproyeksikan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam (SMKN1SKL) bekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif,  Perawatan dan perbaikan chasis dan suspens1 otomotif, Perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industry.

Teknik Pemesinan Kapal (TPK)

Selain itu, ada jurusan Teknik Pemesianan Kapal dengan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam untuk Jurusan Teknik Pemesinan Kapal (TPK).

Lantas Teknik Pemesinan Kapal (TPK) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian: Teknik Perkapalan, dan Bidang Keahlian: Teknologi dan Rekayasa.

Dibawah ini adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Teknik Pemesinan Kapal (TPK).

A. Muatan Nasional

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan

1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Fisika
3. Kimia

C2. Dasar Program Keahlian
1. Gambar Teknik
2. Teknologi Dasar Perkapalan
3. Pekerjaan Dasar Teknik Perkapalan

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Pekerjaan Pelat dan Sistim Pemipaan Kapal
2. Elemen Mesin dan Penggerak Kapal
3. Pekerjaan Mesin Perkakas
4. Pekerjaan Mesin Fluida
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Itu informasi tentang Mata Pelajaran Jurusan Teknik Pemesinan Kapal (TPK). Berikutnya perangkat pembelajaran masing-masing mata pelajaran Teknik Pemesinan Kapal (TPK) tersebut seperti
1. Kompetensi Dasar tiap mata pelajaran;
2. Contoh Silabus;
3. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan
4. Kelompok kompetensi yang dapat dilakukan sertifikasi kompetensi; akan diatur oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sementara RPP dan Materi (Bahan Ajar) masing-masing mata pelajaran Teknik Pemesinan Kapal (TPK) dapat dibuat oleh guru bidang studi (guru diklat/instruktur). Lalu buku-buku mata pelajaran Teknik Pemesinan Kapal (TPK) dapat di beli di toko buku terdekat.

Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)

Program studi Teknika Kapan Penangkap Ikan (TKPI) adalah program yang khusus didirikan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka menambah dan memperluas wawasan pengetahuan di bidang ilmu permesinan kapal penangkap ikan dan permesinan yang berkaitan dengan usaha bidang perikanan.

Adapun tujuan program Keahlian Teknika Perikanan Laut bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten yaitu dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam teknika kapal penangkap ikan dengan memperhatikan segi ekonomi dan manajemen serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam dunia pekerjaan.

Lulusan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI) tidak dilengkapi dengan sertifikat keahlian dan keterampilan pelaut kapal perikanan yang berstandar internasional yaitu Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan tingkat II (ATKAPIN - II) dan Basic Safety Training (BST), serta dilengkapi juga dengan sertifikat kompetensi keahlian "Operator Mesin Kapal Perikanan" sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) yang berada dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Lulusan yang diharapkan adalah mampu mengusai prinsip-prinsip mesin penggerak kapal, instalasi listrik kapal, sistem refrigerasi kapal, pesawat bantu di atas kapal serta peralatan-peralatan lainnya yang mendukung operasional kapal penangkap ikan. Adapun sektor lapangan kerja yang sesuai dengan Teknika Perikanan Laut adalah:
  1. Perwira mesin kapal penangkap ikan di dalam maupun luar negeri.
  2. Teknisi permesinan perikanan di industri budidaya maupun pengolahan.
  3. Pegawai teknis di instansi pemerintah.
  4. Tenaga ahli pada industri permesinan dan peralatan perikanan.
  5. Tenaga ahli pada pengerjaan di galangan kapal.
  6. Dan lain sebagainya

Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

Kemudian SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam ada program studi NKPI Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dilautan dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Sementara Perikanan mempelajari teknik dan metode penangkapan ikan. 

Jurusan NKPI adalah program yang telah direkomendasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sehingga lulusan NKPI mendapatkan 2 Ijasah, yakni Ijasah Profesi Pelaut "ANKAPIN II" dari Kementrian Perhubungan dan Ijasah Sekolah dari Kementrian Pendidikan. 

Tidak ada ijasah ANKAPIN Tk. II di SMKN1SKL yang notabenenya akan menaikkan jabatan berkedudukan sebagai Perwira Kapal ( Mualim ) atau Nahkoda / Kapten Kapal ( untuk kapal >150 GT dengan pelayaran dalam negeri sampai ZEE )

Sementara untuk tujuan Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan adalah untuk Menghasilkan tenaga teknis, ahli yang profesional dan berkepribadian tinggi di bidang perikanan yang memiliki :
  1. Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, khususnya dalam penangkapan ikan dan Navigasi Laut.
  2. Keterampilan mengoperasikan, merawat dan memperbaiki Alat penangkap ikan untuk pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berorentasi pada penangkapan ikan yang bertanggung jawab.
  3. Keterampilan berwirausaha dalam bidang perikanan tangkap.
Mata pelajaran Nautika Perikanan laut diantaranya :

Dimulai dari mata diklat Metode dan Teknik Penangkapan ikan, Bahan dan Alat Penangkapan, Ilmu Pelayaran Datar, Perencanaan Pelayaran, Olah Gerak, PIMTL, Pengetahuan Mesin, Peraturan & Perundang-undangan, Stabilitas, Komunikasi, Kecakapan Pelaut, Hukum Perkapalan, Navigasi Radar dan Elektronik, Oceanografi & Meteorologi, Penanganan Hasil Tangkapan, Biologi Perikanan, Bangunan Kapal, , Swakarya, Wirausaha, Praktek Kerja Lapangan.

Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL)

Kelebihan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Payau dan Air Laut (APAPL) merupakan kompetensi keahlian yang mencetak tenaga-tenaga professional bidang agribisnis perikanan. Dalam mencapai tujuan tersebut dengan cara mempelajari bidang teknik pengembangbiakan komoditas perikanan air payau dan laut, teknik pendederan komoditas perikanan air payau dan laut, teknik pembesaran komoditas perikanan air payau dan  laut dan teknik penanganan pascapanen yang merupakan keterampilan paling banyak di cari di bidang perikanan air  payau dan laut. Tak heran jika prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air payau dan Laut semakin baik kedepannya.

Tujuan

Membekali peserta didik dengan  pengetahuan, keterampilan dan karakter supaya kompeten dalam :
  1. Melakukan pekerjaan sebagai tenaga terampil/ professional pada dunia kerja, dunia industri serta berwirausahan pada sektor budidaya perikanan air payau dan air laut,
  2. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi budidaya perikanan, kualitas air dan hama penyakit, produksi pakan alami dan buatan
  3. Melakukan pekerjaan sebagai laboran di perusahaan budidaya dan pengolahan perikanan
  4. Berwirausaha dalam bidang usaha perikanan
Adapun Profil Tamatan APAPL

Lalu tamatan Kompetensi Keahlian APAPL diharapkan memiliki profil kompetensi umum yang mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yaitu beriman, berakhlak mulia,sehat,cakap, kreatif, mandiri, demokratis, tanggung jawab, disiplin, jujur, memiliki kecakapan hidup/ life skill mumpuni dan berkarakter tangguh. Disamping itu juga dibekali dengan keahlian yang mengacu pada SKKNI. Sertifikat keahlian Cara Berbudidaya Ikan Yang Baik (CPIB) dan Sertifikat Kompetensi Keahlian Budidaya Ikan serta sertifikat kompetensi keahlian bidang agribisnis perikanan yang dikeluarkan oleh BNSP.

Jika adik-adik ingin berwira usaha bidang otomotif, buka bengkel didaerah Bintan, silahkan memilih jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam. Jurusan ini juga sangat cocok untuk adik-adik yang ingin bekerja di perusahaan Lobam, seperti PT Esco, PT Singatec, PT Labtech, PT BOMC dan lain-lain.