Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan Dari Awal Hingga Sukses

Apakah Sobat pernah berniat membuat atau mencoba usaha laundry kiloan? Andaikata Sobat mau memperhatikan lokasi di sekitar tempat tinggal Sobat kemungkinan besar pasti ada jasa laundry kiloan yang sudah berdiri serta melayani di sana.

Pada kehidupan sehari-hari kita tidak akan terlepas dari pakaian, lebih-lebih lagi masyarakat perkotaan yang setiap hari memperlukan pakaian bersih serta rapih untuk pergi bekerja. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mencuci bajunya sendiri.

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan

Ada beberapa orang lebih memilih menggunakan jasa laundry daripada mencuci serta menyetrika pakaian sendiri. Peralihan gaya hidup masyarakat yang seperti ini membuat usaha laundry kiloan akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Apabila Sobat baru pertama kali akan memulai usaha laundry? Mari simak tips membuka usaha laundry kiloan bagi pemula berikut ini agar sukses.

Pekerjaan mencuci pakaian adalah satu diantara banyak aktivitas yang cukup membuat lelah. Lebih-lebih lagi jika dilakukan dengan cara manual, waktu yang diperlukan pun sangat lama. Itulah kenapa bisnis usaha laundry menjamur di masyarakat.

Orang-orang seperti pekerja serta mahasiswa sering tidak punya waktu untuk mencuci. Sehingga jasa laundry menjadi solusi untuk mengatasi masalah pakaian kotor.

Jika Sobat ingin berbisnis, cobalah usaha laundry. Kami memiliki beberapa tips yang dapat membantu Sobat memulai usaha.

Lantas, apa alasan memilih bisnis laundry kiloan serta bagaimana cara memulai bisnis ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Memilih Bisnis Laundry Kiloan?

Masyarakat di kota-kota besar sangat banyak yang memperlukan jasa laundry. Bisnis ini punya target market yang potensial. Mulai dari pekerja kantoran atau karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga yang sudah kewalahan serta tidak punya waktu mencuci serta menyetrika pakaian keluarga.

1. Pekerja atau Karyawan

Para pekerja di kota-kota besar biasanya tinggal di rumah indekos atau kontrakan. Banyak dari antara mereka yang tidak punya waktu mencuci serta menyetrika pakaian sendiri, terutama mereka yang masih lajang.

Hal ini disebabkan karena pekerjaan serta aktivitas lainnya yang menghabiskan waktu mereka. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa mereka lebih memilih menggunakan jasa laundry.

Nah, jika ingin langsung merasakan manisnya usaha laundry kiloan maka lokasi bisnis harus berada di sekitar pemukiman rumah indekos atau kontrakan. Namun, membangun usaha laundry kiloan yang sukses tidak terjadi begitu saja.

2. Mahasiswa

Di sekitar kampus umumnya banyak ditemui rumah-rumah indekos serta kontrakan. Rumah inilah yang menjadi tempat tinggal yang berasal dari luar kota.

Sebagian dari mereka tidak memiliki kemampuan serta pengetahuan untuk mencuci pakaian, sebagian lainnya tidak punya waktu untuk mencuci karena disibukkan oleh aktivitas kuliah serta organisasi. Sesertagkan sebagian kecil lainnya memang malas.

Kondisi mahasiswa di atas bisa Sobat jadikan sebagai peluang untuk membuka usaha laundry pakaian. Jasa inilah yang diperlukan mahasiswa untuk membuat pakaian mereka kembali bersih serta wangi.

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan Dari Awal Hingga Sukses

Walaupun Sobat berada di lokasi yang startegis untuk bisnis ini, Sobat juga perlu strategi yang tepat dalam menjalankannya. Nah, di artikel ini saya akan mengulas tentang cara menjalankan usaha laundry kiloan yang sukses.

1. Kuasai Cara Mencuci yang Benar

Mencuci pakaian memang terlihat seperti hal yang sepele, tapi ini justru menjadi penting ketika Sobat ingin membuka usaha laundry kiloan.

Wajib hukumnya bagi Sobat mengetahui bagaimana cara mencuci yang baik serta benar.

Sobat harus memerhatikan detil pakaian dari pelanggan Sobat.

Misalnya, jangan mencampur pakaian putih dengan pakaian berwarna karena ada risiko terkena luntur, atau mengetahui cara menghilangkan noda membandel, cara mencuci berbagai bahan jeans, sweater serta lainnya.


Semakin profesional Sobat dalam memberikan jasa Sobat, maka konsumen pun tentu akan semakin setia dengan Sobat.

2. Setting Harga yang Tepat

Saat pertama kali baru memulai bisnis, artinya Sobat belum memiliki reputasi sebagai penjual jasa laundry. Dengan begitu, Sobat perlu menentukan harga yang tepat untuk jasa yang ditawarkan.

Sampai saat ini, kebanyakan konsumen seLantas menilai suatu jasa dari harganya.

Semakin murah Sobat membuat harga, maka semakin besar pula kemungkinan besar konsumen yang datang.

Tapi, jangan juga membuat harga terLantas murah karena dapat menciptakan opini negatif dari konsumen.

Selain itu, ini juga bisa membuat Sobat malah merugi nantinya.

Lebih baik survey serta teliti dahulu harga yang cocok di daerah Sobat. Jangan sampai salah langkah dalam menentukan harganya.

3. Sediakan Pelayanan yang Memuaskan

Jangan hanya berfokus pada harga, tapi fokuskan juga strategi Sobat pada pelayanan.

Misalnya dari jam buka laundry, Sobat bisa memulainya sejak pagi agar orang yang berstatus karyawan bisa menyempatkan datang ke laundry Sobat di pagi hari.

Selain itu, kebersihan tempat usaha serta kerapihan dalam pengemasan juga bisa menjadi nilai plus bagi pelanggan.

Jangan lupa untuk menjadikan keramahan sebagai stSobatr pelayanan sehingga pelanggan akan lebih nyaman ketika bertransaksi.

4. Tentukan Tempat yang Strategis

Pemilihan tempat juga menjadi faktor yang bisa mempengaruhi bisnis Sobat.

Bayangkan jika Sobat membuka bisnis laundry kiloan di perumahan elit yang isinya kebanyakan adalah karyawan kelas atas.

Kemungkinan besar, usaha Sobat akan seLantas sepi karena biasanya mereka sudah memiliki asisten rumah tangga yang mengurus segala urusan rumah.

Tapi sebaliknya, jika Sobat membuka usaha di tempat yang ramai Lantas lalang orang, seperti di lokasi kos-kosan, perkantoran, kampus, atau sekolah.

Ini bisa menjadi kepunya waktuan bagi Sobat untuk menawarkan jasa agar memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari.

5. Berikan Layanan Antar Jemput

Sebagai pebisnis di bisertag jasa tentunya pelayanan yang maksimal akan membuat bisnis Sobat semakin menjadi pilihan bagi pelanggan.

Begitupun untuk bisnis laundry kiloan, menyediakan layanan antar jemput pakaian akan menjadi magnet yang kuat untuk menarik pelanggan.

Perlu dipahami kembali bahwa kebanyakan orang yang memilih jasa laundry merupakan orang yang sibuk, sehingga memerikan layanan jemput serta antar pakaian laundry akan sangat membantu mereka.

6. Rajinlah mengadakan Promosi

Percayalah bahwa cara yang ampuh untuk menarik konsumen adalah dengan mengadakan promosi-promosi menarik.

Jenis promosinya pun bisa Sobat sesuaikan dengan budget serta target yang ingin Sobat dapatkan.

Sebagai contoh:

Apabila targetnya merupakan konsumen baru, maka Sobat bisa membuat promosi gratis laundry 1 kilo untuk pelanggan baru atau berikan hadiah menarik tertentu.

Apabila Sobat mau menaikkan brand awareness terhadap bisnis Sobat, mungkin Sobat bisa memberikan persyaratan follow akun media sosial untuk mendapatkan gratis laundry 1 kilo, serta lain sebagainya.

Intinya adalah buatlah promosi rutin yang sesuai dengan budget serta keperluan Sobat.

7. Adakan Pembukuan Yang Jelas

Apapun bisnisnya, membuat pembukuan yang jelas merupakan hal yang wajib.

Pencatatan akan pengeluaran serta pemasukan arus kas akan membuat Sobat lebih mudah dalam memahami bagaimana kondisi keuangan serta bisnis Sobat saat ini.

8. Perkirakan Biaya Operasional

Saat ingin memulai bisnis dengan modal kecil, Sobat harus perhitungkan biaya operasional sedetil-detilnya.

Buat budget untuk pengeluaran per bulan misalnya untuk gaji karyawan, sewa tempat, tarif listrik, air, sabun, serta lain-lain.

Jangan lupa juga untuk senantiasa menyiapkan sertaa tidak terduga.

Ini diperuntukkan jika sewaktu-waktu ada masalah dengan mesin cuci yang Sobat miliki serta perlu biaya perbaikan.

Untuk Sobat yang baru memulai bisnis ini, sebaiknya jangan membeli peralatan serta perlengkapan yang berlebihan.

Coba lihat dulu perkembangannya selama 3 bulan sejak Sobat mulai, jangan terburu-buru serta bernafsu dalam berbisnis.

9. Perhatikan Waktu/Durasi Layanan

Selama berbisnis laundry, waktu juga menjadi salah satu yang penting.

Sobat benar-benar harus menghargai waktu karena ketepatan waktu dalam pengerjaan laundry ini bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan Sobat.

Jika Sobat gagal memenuhi waktu dari ukuran yang ditentukan, atau bahkan ukuran waktu yang Sobat tentukan sangat lambat bagi konsumen, maka siap-siaplah untuk mendapatkan review yang kurang baik dari konsumen.

Dalam bisnis jasa, yang senantiasa menjadi nilai utama adalah kepuasan dalam pelayanan.

Jangan sampai ada kekecewaan yang muncul dari konsumen hanya karena Sobat telat menyelesaikan pekerjaan tersebut walaupun hanya beberapa jam.

10. Kerjakan selalu Kegiatan Marketing

Apapun bisnis yang Sobat lakukan, akan terasa sia-sia jika Sobat tidak memasarkan atau mempromosikannya.

Bagaimana caranya produk yang Sobat miliki dibeli oleh pelanggan jika mereka tidak tahu bahwa Sobat menjual produk tersebut?

Seberapa menariknya produk Sobat, apabila konsumen tidak mengerti soal produk Sobat, mereka tak akan tertarik.

Makanya, lakukan strategi pemasaran yang tepat itu penting.

Pastikan untuk memasang banner dengan ukuran yang mudah dibaca serta desain yang menarik di depan toko laundry Sobat.

Hal ini supaya setiap orang yang lewat bisa tertarik melihat ke arah tempat usaha Sobat, dengan begitu semakin lama mereka akan semakin penasaran untuk mencoba,

Selain itu, buatlah media sosial ataupun website untuk bisnis laudry kiloan milikmu.

Jangan underestimate dengan pemasaran secara online, karena usaha yang telah menuju digital dinilai akan lebih banyak meraih keuntungan, lho.

11. Rekrut Karyawan yang Kompeten

Tips laundry kiloan selanjutnya adalah, Sobat harus memilih karyawan yang kompeten.

Perlu diingat bahwa usaha adalah sebuah organisasi, yang tentu saja di dalamnya terdapat orang-orang bekerja untuk meraih satu tujuan.

Tapi, mencari karyawan pun tidak bisa asal, walaupun mungkin Sobat berpikir ini hanyalah usaha laundry.

Usaha Sobat nantinya akan sangat berkaitan erat dengan jasa, serta langsung berhubungan dengan melayani konsumen secara langsung.

Maka, Sobat harus memilih orang-orang yang memang bisa mencuci, menyetrika dengan baik, serta bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Ingat, baju yang nantinya dikerjakan adalah amanah serta milik orang lain.

Sobat sebagai pemilik pun, harus bersikap adil serta memberikan gaji yang sesuai keahilian mereka.

Dengan begitu, karyawan pun akan lebih bahagia, semangat mengerjakan tugas serta satu jalan dengan Sobat dalam mengembangkan bisnis.

Namun, sobat mengurus pembukuan seperti itu tidaklah mudah Lebih-lebih lagi jika Sobat memperlukan pembukuan yang lebih terperinci.

Disini BintanNews.com, Sobat bisa mengakses analisis serta laporan keuangan dengan mudah, selain itu Sobat juga akan mendapatkan beragam keuntungan yang tentunya akan memudahkan Sobat dalam menjalankan bisnis.

Beberapa keuntungan tersebut diantaranya, free biaya transfer, cashback untuk setiap transaksi, payment link untuk kemudahaan pembayaran serta lain sebagainya.

Bahkan, Sobat juga bisa mendapatkan pinjaman bisnis untuk memajukan bisnismu, lho!

Demikian penjelasan singkat mengenai tips menjalankan usaha laundry kiloan yang sukses. Dengan melakukan tips di atas, diharapkan usaha laundry kiloan Sobat bisa semakin sukses. Semoga bermanfaat.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close