close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova

Membuka tutup tangki Kijang Innova paling sepele yang selalu diabaikan oleh pengemudi pemula atau pengemudi yang baru pertama kali mengendarai mobil yang bukan pegangannya adalah tentang letak tutup tangki bahan bakar dan bagaimana cara membukanya.

Masalah seperti ini baru disadari oleh sang pengemudi saat ingin mengisi bahan bakar. Malahan sang petugas SPBU yang paling tahu dan lebih hafal dari pada sang pengemudi mobil tersebut, cikickick.

Cara Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova

Baiklah, kesempatan ini aku akan memberi tahu tentang bagaimana cara membuka tutup tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova, lebih spesifiknya adalah Toyota Grand New Kijang Innova tipe G bermesin diesel produksi tahun 2013.


Letak tutup tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova berada di sebelah kiri, hal ini bisa dilihat dari indikator tanda panah kiri pada panel speedometer (lihat tanda panah). Apabila pada stasiun pompa bensin (SPBU) tersedia 2 jalur antrian (kiri-kanan), maka ambil lah atau antri lah di jalur sebelah kanan.
  1. Lalu tarik atau congkel tuas pembuka pintu bahan bakar yang terletak di sekitar sebelah kanan-bawah dashboard (lihat tanda panah).
  2. Segera setelah tuas tersebut ditarik atau dicongkel, otomatis pintu bahan bakar langsung terbuka (lihat tanda panah).

  3. Selepas itu lepas tutup tangki bahan bakar (lihat tanda panah) dengan cara diputar berlawanan arah jarum jam.

  4. Sampai disini proses pengisian bahan bakar sudah bisa dilakukan. Sebagai tambahan, kapasitas tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova adalah sekitar 55 liter, baik yang solar maupun yang bensin kapasitasnya sama saja.

  5. Selepas pengisian bahan bakar selesai, pasang dan rapatkan kembali tutup bahan bakar (lihat tanda panah). Caranya diputar searah jarum jam sampai terdengar bunyi klik.
  6. Lalu tutup dan rapatkan kembali pintu bahan bakar (lihat tanda panah) dengan cara menekannya sampai terdengar bunyi klik. Finish.

Keterangan :
Menurut pengalaman kami di lapangan, dimana mayoritas SPBU milik Pertamina menyediakan petugas pada setiap pompa bensinnya, kecuali pada sebagian SPBU Pertamina di kota-kota besar yang berlabel self service.

Disini pengemudi cuma perlu melakukan langkah sampai membuka pintu bahan bakar (langkah kedua pada tulisan ini) dan membayar saja, sementara untuk membuka tutup tangki bahan bakar, melakukan pengisian bahan bakar, memasang kembali tutup tangki bahan bakar dan menutup kembali pintu bahan bakar dilakukan oleh petugas SPBU.

Sangat terbantu sekali, bukan? Sehingga tidak butuh keluar dari mobil, sobat hanya membuka kaca jendela saja. Wow, sungguh kondisi yang berbeda dengan di luar negeri di mana  sang pengemudi harus melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri, sementara petugas hanya menunggu di kasir atau loket dan baru membantu saat muncul masalah atau kondisi darurat.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Cara Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova"