Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berkendara Aman Jarak Jauh

Bintan News | Tips berkendara aman jarak jauh berikut perlu anda ikuti sebelum melakukan perjalan yang jauh.

Berdasarkan analisis para ahli atas kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi suaminya serta keluarga lainnya selamat. Adapun tips berkendara aman jarak jauh, antara lain:

  1. Atur posisi kursi dan stir
  2. Gunakan sabuk pengaman
  3. Selalu perhatikan kecepatan kendaraan
  4. Patuhi rambu-rambu lalu lintas
  5. Apabila sudah lelah, wajib beristirahat.
  6. Jangan Main Handphone

Tips berkendara aman jarak jauh

Ilustrasi mengemudi, google.

Sekarang akan kita bahas satu persatu, bahwa semua poin diatas sangat berkontribusi besar terhadap keselamatan berkendara.

1. Mengatur posisi kursi dan stir

Posisi kursi akan berpengaruh langsung terhadap jangkauan stir (kemudi) mobil. Jika kursi didekatkan kearah stir, jangkauan tangan akan lebih dekat. Namun, berbeda halnya apabila kursi dijauhkan dari stir, jangkauan tangan akan lebih jauh.

Apa kontribusinya terhadap kecelakaan? Begini, kursi adalah tempat duduk, yang akan mempengaruhi kenyamanan tubuh dalam jangka waktu tertentu. Apabila tubuh dan kursi tidak baik, rasa tidak nyaman akan muncul. Bisa saja bentuknya berupa pegal, keram, dan rasa ngilu pada bagian punggung.

Nah, otomatis akan menggangu psikologi dan bahkan fisik anda. Perasaan anda akan terganggu dan akan mengalihkan perhatian anda memperhatikan rambu-rambu lalulintas.

2. Menggunakan sabuk pengaman

Tips berkendara aman untuk jarak jauh berikutnya adalah selalu mengencangkan sabuk pengaman. Jika anda bertanya, apa hubungannya dengan kecelakaan mobil? Seperti ini, sabuk pengaman memiliki fungsi sebagai penahan tubuh saat terjadi gerakan tiba-tiba.

Memang tidak langsung memberikan kontribusi terhadap kecelakaan lalulintas. Poin yang satu ini lebih berfungsi sebagai keselamatan berkendara. Dengan mengenakan sabuk pengaman dengan benar, posisi tubuh anda akan aman ketika terjadi benturan.

3. Selalu perhatikan kecepatan kendaraan

Apa sih manfaatnya memperhatikan kecepatan kendaraan? Manfaatnya, hanya satu, anda akan mengetahui kecepatan mobil anda saat ini. Hal ini akan membantu Anda memperkirakan ambang batas kecepatan yang mampu anda kendalikan dengan kondisi mobil saat ini. Biasanya, hal ini berkaitan dengan rem, kopling dan hal lainnya.

Sehingga, jika terjadi potensi kecelakaan anda akan mampu mengendalikan mobil untuk menghindari kecelakaan. Apabila anda 😕 bingung berapa batas kecepatan yang aman, ikuti rambu lalu lintas, khususnya rambu batas kecepatan. Patuhi! Karena hal itu sudah diperhitungkan anda bisa memegang kendali penuh mobil anda.

4. Patuhi rambu-rambu lalulintas

Jelas sekali, rambu lalu lintas sangat berkontribusi terhadap kelancaran arus lalu lintas. Serta memberikan sumbangan besar terhadap pencegahan terjadinya kecelakaan pada jalan raya. Satu aja pesan kami, PATUHI!

5. Apabila sudah lelah, wajib beristirahat

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan paling dominan adalah kelelahan. Hal ini diperoleh dari data kepolisian yang membuat list penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Kelelahan akan membuat emosi anda tidak bisa dikendalikan sepenuhnya, anda akan mudah tersinggung oleh mobil lainnya. Beristirahat lah, jangan paksakan mata yang sudah lelah, tubuh yang sudah tidak fit mengendarai mobil. Sayangi keluarga, luangkanlah waktu untuk memulihkan kondisi tubuh.

6. Jangan Main Handphone

Apa coba, maksudnya, engendarai mobil sambil main handphone? Apa tidak rencana bunuh diri, perilaku seperti itu. Secara langsung, anda akan kehilangan perhatian terhadap jalan raya.

Nah,  begitu dia! Beberapa tips berkendara aman jarak jauh dari kami. Intinya, Utamakan keselamatan berkendara.

Disclaimer: Artikel ini terinspirasi dari berita CNN Indonesia, dimana pembahasan ini dilakukan karena terjadi kecelakaan maut artis Vanessa Angel. Saya hanya merangkum percakapan yang dilakukan pihak stasiun televisi transTV tersebut.


David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!