-->

Cara Memperbaiki Tombol Reply/Balas Komentar di VioMagz v2.4

Bintannews.com - Meski telas lama rilis, template viomagz V1.7, V1.8 hingga V2.4 masih primadona bagi blogger. HAl ini dapat kita ketahui dari banyaknya pencarian untuk tutorial cara memperbaiki tombol balas pada kolom koentar template viomagz tidak berfungsi.

Setelah lama tidak menulis di blog ini karena faktor kerjaan, di artikel ini saya memberi cara mengatasi tombol balas komentar blog tidak berfungsi khususnya pada template yang saat ini saya gunakan yaitu template VioMagz v2.4.1 karya Mas Sugeng.id yang merupakan salah satu template kesukaan dalam dunia Blogger Indonesia.

Sedikit review mengenai Template Viomagz :

Viomagz V2.41 masih banyak digunakan dan menjadi salah satu template andalan sebagian besar blogger di indonesia, tanpa terkecuali saya sendiri menggunakan template karya mas sugeng ini dari tahun 2019 - sampai sekarang (2022). Alasannya yakni SEO Friendly, menarik dan yang terpenting fast loading.

Back to topik utama tutorial cara mengatasi tombol balas komentar di template viomagz v2.4.1 yang tidak berfungsi. Masalah ini saya dapati beberapa waktu yang lalu pada tombol reply yang tidak berfungsi alhasil saya tidak bisa membalas setiap komentar pengunjung.

Hal ini yang menjadi ide artikel kali ini, saya ingin berbagi sedikit tutorial seputar blogging yaitu Cara Mudah Mengatasi Tombol Balas Komentar Tidak Berfungsi Pada Template Viomagz. Saya membuat tutorial ini, karena blog saya mengalami sedikit pemasalahan pada tombol reply/balas komentar dan setelah mencari cara mengatasinya, ternyata sangatlah mudah.

Cara Mudah Mengatasi Tombol Reply/Balas Komentar Tidak Berfungsi Pada Template Viomagz
Pada sebuah blog, pasti terdapat sebuah fitur yang diperuntukan untuk pengunjung blog agar bisa berinteraksi dengan pemilik atau admin blog yaitu fitur komentar. Untuk mengatur fitur komentar ini, kalian harus mengaktifkannya lewat setelan di Blogger atau kalian bisa juga memasang platform layanan komentar yang menarik pada blog kalian, seperti Disqus.

Tetapi, masalah yang terjadi pada fitur komentar bawaan blogger adalah ketika ada suatu komentar dari pengunjung blog kemudian kita ingin membalas komentar tersebut, maka tombol Reply/balas komentar tersebut tidak berfungsi. Itulah yang menjadi sedikit masalah pada fitur komentar blogger, kita tidak bisa membalas komentarnya.

Bisa jadi hal ini terjadi karena pengaruh template yang kita pasang di blog kita, seperti contohnya saya memasang template Viomagz buatan Mas Sugeng atau template yang lain juga bisa mengalami masalah yang sama. Masalahnya ialah terdapat pada template tersebut ada beberapa kode html/css yang belum disetting, sehingga menjadi penyebab kita tidak bisa membalas komentar dari pengunjung blog. Masalah kecil ini baru saya tau setelah ada yang komentar di salah satu artikel saya, dan kemudian saya ingin membalas komentar tersebut tetapi tidak bisa.

Cara memperbaiki/Mengatasi Tombol balas/reply Komentar Tidak Berfungsi Pada Template Viomagz

Untuk cara mengatasi atau memperbaiki tombol reply/balas komentar tidak berfungsi sangatlah mudah, kita hanya tinggal mengganti beberapa kode html/css. Cara ini juga bisa kalian coba pada template blog yang lain, tidak hanya untuk blog bertemplate Viomagz. Silahkan simak tutorialnya sampai selesai
SATU Kalian masuk ke dashboard blogger Tema, kemudian pilih Edit HTML.

DUA Setelah itu kalian cari kode html b:css='false' (letaknya ada di paling atas), kemudian kalian ganti menjadi b:css='true' terlihat pada gambar yang saya beri tanda di bawah.  

TIGA Setelah itu, kalian cari lagi kode html &lt;!–-</body>–-&gt;&lt;/body&> (letaknya ada di paling bawah), kemudian kalian ganti menjadi </body>. Setelah selesai, kalian Simpan Tema.
Nah, setelah itu kalian cek pada blog kalian dengan menekan tombol Reply/Balas Komentar, kemungkinan nanti sudah bisa untuk membalas komentar. Saya menerapkan cara di atas dan tombol balas komentar di blog saya sudah bisa.

EMPAT Jika cara di atas belum berhasil mengatasi tombol balasnya, lakukan langkah lanjutan berikut ini yang kemungkinan akan mengatasi masalah tadi

1. Akses kembali dashboard blogger Tema, lalu pilih Edit HTML.

2. Selepas itu coba cari kode html &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt; kemudian kalian ganti kode tersebut menjadi </head>.

3.Kemudian coba cari kode html .quickedit,.thread-toggle,.edit-post,.item-control{display:none;}, lalu anda hapus kode html tersebut, kemudian Simpan Tema.

LIMA Selepas itu periksa lagi tombol reply/balas komentar pada blog, kemungkinan besar  tombol balas komentar akan berfungsi. Saya hanya melakukan langkah yang pertama dan langsung berhasil. Apabila masih belum bisa, coba konsultasikan dengan tinggalkan komentar, saya akan senang hati membalas komentar anda :D
Cara Memperbaiki Tombol Reply/Balas Komentar di VioMagz
Hasil Uji Web.dev setelah diperbaiki

Pengujian setelah diperbaiki

Setelah kita memperbaiki tombol reply/balas viomagz v2.4.1 yang tidak berfungsi atau tidak aktif, sebaiknya kita test ulang performanya.

Kali ini saya menggunakan web.dev/measure sebagai alat uji kinerja template blog viomagz yang sudah kita perbaiki kolom komentar yang tombol balasnya tidak aktif.

Dapat anda lihat screenshoot diatas, kita masih mendapatkan nilai 93 untuk performa, 88 untuk accessibilitas, 92 untuk best practices dan yang paling utama NILAI 100 untuk SEO.

Kelebihan dan Kekurangan setelah diedit

Ada empat buah kode yang kita ganti pada langkah memperbaiki tombol balas komentar template ini. Dimana keempat kode ini sebenarnya mendukung sekali untuk performas blog, terutama pada bagian SEO.

Namun tidak menutup kemungkinan perubahan kode tersebut berpengaruh pada bagian accessibilitas, yaitu terlihat dan lebar teks pada layar smartphone.

Ada kekurangan yang saya lihat ketika mengaktifkan tombol reply/balas pada vimagz ini, yaitu pada bagan bulleting.

Apa yang terjadi? Terdapat sedikit perubahan ukuran lebar (inden) pada text yang menggunakan bulleting. Adapun perubahan ini yakni mengecil pada semua bagian bulleting.

Sementara untuk kelebihan yang kita peroleh dengan memperbaiki tombol balas/reply ini, yaitu tombol balas dan hapus menjadi muncul dan bisa berfungsi.

Baiklah, itu dia cara yang bisa saya bagikan untuk mengatasi tombol balas komentar blog tidak berfungsi dengan sedetail mungkin namun apabila ada pertanyaan atau problem dengan topik ini, silahkan tanyak di kolom komentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel