close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Berbau Gosong

Kerusakan pompa air yang keluarkan asap atau diikuti dengan terciumnya berbau gosong (berbau terbakar) seringkali terjadi pada beberapa pemakai unit pompa air konservatif, umumnya pada mereka cukup akrab dengan menganggap kerusakan itu sebagai pertanda kerusakan pada elemen dinamo atau spulnya.

Asumsi itu memang dibetulkan jika permasalahan keluarnya asap dan berbau gosong pada pompa air biasanya sebagai pertanda kerusakan pada elemen dinamo yang terbakar.

Cara Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Berbau Gosong
Pompa Air Gosong

Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Dan Berbau Gosong

Namun tahukah anda bahwa selain karena dinamo yang rusak atau terbakar, keluarnya asap atau bau gosong bisa juga diakibatkan oleh berbagai hal lainnya seperti konsleting listrik pada instalasi kabel, kapasitor bocor atau rusak dan lain sebagainya.

Dalam penanganannya hal pertama yang harus dilakukan apabila pompa air mengeluarkan asap serta tercium bau gosong adalah mematikan sumber listrik terutama dikhususkan untuk pompa air tersebut. Dan setelahnya kita bisa langsung lakukan pemeriksaan secara keseluruhan baik pada instalasi kabel maupun unit pompa airnya untuk mengetahui dimana letak masalah atau kerusakannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasi kerusakan ini, berikut saya berikan beberapa ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi masalah pompa air yang keluar asap serta bau gosong tersebut.

Penyebab Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Dan Berbau Gosong
  • Dinamo Terbakar
  • Periksa Jalur Instalasi Kabel
  • Kondisi Kapasitor Meleleh (Rusak)
  • Bearing Seret Atau Macet

      1. Dinamo Terbakar

      Jika langkah diatas sudah anda lalui dan ternyata tidak ada masalah pada jalur kelistrikan kabel serta komponen kapasitor
      dan juga bearing maka bisa dipastikan bahwa keluarnya asap dan bau gosong tersebut disebabkan oleh dinamo yang sudah terbakar.

      Memang pada dasarnya keluhan terciumnya bau gosong dan asap pada mesin pompa air sangat sering dan paling umum disebabkan oleh gulungan dinamo pompa air yang terbakar, jika bagian ini telah rusak maka anda harus menggulung ulang dinamo atau motor mesin pompa air tersebut. Mengingat perbaikannya yang tidak bisa dilakukan sendiri karena memang butuh keahlian khusus maka anda bisa memakai jasa service rewinding yang sudah ahli mengatasi masalah ini.

      2. Periksa Jalur Instalasi Kabel

      Langkah cara yang pertama saat menangani kasus pompa air keluar asap serta tercium bau gosong (bau terbakar) adalah dengan mengecek kondisi jalur instalasi kabel sepanjang jalan sambungan kabel yang menuju pompa air, tentunya sebelum melakukan hal ini pastikan bahwa listrik dalam keadaan sudah dimatikan. Umumnya masalah keluarnya asap maupun bau gosong tersebut didapati karena adanya konsleting listrik pada bagian jalur kabel instalasinya, selain itu dibagian colokan atau saklar seringkali meleleh karena panas sehingga membuat terciumnya bau gosong atau hangus.


      Bagian terminal kabel yang kendor juga berpotensi membuat percikan-percikan api hingga bau gosong yang tercium. Jadi, pastikanlah jalur instalasi kabel dalam keadaan yang aman tanpa ada konsleting serta sambungan yang kendor, jika menemukan kabel yang terkelupas maka segera lapisi dengan isolasi. Begitu juga dengan colokan listrik atau saklar apabila anda menggunakannya maka segera ganti jika telah meleleh atau rusak.

      3. Kondisi Kapasitor Meleleh (Rusak)

      Terkadang terciumnya bau gosong pada pompa air bisa berasal dari komponen kapasitor. Kasus kapasitor bocor atau meleleh memang bisa terjadi dan pastinya akan ditandai langsung dengan bau gosong atau hangus yang menyengat ketika pompa air anda dekati.

      Jadi, periksalah bagian kapasitor tersebut jika memang telah rusak maka gantilah dengan yang baru. Umumnya setelah diganti kapasitornya unit pompa air biasanya akan langsung dapat digunakan kembali namun hal ini juga tergantung pada kondisi dari mesin atau dinamonya.

      4. Bearing Seret Atau Macet

      Selain karena disebabkan oleh beberapa hal diatas, penyebab keluarnya asap serta bau gosong juga sering diakibatkan karena kemacetan bearing, tertahannya laju mesin pompa air akibat bearing yang macet membuat dinamo overheating dan akhirnya menimbulkan asap setelah beberapa menit.

      Sudah pasti ini tidak bagus untuk kesehatan mesin dinamo pompa air anda, bahkan juga bila kemacetan bearing itu berjalan ketahan berlama-lama karena itu yang bisa terjadi ialah dinamo akan cepat terbakar.

      Maka, jika pompa air anda pada kondisi macet keseluruhan karena itu jangan mencoba-coba menghidupkannya kembali saat sebelum mesin pompa air betul-betul sanggup berputar-putar lancar, hingga dalam masalah ini pergantian bearing sangat dibutuhkan.

      Selain kerusakan fisik pada elemen bearing, kemacetan bisa juga disebabkan karena status rotor yang tidak akurat pada rumah dinamo.

      Baik cukup demikian dahulu untuk artikel ini kali, mudah-mudahan dapat berguna dan menolong permasalahan anda. Bila sudi silakan sharing artikel ini agar menolong orang yang lain mungkin saja memerlukan ulasan semacam ini. Oke bila ada yang penting ditanya silakan pakai kotak komentar di bawah. Terima kasih banyak.
      Admin
      Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

      Post a Comment for "Cara Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Berbau Gosong"